4 bahan utama skincare anti aging

Beauty By Rey - Apa sih yang paling menakutkan buat para wanita tentang kecantikannya?

Tiada lain dan tiada bukan adalah menua, dan mau nggak mau, hampir semua wanita butuh yang namanya, anti aging, dan skincare anti aging adalah kebutuhannya.

Meskipun sejujurnya, tidak ada satu skincare pun yang mampu menghentikan proses penuaan, karena semua itu alami, dan terjadi kepada semua wanita normal, meskipun berbeda-beda waktu penuaan nya, karena dipengaruhi faktor lingkungan maupun gen seseorang.

Namun, masih ada cara untuk bisa menyamarkan tanda-tanda penuaan tersebut, salah satunya adalah dengan menggunakan skincare anti aging, yang bertujuan untuk menyamarkan garis halus pada wajah, dengan membuat kulit menjadi lebih kenyal dan sehat.

Setidaknya ada 4 bahan utama, dari skincare anti aging yang ampuh menyamarkan tanda penuaan, yaitu:


1. Tabir surya


Tabir surya sangat penting kegunaannya, khususnya untuk skin care anti aging, karena dapat mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. 

Kerusakan kulit tersebut, dapat menyebabkan masalah serius pada kulit, seperti kanker maupun memecah kolagen, serta elastin, yang seharusnya berguna membuat kulit kenyal.

Bukan hanya itu, terpapar sinar matahari juga dapat menyebabkan munculnya bintik-bintik hitam pada wajah. 

Namun yang harus dipahami adalah, dengan menggunakan tabir surya, tidak akan serta merta menghilangkan keriput atau bintik-bintik hitam yang telah muncul, namun sangat bermanfaat untuk mencegah pembentukannya menjadi lebih terlihat dan semakin parah. 


2. Retinol 


Retinol adalah sebuah bahan yang terkandung dalam produk skincare,  dan memiliki bukti nyata sebagai anti aging. 

4 bahan utama skincare anti aging

Retinol dapat membuat kulit mempercepat proses pergantian sel normal, juga membantu mengatasi masalah seperti garis halus, kerutan, bintik-bintik hitam, dan jerawat pada wajah.

Retinol juga sangat membantu meningkatkan produksi kolagen. 

Sayangnya, salah satu kekurangan dari bahan produk skincare yang satu ini adalah cenderung membuat kulit iritasi, sehingga diwajibkan berhati-hati pada pemakaian pertama skincare yang mengandung retinol.

Karena biasanya dapat menyebabkan kulit kering, gatal, kemerahan, dan sensitif.


3. Vitamin C


Vitamin C juga dapat berfungsi sebagai antioksidan, yang menangkal dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Sayangnya, bahan dalam produk skincare yang satu ini, seringnya sulit untuk digunakan dengan tepat, karena menjadikan kulit lebih bereaksi sensitivitasnya terhadap cahaya.


4. Niacinamide


Niacinamide, merupakan bahan skincare  yang semakin populer, dan juga merupakan salah satu bentuk vitamin B3 yang telah terbukti mampu melawan kerusakan akibat radikal bebas, mencerahkan flek hitam, dan mengatasi jerawat.  

Dan mereka yang memiliki kulit sensitif akan senang mengetahui bahwa beberapa penelitian menunjukkan produk ini dapat mencerahkan kulit dengan efek samping atau iritasi yang lebih sedikit, daripada perawatan lainnya, seperti hydroquinone.


Demikianlah empat bahan skincare, yang ampuh untuk produk skincare anti aging.
Keempatnya memiliki khasiat yang sangat penting dalam membuat kulit wajah menjadi lebih sehat dan kenyal.

Sehingga, garis-garis halus yang menandakan penuaan, akan tersamarkan.
Namun, lebih bijak dalam menggunakan bahan-bahan tersebut adalah penting agar kulit tetap sehat.

Karena skincare anti aging adalah sebuah produk yang membantu kita, jangan sampai malah merusak kulit.


Sidoarjo, 25 Maret 2021

Sumber : 
  • https://www.healthline.com/
  • Pengalaman pribadi
Gambar : canva edit by Rey

With Love