Manfaat Minyak Zaitun (Olive Oil) Untuk Kulit Wajah Dan Tubuh

Beauty By Rey - Manfaat minyak zaitun atau olive oil bagi kulit wajah dan tubuh itu banyak, karenanya sekarang saya lebih suka sama produk-produk yang mengandung minyak zaitun.

Seperti postingan saya sebelumnya, di mana saya membeli dan mencoba sebuah hand and body lotion dari Purbasari, hanya karena saya kecantol ama embel-embel minyak zaitun dong :D

Bukan hanya embel-embel minyak zaitu sebenarnya, saya juga lebih suka pakai produk minyak zaitun ketimbang body lotion atau body cream.
Karena selain murmer atau terjangkau, pun juga lebih meresap aja gitu rasanya di kulit kering saya.

Secara ya, mamak-mamak berusia 30 tahun menjelang 40 tahun itu, masalah kulit kering mah udah jadi masalah banget buat kulitnya.

That's why, saya lebih memilih minyak zaitun, karena namanya juga minyak, bisa bikin kulit lebih lembab dan halus kan ye, ketimbang pakai air, hahaha.

Semua harapan saya tentang minyak zaitu sebenarnya nggak berlebihan, karena sejak zaman dahulu kala, di masa Romawi Kuno, telah banyak orang yang memanfaatkan minyak zaitun sebagai salah satu bahan perawatan kecantikan.

Minyak zaitun adalah lemak atau minyak yang diperoleh dari hasil penggilingan buah zaitun. Dan minyak ini berasal dari tanaman tradisional di wilayah Mediterania.

Manfaat Minyak Zaitun (Olive Oil) Untuk Kulit Wajah Dan Tubuh

Minyak Zaitun mengandung lemak, vitamin E, antioksidan, dan vitamin K. Juga mengandung  zat besi, kalsium, dan kalium (meski kadarnya sangat sedikit).

Karena kandungannya yang luar biasa tersebut, minyak zaitun banyak digunakan dalam berbagai keperluan, seperti obat-obatan, bahan masakan, sabun, bahan bakar untuk lampu tradisional, serta kosmetik. 


Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kulit Wajah


Untuk kulit wajah, ada beberapa manfaat dari minyak zaitun, di antaranya :


1. Sebagai Pembersih Make Up


Pernah, saya kehabisan micellar water maupun cleansing atau make up remover, dan wajah saya penuh make up yang lumayan tebal.
Karena bete dan takut jerawatan, saya pakai minyak zaitu aja buat bersihinnya, waktu itu pakai minyak Zaitun Azalea sih, dan ajaib, hampir semua make up terangkat, meski ya nggak sebersih pakai micellar water sih.


Dan ternyata, setelah saya perhatikan, beberapa cleansing oil memang menggunakan minyak zaitun sih sebagai salah satu kandungannya.


2. Sebagai Masker


Manfaat minyak zaitun untuk wajah lainnya adalah dapat digunakan sebagai masker. 
Caranya, cukup oleskan minyak zaitun extra virgin (murni) ke wajah. 
Atau bisa juga mencampurnya dengan bahan-bahan lainnya, seperti cuka sari apel atau bahkan madu.

Manfaat minyak zaitun ini baik untuk kulit wajah, karena dapat menjaga kelembapan kulit.
Serta kandungan nutrisi dan antioksidan di dalam minyak zaitun, dapat berguna memelihara kesehatan kulit dan serta membantu mengurangi keriput. 
So, cucok banget kan buat wanita usia 30 banyak plusnya kayak saya.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa, minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak yang paling baik untuk menjaga kelembapan kulit, dan mudah meresap ke dalam lapisan-lapisan kulit.


Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kulit Tubuh


1. Aman Digunakan sebagai penangkal sinar UV


Menurut penelitian. salah satu manfaat minyak zaitun adalah dapat menangkal dampak sinar matahari pada tubuh. Minyak zaitun bahkan dapat membantu melindungi tubuh dari serangan kanker, salah satunya kanker kulit, dan menangkal dampak sinar matahari pada kulit. 

Manfaat Minyak Zaitun (Olive Oil) Untuk Kulit Wajah Dan Tubuh

Hal ini diduga terkait dengan antioksidan dan antiradang yang terkandung di dalam minyak zaitun. 
Minyak zaitun mirip dengan minyak alami yang diproduksi oleh kulit, sehingga mudah diserap dengan baik ke dalam kulit. 
Dan, minyak zaitun biasanya tidak menyebabkan alergi, namun tidak disarankan untuk dioleskan ke kulit yang berjerawat. (beware ya womans!)


2. Memelihara kekencangan kulit


Zat antioksidan dan antiradang yang ada dalam minyak zaitun, juga diduga dapat membuat kulit menjadi halus dan lebih cerah. 

Caranya, bukan hanya diolesi ke kulit, namun dengan mengonsumsi minyak zaitun juga dapat memberi manfaat antioksidan, yaitu untuk melawan radikal bebas serta mengatasi peradangan yang menyebabkan munculnya kerutan dan mengurangi kekencangan kulit.


3. Mengobati penyakit kulit


Manfaat minyak zaitun kulit tubuh juga dipercaya bisa diterapkan untuk mengobati eksim (seperti kulit merah dan gatal), psoriasis (kulit merah dan terkelupas), serta infeksi jamur (kurap atau ringworm, jamur di lipatan tubuh, dan panu). 

Meskipun, hingga saat ini masih butuh penelitian dan bukti lebih lanjut, untuk mendukung berbagai pernyataan tersebut.

Manfaat Minyak Zaitun (Olive Oil) Untuk Kulit Wajah Dan Tubuh

Demikianlah, begitu banyak manfaat yang terkandung dalam minyak zaitun untuk kulit wajah maupun kulit tubuh.
Karenanya, adalah hal yang tepat bagi saya yang begitu tergila-gila akan kandungan minyak zaitun pada beberapa skin care maupun body care.

Kalau temans, ada yang suka make minyak zaitun atau olive oil buat kulit wajah maupun kulit tubuh, nggak?
Share yuk, khasiatnya.  


Sumber : 
  • https://www.alodokter.com/manfaat-minyak-zaitun-untuk-wajah-dan-kulit-tubuh diakses Agustus 2020
  • Pengalaman pribadi
Gambar : Canva edit by Rey

With Love