5 Manfaat Green Tea untuk Kecantikan Kulit

Beauty By Rey - Manfaat Green Tea atau teh hijau untuk kecantikan kulit itu beragam, dan bukan hanya rasa serta wanginya yang menggoda buat saya, tapi juga khasiatnya.

Setelah beberapa waktu lalu, saya mereview sebuah produk yang mengandung mostly green tea dari Boseong, Korea Selatan.

Saya jadi tertarik untuk membahas tentang, apa saja sih sebenarnya, manfaat dari green tea atau teh hijau untuk kecantikan kulit?

Jika melihat dari manfaat yang saya dapatkan dari produk Benton Deep Green Tea Lotion, di mana wajah saya jadi jarang berjerawat, kalaupun jerawat pasti nggak sampai infeksi, langsung mengering.
Serta kulit saya jadi terasa semakin lembab.

Memang sih saya pikir itu bukan semata karena produk Benton Lotion tersebut, karena saya juga memakai produk lainnya, tapi jadi penasaran juga kan, apa sih manfaat green tea atau teh hijau buat kulit.

Kalau ngomongin green tea sejujurnya saya jadi ingat minuman green tea milk kesukaan saya, hahaha.
Tapi yang paling dikenal banyak orang adalah, bahwa green tea ini sangat populer di China.
Akan tetapi, di sana green tea lebih populer untuk kesehatan.

Hal ini disebabkan karena, green tea mengandung ragam antioksidan, asam amino, vitamin B, asam folat, magnesium dan potasium, yang pastinya mengandung manfaat yang baik untuk kecantikan kulit. 

Dan beberapa manfaat green tea untuk kecantikan kulit adalah:


1. Melindungi dari kanker kulit


Green tea atau teh hijau mengandung polifenol dan enam jenis katekin, dengan kandungan paling besar adalah  epigallocatechin gallate (EGCG) serta epicatechin gallate (ECG).
Di mana senyawa tersebut memiliki sifat antioksidan yang tinggi.

Sementara, antioksidan adalah sebuah molekul yang memiliki kemampuan melawan radikal bebas di dalam tubuh manusia. 
Radikal bebas sendiri merupakan senyawa yang dapat membahayakan tubuh, kesehatan, dan kulit kita, jika kadarnya terlalu tinggi. 

Senyawa tersebut dapat menyebabkan kerusakan sel, dan berkaitan dengan banyak penyakit, termasuk kanker kulit.

Manfaat teh hijau

Dalam sebuah studi di tahun 2010 lalu, dijelaskan bahwa kekuatan antioksidan EGCG dapat membantu memperbaiki kerusakan DNA, yang disebabkan oleh sinar ultraviolet (UV) dari matahari. 

Dan tentunya, dapat membantu melindungi kita dari kanker kulit nonmelanoma.


2. Dapat melawan penuaan dini


Pada sebuah studi di tahun 2003, menunjukkan bahwa antioksidan EGCG, yang banyak terkandung di dalam green tea atau teh hijau, memiliki kemampuan untuk meremajakan sel-sel kulit yang sedang sekarat. 

Dengan cara melindungi dan memperbaiki sel yang ada.
Antioksidan tersebut melawan tanda-tanda penuaan, dan membuat kulit kusam terlihat lebih sehat kembali.

Vitamin dalam teh hijau, terutama vitamin B-2, dapat membuat kulit tampak lebih awet muda. 
Karena vitamin B-2 memiliki kemampuan untuk menjaga kadar kolagen kulit, yang dapat meningkatkan kekencangan kulit kita.

Karenanya, green tea sangat berpengaruh dalam melawan tanda-tanda penuaan dini di kulit.


3. Mengurangi kemerahan dan iritasi


Green tea atau teh hijau juga memiliki sifat anti-inflamasi, karena adanya kandungan polifenol yang tinggi pada teh hijau.

Sifat anti-inflamasi dari teh hijau tersebut, dapat membantu mengurangi iritasi kulit, kemerahan pada kulit, serta pembengkakan yang terjadi pada kulit. Karenanya, mengoleskan teh hijau ke kulit juga dapat meredakan luka ringan, serta sengatan sinar matahari.

Sifat anti-peradangan dari teh hijau ini diperkuat oleh sebuah  studi yang terpercaya, yang menemukan bahwa teh hijau topikal dapat digunakan sebagai obat yang efektif, untuk berbagai macam kondisi dermatologis. 

Juga dapat meredakan iritasi dan gatal yang disebabkan oleh psoriasis, dermatitis, dan rosacea, serta dapat membantu mengobati keloid pada kulit.


4. Mengobati jerawat


Teh hijau mempunyai sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antimikroba, yang dapat menjadi pengobatan efektif untuk jerawat serta kulit berminyak.

Menurut penelitian, polifenol dalam teh hijau, dapat membantu mengurangi sekresi sebum, yang dapat menyebabkan jerawat, jika teh hijau dioleskan ke kulit.

Polifenol dalam teh hijau juga memiliki kemampuan untuk melawan infeksi, dengan cara merusak membran bakteri yang ada. 
Itum berarti teh hijau bisa menjadi alat yang bermanfaat untuk mengendalikan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.


5. Melembabkan kulit


Green tea atau teh hijau juga mengandung beberapa vitamin, di antaranya vitamin E yang dikenal dengan kemampuannya menutrisi dan melembabkan kulit.

Manfaat Green Tea

Dalam sebuah studi dari sumber yang terpercaya, di mana peserta menerapkan formulasi eksperimental ekstrak teh hijau ke lengan bawah mereka selama 15 dan 30 hari. 
Dan di akhir penelitian, para peneliti menemukan bahwa para partisipan mengalami peningkatan kelembapan kulit dan pengurangan kekasaran kulit.


Keren banget ya, manfaat yang terkandung dalam green tea atau teh hijau buat kulit kita.
Nggak heran begitu banyak industri kecantikan memakai bahan ini sebagai bahan utama di beberapa skin care yang mereka ciptakan untuk kecantikan kulit.

Bahkan mengandung sepersekian green tea saja, sudah bisa dirasakan oleh kulit, khasiatnya.
Apalagi kalau kita menggunakan green tea asli sebagai masker ya.

Ada yang pernah cobain?
Atau pakai produk yang mengandung green tea?
Kerasa nggak manfaat dari green tea untuk kecantikan kulit?
Share yuk.


Sumber : 
  • https://www.healthline.com/
  • Pengalaman pribadi
Gambar : canva edit by Rey

With Love