Cara merawat tubuh bagi IRT

Beauty By Rey - Merawat tubuh adalah suatu hal penting buat saya, dan merupakan salah satu me time saya.

Secara, kalau kulit wajah dan tubuh terasa kering dan kusam maupun kasar, akan menambah bad mood buat saya.

Meskipun sejujurnya kegiatan merawat tubuh sejak menjadi seorang ibu dengan dua orang anak, adalah sebuah tantangan yang amat sangat harus ditaklukan.

Dengan minimnya waktu, yang kadang bahkan untuk mengerjakan pekerjaan yang harus diselesaikan segera, saya harus kejar-kejaran dengan hal lainnya.

Apalagi ketambahan dengan merawat tubuh.

Tapi, karena saya sudah komitmen kepada diri sendiri, di mana Saya ingin mempunyai kulit dan tubuh yang sehat, karenanya yang namanya merawat tubuh it's a must!.

Adapun beberapa cara yang biasa saya lakukan kan agar saya bisa terus merawat tubuh setiap harinya, untuk mendapatkan tubuh dan kulit yang sehat, adalah:


1. Niat yang kuat


Niat adalah hal utama yang paling penting yang saya dahulukan, sehingga saya bisa memaksa diri untuk selalu wajib merawat tubuh setiap harinya.

Niat memang adalah sebuah kunci dari konsistennya kita melakukan apapun, termasuk merawat tubuh.

Karena, kadang bahkan untuk wanita yang yang masih punya sedikit waktu luang, masih ada juga yang malas merawat tubuh hanya karena sedang mager atau malas gerak.

Karenanya, dengan niat yang kuat, disertai goal yang jelas, dimana bagi saya merawat tubuh adalah untuk mendapatkan tubuh dan kulit yang sehat selalu.


2. Wajib mandi 2 kali sehari


Hampir semua ibu, khususnya ibu rumah tangga tanpa asisten ataupun seseorang yang membantunya melakukan tugas rumah dan mengasuh anak, pasti setuju bahwa bahkan seorang ibu tidak punya waktu mandi dengan nyaman.

Terutama bagi ibu-ibu yang masih mempunyai bayi atau balita, di mana saat mandi pun, pintu kamar mandi selalu digedor-gedor oleh anak-anak.

Karena hal ini, banyak ibu yang memutuskan untuk malas mandi.
Maksud hati sih ingin menundanya sebentar menunggu anak anteng, nyatanya ditunggu sampai berjam-jam, sampai lewat waktu mandi, bahkan menjelang waktu mandi sore pun anak masih tetap sulit ditinggal.

Alhasil jarang mandi membuat kulit jadi penuh debu dan keringat, sehingga berubah menjadi daki yang menempel pada kulit, dan menutup pori-pori kulit tubuh.

Kulit yang kotor oleh tumpukan daki yang menutup pori-pori nya, akan menjadi kasar bahkan timbul jerawat maupun penyakit kulit.

Nggak mau kan udah kulit kasar, jerawatan, bahkan terkena penyakit kulit lainnya seperti panu, kadas dan lainnya.
Hiii... Ngeri deh.
Mandinya juga lebih semangat kalau pakai Scarlett Shower Scrub.


3. Wajib keramas 2 hari sekali


Selain mandi keramas pun menjadi salah satu hal yang wajib untuk saya.
Setidaknya minimal 2 hari sekali saya menyempatkan untuk selalu keramas.

Merawat tubuh dengan baik

Ini sangat penting, mengingat rambut saya memang sedikit panjang dan mudah sekali bermasalah.

Terlebih meski di rumah saja, yang namanya keringat itu selalu ada, bukan hanya di tubuh tapi juga di bagian kepala dan rambut.

Karenanya jika saya tidak keramas minimal 2 hari sekali, kepala udah terasa sangat gatal dan rambut jadi terasa lepek dan berminyak.

So, yang namanya keramas adalah salah satu tips atau cara saya menjaga atau merawat tubuh.


4. Wajib membersihkan wajah saat bangun dan sebelum tidur


Bukan hanya pada saat mandi saja saya membersihkan wajah, pada saat bangun tidur pun saya juga membersihkan wajah, khususnya sebelum masuk ke dapur dan dan melakukan kegiatan di dapur.

Karenanya sisa-sisa serum dan pelembab wajah yang saya pakai di malam hari, bisa segera dibersihkan dari wajah dan tidak akan menyumbat pori-pori ketika bercampur dengan keringat saat memasak di dapur.

Demikian juga sebelum tidur, semangat untuk apapun saya, yang namanya membersihkan wajah itu sangat wajib saya lakukan.

Terlebih, jika saya ya memakai make up, maka membersihkan wajah itu menjadi amat sangat penting, agar kulit wajah selalu terawat dan sehat.


5. Memakai pelembab


Hal penting lainnya bagi saya dalam merawat kulit adalah dengan selalu memakai pelembab setiap kali setelah mandi.

Dan bukan hanya pelembab wajah, pelembab tubuh juga wajib saya gunakan.

Dan Scarlett body lotion merupakan salah satu andalan saya untuk melembabkan kulit tubuh.

Meski terlihat sepele, menggunakan lotion atau pelembab buat saya adalah satu keharusan, karena seperti yang saya katakan jika kulit saya terasa kasar dan tidak sehat maka mood saya juga ikutan memburuk.

Padahal, kulit yang kering rawan terjadi pada ibu rumah tangga.
Seringnya anggota tubuh, terutama tangan dan kaki yang terkena air, ketika kerja di dapur, atau mengasuh anak, maka yang namanya pelembab amat sangat membantu mengembalikan kelembaban kulit.


7. Istrahat yang cukup


Istirahat yang cukup adalah salah satu PR terbesar saya, karena untuk mencukupi waktu istirahat Saya ku masalah saya harus memilih antara pekerjaan atau istirahat.

Sementara, yang namanya pekerjaan juga amat sangat penting buat saya karena karena saya butuh pemasukan untuk biaya hidup.

Meskipun demikian, karena saya sudah merasakan dengan jelas Bagaimana buruknya akibat dari kurang istirahat maka Sejak saat itu itu ya itu setelah saya sakit tak berdaya, istirahat menjadi amatlah sangat penting.

Meskipun, mungkin saya tidak seperti orang lain yang bisa istirahat dengan tidur selama 8 jam setiap harinya.

Terkadang saya harus tidur semacam dicicil, di mana malam hanya tidur 5 jam kemudian yang 3 jam atau tambahan 2 jam saya lakukan di siang hari.

Selain itu, istirahat bukan hanya terletak pada waktu tidur saya, tapi juga dengan mengenal batas maksimal kemampuan tubuh dalam bekerja.

Jika sebelumnya, saya saya akan bekerja sampai selesai baru berhenti, maka sekarang saya mengubah cara kerja saya dengan berhenti bekerja Ketika saya merasa sangat lelah dan tidak fokus.

Take a break sementara, ketika lelah melanda itu amat sangat berarti buat saya, me-refresh dan mendinginkan otak serta mengembalikan tenaga dan pikiran agar fresh kembali saat memulai pekerjaan.

Demikianlah 6 cara saya merawat tubuh, terutama ketika sekarang saya menjadi seorang ibu rumah tangga yang hanya punya waktu sedikit untuk diri sendiri.

Waktu yang sedikit, bukan berarti tidak ada.
Karenanya semuanya bergantung pada bagaimana saya memaksakan diri untuk memanfaatkan waktu yang sedikit itu untuk merawat tubuh, agar saya dapat menikmati hidup yang sehat serta tubuh yang sehat pula.

Demikianlah, kalau beauty moms lainnya gimana, sharing yuk.


Sumber: Pengalaman pribadi
Gambar: Canva edit by Rey

With Love