ampoule adalah

Beauty By Rey - Hola Beauties.
Gimana? udah pada bingung nggak bedain ampoule, serum dan essence?
Kalau saya sih sejujurnya bingung, makanya saya cari tahu dan mau bagikan ke Beauties sekalian.

Jadi ternyata, Ampoule adalah berbeda dengan serum, apalagi essence.
Dan memang baik pemakaian, kegunaan dan teksturnya pun beda satu sama lainnya.

Semakin hari, seiring bertambahnya usia, dan seiring juga bertambahnya inovasi, di mana dunia skin care pun ikut berinovasi, membuat saya yang sejujurnya masih awam dunia kecantikan, jadi bingung.

Lucky me, sejak memutuskan jadi blogger, mau nggak mau saya harus mencari tahu, hal-hal yang terpikirkan di otak saya.
Salah satunya adalah tentang ampoule, yang rata-rata kemasannya mirip kemasan serum.


Ampoule Adalah


Ternyata, ampoule adalah skincare dengan konsentrat tinggi, yang merupakan produk skincare untuk mengatasi masalah kulit tertentu.

perbedaan ampoule, serum dan essence
Tekstur serum Some By Mi 

Kalau dalam bahasa awamnya, Ampoule dalam skincare itu kayak booster untuk mengatasi masalah kulit secara detail.

Saya nggak tahu pasti ya, tapi pertama kali tahu ampoule ini gara-gara beli skincare Avoskin yang mengandung Retinol yang sekarang saya pakai setiap malam dan bikin kulit saya berminyak, hahaha.

Setelah baca tentang teori ampoule, saya jadi bisa mengira-ngira apa yang membuat kulit saya jadi over dan berminyak, padahal sebelumnya kulit saya tuh normal bahkan cenderung kering.

Sepertinya karena saya terlalu sering menggunakannya, padahal sebaiknya ampoule tuh digunakan tidak setiap hari, terutama jika masalah kulit kita tidak detail.

Ampoule adalah merupakan produk skincare yang mirip dengan serum, namun dengan tingkat konsentrat lebih tinggi dan pastinya ampoule berfungsi sebagai booster kulit.

Walaupun hampir sama dengan serum wajah, tenyata ampoule sebaiknya hanya digunakan dalam kurun waktu yang singkat, loh.

Sebaiknya ampoule digunakan hanya 2-3 kali dalam seminggu, atau lebih tepat lagi digunakan ketika ada masalah kulit yang harus segera diatasi.

Adapun kelebihan ampoule adalah dibanding dengan serum maupun essence, yaitu:

Ampoule mengandung bahan aktif dengan kadar lebih tinggi

Salah satu manfaat ampoule adalah sebagai kandungan bahan aktif atau skincare dengan konsentrat yang lebih tinggi dan lebih kuat kandungannya.

Sebenarnya, bahan aktif yang ada di dalam ampoule tuh, hampir sama dengan serum wajah, namun ampoule biasanya memiliki 1-2 bahan aktif yang lebih spesifik.

Seperti kandungan peptida, ekstrak tumbuhan, retinol, vitamin C, asam hialuronat, ceramide, hingga asam esensial.

Yang membedakannya adalah kadar bahan aktif yang ada tersebut, lebih tinggi dan lebih kuat, hingga lebih ampuh membantu atasi masalah kulit tertentu.

Ampoule lebih mudah menyerap ke dalam kulit

Adapun manfaat dari ampoule lainnya adalah, ampoule lebih mudah menyerap ke dalam kulit.
Meski biasanya ampoule punya tekstur yang lebih tebal atau tipis, yang tergantung dari formula tiap brand kecantikan.

Ampoule dapat mengatasi masalah kulit yang lebih detail dan mendesak

Masih ada lagi manfaat dari ampoule adalah, bantu atasi masalah kulit yang mendesak, biar kondisi wajah jadi lebih baik.

kelebihan ampoule dibanding serum dan essence
Tekstur ampoule

Kondisi kulit wajah khusus yang mendesak itu maksudnya adalah kulit yang berjerawat, kulit kusam, kulit yang kering, noda merah di wajah, hingga tanda-tanda penuaan kulit atau munculnya garis halus di wajah.

Untuk manfaat ampoule yang ini terjadi karena  kandungan konsentrasi bahan aktif yang kuat dimiliki ampoule, hingga dapat membantu perbaiki masalah kulit secara ampuh dan dalam waktu yang lebih cepat.


Beberapa manfaat dari kandungan ampoule adalah:
  • Ampoule yang mengandung vitamin C berfungsi untuk cerahkan kulit lebih cepat.
  • Ampoule yang mengandung retinol berfungsi memperlambat kemunculan garis halus di wajah serta bantu tingkatkan regenerasi kulit.
  • Ampoule yang mengandung Vitamin C dan kaya akan antioksidan, berfungsi untuk memperbaiki tampilan kulit kusam dengan cara memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.
  • Ampoule yang mengandung asam hialuronat dan ceramide, berfungsi untuk bantu melembapkan dan mengencangkan kulit dengan cara meningkatkan produksi kolagen.


Ampoule Adalah Berbeda dengan Serum Maupun Essence


Lalu, apa sih perbedaan yang paling mencolok dari ampoule, serum maupun essence?
Tiada lain bisa dilihat dari tekstur maupun fungsinya yang berbeda kadarnya satu sama lainnya.

manfaat ampoule dan serum wajah
Tekstur serum di kulit wajah

Essence adalah salah satu bagian skincare yang biasa digunakan setelah cuci muka dan pemakaian toner, ampoule dan serum. Teksturnya biasanya lebih ringan dan cair.
Essence biasanya mengandung 1 atau 2 bahan aktif, namun dalam kadar yang lebih rendah, dan fungsi utamanya biasanya untuk melembabkan kulit saja, serta kurang mampu bantu menutrisi kulit wajah.

Sedangkan serum wajah biasanya digunakan setelah cuci muka dan pemakaian toner lalu ampoule.
Tekstur serum biasanya lebih kental dibanding essence, dan mengandung bahan-bahan aktif yang bukan hanya melembabkan kulit, tapi juga bantu menutrisi kulit wajah.

Adapun ampoule adalah digunakan pertama kali sesudah cuci muka dan toner, teksturnya pun jauh lebih kental dibanding essence maupun serum
Dan fungsinya pun jauh lebih detail dibanding keduanya, yaitu bukan hanya menutrisi kulit, tapi bisa mengatasi masalah kulit spesifik secara lebih cepat.

Lalu, bagaimana sih urutan pemakaian semua skincare tersebut?
Kalau saya biasanya, dimulai dari cuci muka dengan double cleansing pakai micellar water, lalu pakai facial wash, lalu kemudian aplikasikan toner, diteruskan dengan ampoule, lalu serum, essence dan terakhir cream wajah dan ditambah sunscreen di siang hari.

Apakah semua step skincare tersebut wajib?
Nggak juga sih ya, sesuaikan aja dengan kebutuhan kulit, dan kalau saya biasanya memang pakai try and error (untung kulit saya tahan banting banget, hahaha), sampai menemukan jenis skincare mana saja yang saya butuhkan dan kapan pemakaiannya yang tepat.

Demikianlah pengetahuan tentang ampoule adalah berbeda dengan serum maupun essence dan manfaat serta kelebihannya.

Kalau beauties, pakai skincare apa aja nih?


Sumber:
  • Pengalaman pribadi
  • https://www.loreal-paris.co.id/
  • https://www.sehatq.com/
Gambar: dokumen pribadi dan canva edit by Rey 

With Love,