Cara merawat kulit kepala dan rambut

Beauty By Rey - Punya kulit kepala dan rambut yang sehat tuh dambaan semua orang, bahkan untuk wanita yang berhijab kayak saya.

Ye kan, justru karena tertutup, kebersihan dan kesehatan kulit kepala dan rambut itu tetap penting, biar nggak gatal dan bau tak sedap, untungnya sih sekarang udah lebih mengenal cara merawat kulit kepala dan rambut dengan metode deep cleansing.

Ada yang tahu apa itu deep cleansing?
Bukan hanya untuk wajah ya, ternyata kulit kepala juga butuh loh diberikan perawatan dengan deep cleansing, biar bisa lebih sehat dan segar selalu. 

Deep cleansing adalah sebuah teknik membersihkan dan merawat kulit kepala, dengan proses membersihkan kulit kepala dengan mendalam, dan adapun tujuannya adalah untuk mengangkat sel kulit mati, membuka pori-pori, serta membersihkan kotoran yang ada di folikel rambut.

Dalam proses deep cleansing ini, sebaiknya dilakukan secara berurutan, agar hasilnya lebih maksimal.
Dan karenanya, beauties harus tahu dulu, step by step prosesnya, agar nggak salah langkah.

Adapun cara melakukan deep cleansing pada kulit kepala adalah, sebagai berikut:


1. Membersihkan rambut sebelum keramas dengan sisir


Agar pembersihkan rambut dan kulit kepala lebih maksimal, sebaiknya sebelum keramas terlebih dahulu kita sisir rambut dengan perlahan.

Hal ini bertujuan agar rambut yang kusut menjadi lebih lurus dan rapi, serta kotoran yang ada di kepala dan rambut menjadi lebih mudah jatuh atau lepas.

 

2. Membilas rambut dengan air dingin


Setelah merapikan rambut, langkah berikutnya adalah membilas atau membasahi rambut dengan air dingin, agar semua kotoran di kepala jatuh bersama aliran air.

Lakukan hal ini sembari memijat kulit kepala dengan perlahan, tujuannya selain lebih membersihkan kulit kepala dari kotoran yang masih menempel, pun juga bisa memperlancar aliran darah di kepala, dan sebagai relaksasi.


3. Pakai minyak untuk perawatan kulit kepala dan rambut


Agar hasil lebih maksimal, jangan lupa memakai minyak untuk perawatan kulit kepala dan rambut, kalau mama saya dulu seringnya mengoleskan santan atau minyak kelapa murni di kulit kepala kami.

Namun, bisa juga dilakukan dengan mengoleskan minyak argan atau minyak jojoba, yang juga sangat baik untuk kesehatan kulit kepala serta akar rambut.

Oleskan secara merata sambil dipijat dengan lembut, dan usahakan jangan menggunakan kuku agar kulit kepala tidak terluka.
Setelah semuanya teroleskan, maka selanjutnya bilas rambut hingga bersih. 


4. Steam rambut 


Agar minyak yang dipakai sebelumnya bisa meresap dengan sempurna ke dalam kulit kepala dan akar rambut, maka setelahnya usahakan untuk melakukan steam rambut.

Kalau di salon kecantikan sih ada alatnya khusus ya, nah kalau di rumah nggak ada alat khusus, bisa dengan menggunakan handuk lembut yang sebelumnya sudah direndam dengan air hangat.
Handuk tersebut dibalutkan ke rambut yang telah dibilas, lalu diamkan selama 15 hingga 30 menit.

Adapun manfaat dari steam rambut adalah, agar pori-pori di kulit kepala bisa terbuka, dan residu atau kotoran yang menyumbat folikel rambut bisa terkelupas secara alami dan kulit kepala menjadi lebih bersih.


5. Cuci rambut dengan shampoo yang tepat 


Setelah proses steam rambut selesai, maka langkah berikutnya adalah membersihkan sisa kotoran dan minyak yang masih menempel di kulit kepala dan rambut kita, dengan menggunakan shampoo.

Untuk hasil yang maksimal, gunakan shampoo yang tepat dan khusus untuk deep cleansing kulit kepala dan rambut. 

Seperti shampoo TRESemmé Deep Cleanse & Protect Shampoo, di mana shampoo ini sangat efektif dan sangat cocok untuk hair detox.

Deep cleansing kulit kepala dengan TRESemme'

Dengan kandungan Ginger dan Green Tea di dalamnya, sangat efektif membersihkan rambut serta kulit kepala dengan maksimal dan menyeluruh.


6. Gunakan serum dan vitamin rambut 


Setelah mencuci rambut dengan shampoo yang tepat, lalu membilasnya hingga bersih, maka langkah selanjutnya adalah menggunakan serum dan vitamin rambut, agar kulit kepala jadi makin sehat dan rambut jadi lebih berkilau.

Penggunaan serum maupun vitamin rambut sangat cocok saat kulit kepala dan rambut telah bersih sempurna, karena bisa menyerap dengan baik.


Demikianlah step by step cara merawat kulit kepala dan rambut dengan deep cleansing.
Lakukan perawatan deep cleansing ini sebanyak 1 atau 2 kali sebulan, untuk mendapatkan kulit kepala dan rambut sehat, dan pastinya bebas dari ketombe, rambut rontok maupun kusam hingga rusak bercabang.

Nah beauties, ada yang udah pernah cobain perawatan deep cleansing pada kulit kepala dan rambut?
Share yuk.


Sumber: https://www.tresemme.com/id/kebutuhan-rambut/healthy-dandruff-and-hair-fall-free-scalp/mengenal-teknik-deep-scalp-cleansing-agar-kulit-kepala-selalu-se.html
Gambar: Canva dan https://www.tresemme.com/

With Love,