Desain Rumah Minimalis dengan Kolam Renang

Desain rumah minimalis saat ini sedang diminati oleh banyak orang. Hal ini lantaran gaya rumah minimalis sangat sederhana dan cukup nyaman ditinggali bagi banyak orang. Harga rumah minimalis saat ini pada dasarnya cukup bervariasi. Hal tersebut dipengaruhi oleh lokasi, ukuran dan juga target pasar. 

Bahkan, jika fasilitas rumah minimalis terbilang lengkap maka harganya pun akan melambung naik. Desain rumah minimalis tentu tidak hanya terpaku pada konsep rumah yang monoton dengan warna putih atau abu-abu saja. Banyak konsep rumah yang menawarkan desain minimalis namun tetap menyesuaikan dengan zaman, lengkap dengan fasilitas seperti kolam renang.

Desain rumah minimalis dengan kolam renang


Berikut ini ada beberapa contoh desain rumah minimalis dengan kolam renang. Yuk kita cek informasi selengkapnya.

Desain minimalis seperti di vila

Desain rumah minimalis seperti di vila
Source: IDN Times

Desain rumah minimalis dengan kolam renang pertama bisa mengacu pada referensi di atas. Konsep rumah di atas mengadaptasi vila di Bali. Pemanfaatan area di antara dinding bangunan rumah dengan dinding pembatas menjadi opsi yang cukup menarik. 

Dengan begini, kita pun bisa menggunakan sudut rumah menjadi lebih optimal. Kita hanya perlu menyesuaikan ukuran kolam dengan ruangan yang tersedia. Namun, juga harus memastikan area tersebut dilengkapi dengan ornamen pendukung seperti tanaman hias dan pelindung di area atas kolam.


Rumah minimalis dengan kolam kecil di dalam ruangan

Rumah minimalis dengan kolam kecil di dalam ruangan
Source: IDN Times

Hal kedua yang bisa menjadi referensi adalah rumah minimalis dengan kolam renang di bagian dalam ruangan. Kita bisa menjadikan gambar di atas sebagai referensi untuk diadaptasi ke dalam hunian kita. 

Untuk membuat kolam renang indoor seperti di atas umumnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan, mulai dari ukuran hingga area dekat kolam. Tujuannya agar isi rumah tidak basah dan becek setelah si kecil atau siapa saja selesai berenang. 


Rumah minimalis dengan kolam dekat dapur

Rumah minimalis dengan kolam dekat dapur
Source: IDN Times

Selanjutnya ada desain rumah minimalis dengan kolam di dekat dapur. Desain rumah seperti ini tentu akan membuat area dapur dan ruang makan terasa lebih sejuk. Pasalnya bagian atas kolam akan mengadaptasi desain terbuka sehingga bisa langsung melihat langit. 

Hal ini akan menyebabkan ventilasi udara semakin baik sehingga area dapur dan ruang makan akan lebih nyaman untuk ditempati. 


Tips mendesain rumah minimalis dengan kolam


Sebelum kita memutuskan untuk membuat kolam di rumah minimalis, pastikan kita telah melakukan beberapa hal berikut.
  • Pertama, buat denah atau desain sketsa dari rumah minimalis dengan kolam tersebut. Hal ini penting dilakukan agar kita bisa mengetahui bentuk atau display imajinasi kita terhadap rumah yang akan dibangun atau renovasi.
  • Kedua, pastikan kita menghitung budget untuk melakukan renovasi rumah dengan kolam. Biaya pengeluaran tersebut termasuk biaya material dan biaya tenaga kerja.
  • Ketiga, kita harus memastikan area yang akan kamu buat menjadi kolam cukup untuk mengakomodasi kolam tersebut. 
  • Keempat carilah referensi sebanyak mungkin untuk digunakan sebagai inspirasi membangun kolam renang di rumah minimalis. Pastikan kita menitik beratkan pada fungsi ya, sehingga kesan minimalis akan tetap ada dan kuat pada desain rumah.

Bagi yang memiliki rumah di Bekasi, Bandung, Surabaya dan kota lain tentunya kita bisa mencari rekomendasi material di area sekitar. Semoga informasi di atas bisa memberikan pencerahan bagi yang ingin membuat rumah minimalis dengan kolam renang ya.

Sumber gambar: Pinterest & IDN Times