Flek hitam di wajah dan cara mengatasinya

Flek hitam di wajah dan cara mengatasinya dengan cepat sepertinya menjadi hal yang paling sering dicari oleh wanita, khususnya di atas 30 tahun, terlebih memasuki usia 40 tahunan.

Flek hitam wajah memang seringnya mengganggu penampilan kita, terlebih flek tersebut tidak merata layaknya make up fake flek yang pernah booming di tahun sebelumnya.

Kalau diperhatikan, orang-orang yang rentan terkena flek hitam di wajah yang mengganggu adalah, orang yang berkulit cerah bersih.

Dulunya saya malah menganggap, kalau flek hitam di wajah tersebut, karena faktor kulit yang cerah bersih. Sementara jenis kulit kayak saya, yang lebih ke sawo matang, seringnya jarang terkena flek hitam. 

Kenyataannya, dugaan saya dulu nggak salah, tapi juga nggak sepenuhnya benar.
Karena sebenarnya semua kulit wajah berpotensi terkena flek hitam.

Hanya saja, untuk kulit wajah cerah bersih, biasanya lebih mudah terlihat menghitamnya, ketimbang yang memiliki kulit sawo kayak saya.

Flek hitam di wajah dapat menyebabkan bintik-bintik gelap, bercak, serta tanda-tanda lain di wajah, yang kesemuanya disebabkan oleh produksi melanin yang berlebihan di kulit. 

Adapun semuanya disebabkan oleh cara kerja tubuh secara alami, di mana saat kulit kita terluka, dengan cepat tubuh akan merespons secara alami, dengan mengirimkan melanin demi menyembuhkannya. 

Hal inilah yang seringnya malah menyebabkan produksi melanin berlebih, dan menyebabkan penggelapan kulit yang meninggalkan titik atau bercak hitam.


Penyebab Munculnya Flek Hitam di Wajah

Beauties mungkin masih bertanya-tanya, sebenarnya apa sih penyebab munculnya flek hitam di wajah? 
Ada beberapa penyebab yang seringnya menyebabkan munculnya flek hitam yang mengganggu di wajah, yaitu:

cara hilangkan flek hitam di wajah


Karena terkena paparan sinar matahari secara berlebihan

Seperti yang kita ketahui, bahwa flek hitam di wajah muncul disebabkan meningkatnya produksi melanin. Karena itulah, seperti yang dikatakan di National Institutes of Health - MedlinePlus, bahwa sinar UV ini sangat berpengaruh mempercepat produksi melanin, 
Terutama bagi yang mempunyai kulit cerah. 

Namun, hal ini muncul karena sering terpapar sinar UV selama bertahun-tahun ya, jarang terjadi sekali terpapar langsung muncul flek hitam.

Karena terjadi ketidakseimbangan hormon

Lagi-lagi dikaitkan dengan melanin, di mana melanin memang dipengaruhi oleh produksi hormon estrogen. Pas banget tuh, kalau hormon estrogen memang lebih banyak dimiliki oleh wanita dibandingkan para pria.

Hormon ini dapat berpengaruh dalam pembentukan enzim tirosinase, yang mengatur frekuensi dan jumlah melanin yang akan dikeluarkan atau muncul ke permukaan epidermis kulit. 

Hormon ini biasanya juga meningkat ketika siklus menstruasi datang, dan nggak heran ya kulit kita terlihat kusam bahkan muncul flek hitam ketika sedang menstruasi. 

Kehamilan

Ketika hamil, tubuh wanita mengalami peningkatan kadar estrogen maupun progesterone, yang mana hal ini bisa merangsang produksi melanin berlebih atau hingga muncullah flek hitam di wajah.

Mengonsumsi obat-obatan tertentu

Mengkonsumsi obat-obatan tertentu, membuat resiko meningkatnya pigmentasi kulit, yang dapat menyebabkan bintik atau flek hitam di wajah. 

Adapun yang paling umum menjadi penyebab munculnya flek hitam adalah, obat antiinflamasi nonsteroid, tetrasiklin, hingga obat-obatan psikotropika.

Kekurangan vitamin

Salah satu jenis vitamin yang bagus untuk kulit dan dapat menghambat munculnya flek hitam di wajah adalah, vitamin E.

VItamin ini sangat berperan penting dalam melindungi kulit, dari berbagai dampak buruk paparan sinar matahari, sehingga jika kekurangan vitamin E, sangat bisa berpotensi terjadinya resiko munculnya flek hitam pada kulit wajah.

Kurang tidur

Kurang tidur sangat berdampak buruk bagi tubuh manusia, termasuk pada kulit wajah, salah satunya munculnya flek hitam di wajah.

Hal ini diperkirakan karena kualitas tidur yang kurang baik, sehingga menjadikan aktifitas kelenjar minyak dan sel-sel yang memproduksi pigmen melanin, jadi lebih meningkat aktifitasnya. 
Karena kondisi inilah, sehingga memicu timbulnya flek hitam di wajah. 

Stres yang berlebihan.

Stres yang berlebihan juga menyebabkan kulit menjadi rusak, karena ketika stres, tubuh kita akan melepaskan melanocyte stimulating hormone yang sangat berpengaruh pada pigmenetasi kulit.

Dan hormon inilah yang akan melepaskan butir-butir melanin, dan memicu munculnya flek hitam di wajah.

Flek Hitam di Wajah dan Cara Mengatasinya

Se-unyu apapun wajah orang Eropa dengan adanya flek di wajah mereka, bahkan orang Indonesia kemudian mengadaptasi flek tersebut dalam bentuk fake pakai make up.
Tetap saja adanya flek hitam asli sangat mengganggu penampilan kita

cara menghilangkan flek hitam di muka

Meskipun, flek hitam di wajah bisa ditutupi dengan make up, tapi tetap saja jadi tidak praktis, karena harus selalu memakai make up tebal ke mana-mana.

Karenanya, banyak yang memilih untuk bisa menghilangkan flek di wajah, dengan berbagai cara.
Dan di antaranya adalah:

1. Dengan Perawatan Laser

Cara mengatasi flek hitam agar bisa hilang dengan cepat adalah dengan menggunakan perawatan laser. Perawatan ini merupakan prosedur non-invasif dan tentu saja minim rasa sakit, namun tetap memberikan hasil yang cepat. 

Tentunya hal ini tergantung dari warna dan ukuran flek hitam di wajah tersebut.
Juga dipengaruhi oleh jenis laser yang dipilih. 

Namun yang perlu diperhatikan adalah, setelah melakukan perawatan laser, kulit kita akan menjadi sangat sensitif dalam sementara waktu, sehingga jangan lupa memastikan persiapan untuk itu, termasuk dengan selalu menyiapkan tabir surya, untuk mencegah sinar matahari secara langsung selama beberapa hari lamanya.

2. Melakukan exfoliasi dengan bahan kimia

Perawatan ini populer di zamannya, dan dinilai sangat ampuh untuk mengatasi masalah flek hitam di wajah. 

Pengerjaannya pun lumayan mudah, cukup dengan mengaplikasikan bahan kimia di kulit wajah, khususnya yang ada flek hitamnya.

Setelah itu, kulit akan menjadi lepuhan dan terjadi pengelupasan pada kulit. Dan setelah beberapa hari, lapisan kulit baru pun akan terbentuk dan bebas flek. 

Meski terdengar menakutkan, tapi perawatan ini tidak menimbulkan rasa sakit yang parah kok, namun akan terasa seperti kesemutan ataupun panas. 

Dan tentang bahan kimia yang digunakan, selalu tergantung pada tingkat kegelapan dan kedalaman flek hitam di kulit.

3. Dengan menggunakan Buah Lemon

Buah lemon yang kecut konon dipercaya dapat mengatasi flek hitam yang muncul di wajah. 
hal ini didasarkan atas kandungan asam sitrat serta vitamin C, yang banyak terdapat pada lemon.
Sehingga bisa digunakan sebagai zat pemutih, untuk menghilangkan flek hitam di wajah. 

namun yang harus diperhatikan adalah cara ini harus dilakukan dengan hati-hati ya, kenali dulu tingkat  sensitivitas kulit wajah. 

Setelah itu, perawatan bisa dilakukan dengan mencampur air perasan lemon dengan yogurt, agar flek hitam hilang, sekaligus dapat mencerahkan wajah.

4. Mengonsumsi Vitamin E

Vitamin E sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit, sehingga beberapa ahli menyebutkan bahwa dengan rutin mengonsumsi vitamin E, maka akan mengurangi munculnya masalah perubahan warna pada kulit, termasuk flek hitam. 

Itulah mengapa, banyak produk skincare yang mengandung vitamin E di dalamnya. 
Karena vitamin E merupakan antioksidan yang dapat menghancurkan radikal bebas, penyebabutama penuaan dan perubahan warna pada kulit, juga bisa memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.


Penutup

Munculnya flek hitam di wajah memang seringnya mengganggu penampilan kita, khususnya di Asia yang memang menyanjung standar kecantikan kulit wajah harus cerah dan mulus.

Padahal, dengan wajah yang cerah, flek hitam akan semakin mudah muncul dan terlihat mengganggu penampilan.

Karenanya, pastikan menghindari penyebab terjadinya flek hitam di wajah ya beauties, dan jangan tunda perawatan kulit untuk menghilangkan flek di wajah, sebelum kedalaman flek jadi makin bertambah.


Sidoarjo, 14 Desember 2022