manfaat-toner

Manfaat toner buat kulit wajah itu banyak loh, dan saya juga baru menyadarinya akhir-akhir ini.

Lucu kan, di mana orang lain sudah memakai toner sejak usianya 20an tahun bahkan kurang, saya malah baru rajin pakai toner ketika usia di atas 30 tahunan, dan kulit sudah nggak se halus dulu.

Lucunya lagi, bahkan setelah memasuki usia 30 tahunan, saya masih belum ngeh juga dengan manfaat toner, alhasil dulu ketika sudah mulai beli skin care set yang biasanya dari Oriflame, tapi saya malah memilih skip tonernya.


Seringnya, toner tersebut expired tanpa terpakai, saya malah lebih fokus ke serum atau cream-nya, padahal ya sayang banget, itu harganya juga lumayan berat di dompet saya, hehehe.

Nantilah akhir-akhir ini, ketika saya aktif ngeblog, terlebih memilih tema beauty sebagai salah satu sub tema di blog saya.

Sampai akhirnya memutuskan untuk membangun blog beauty tersendiri, baru saya mulai lebih ngeh dengan manfaat toner. Karena akhirnya saya jadi sering berkunjung ke blog teman-teman yang memang concern ke beauty saja.

Bukan hanya saya sebenarnya, beberapa orang juga ada yang memilih skip toner pada tahapan skin care nya. Dan alasannya berbeda dengan saya yang merasa toner itu nggak terlalu penting, beberapa orang malah beralasan skip toner karena kebanyakan menganggap toner memiliki reputasi yang buruk.


Seperti, biasanya toner mengandung alkohol yang mungkin tidak cocok oleh kulit sensitif, atau juga alasan lain seperti toner bisa menyerap semua kelembapan kulit.
Padahal, seiring waktu ada banyak produk toner dengan bahan yang lebih lembut bermunculan.


Manfaat Toner untuk Kecantikan

Adapun manfaat dari produk skincare adalah bertujuan untuk menutrisi kulit dengan cara memberikan hidrasi maupun nutrisi. Selain itu, ada juga toner yang dapat mengobati masalah kulit tertentu seperti jerawat dan kerusakan akibat sinar matahari.

manfaat-toner

Dan secara detail, manfaat toner untuk kulit wajah adalah:

1. Dapat membersihkan kulit dengan lebih detail

Kita pasti sudah sering dengar tentang double cleansing yang makin populer akhir-akhir ini.
Dan tahu nggak sih, kalau toner juga bisa memberikan manfaat membersihkan kulit lebih lanjut?

Penggunaan toner dengan kapas, bisa menghilangkan sisa make up atau skin care yang terlewatkan oleh pembersih sebelumnya.
Terlebih, toner dapat menghilangkan minyak berlebih dan kotoran yang menumpuk di wajah kita.


2. Manfaat toner untuk mendapatkan kulit sehat yang seimbang

Bukan hanya memberikan pembersih lebih mendalam, toner juga dapat bekerja memulihkan kulit dengan nutrisi yang dapat dihilangkan oleh pembersih tradisional.

Dan hasilnya, kulit akan menjadi lebih lembut dan halus, terlebih toner dengan formulasi yang baik, dapat membantu mengatasi masalah membandel seperti kulit yang kemerahan.


3. Meningkatkan keseimbangan pH

Kulit secara alami bersifat asam, dengan tingkat pH sekitar 4.7 (berdasarkan sumber terpercaya).
Sementara beberapa sabun dan pembersih lainnya bersifat basa.

Dengan menggunakan produk dengan tingkat pH yang sangat berbeda pada kulit kita, maka dapat mengganggu fungsi biasanya, serta berpotensi menyebabkan kulit kekeringan, atau bahkan berminyak, maupun iritasi.

Walaupun sebenarnya pH kulit kita dapat pulih dalam hitungan jam, namun manfaat toner dapat membantu menyeimbangkan levelnya dengan cepat.

4. Mendukung penyerapan skin care

Dengan menggunakan toner, juga dapat membantu kulit menyerap produk lain yang kita gunakan dengan lebih baik.

Karena, di saat kulit kering, skin care hanya akan menempel di atasnya.
Namun berbeda  jika terhidrasi dengan toner, skin care tersebut dapat meresap sempurna ke dalam kulit dan bekerja lebih efektif.

Cara Menggunakan Toner dengan Benar

Penggunaan toner bisa dilakukan saat pagi dan malam, selama kulit kita cocok dengan toner yang kita gunakan. Namun, untuk yang kulitnya sensitif, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter kulit deh, daripada terjadi efek samping yang merugikan, ketimbang mendapatkan manfaat toner. 


Penggunaan toner di pagi hari dapat membantu menghilangkan keringat dan kotoran di wajah setelah semalaman memakai skin care yang luput dari produk pembersih wajah yang kita gunakan.

Untuk yang memiliki kulit berminyak atau berjerawat, penggunaan toner dua kali sehari, dapat membantu mengurangi munculnya jerawat.
Akan tetapi, jika kulit menjadi kering atau teriritasi, sebaiknya gunakan saja sekali sehari. 

Ada juga masalah, yang biarpun sudah mengurangi penggunaan toner, masalah di wajah tetap ada, jika terjadi hal demikian, mungkin bisa dengan memilih produk toner sesuai jenis kulit, demikian juga produk skin care lainnya.

Dan yang paling penting adalah, gunakan selalu toner setelah tahapan membersihkan wajah, dan sebelum menggunakan skin care rutin kita.
Agar manfaat toner yang membantu penyerapan skin care ke kulit jadi lebih sempurna, dapat kita rasakan.

Lalu, bagaimana sih cara menggunakan toner di wajah?
Ternyata ada dua cara untuk mengaplikasikan toner, yaitu dengan kapas atau dengan tangan langsung.

Jika dengan kapas, caranya adalah tuangkan toner ke kapas, lalu usapkan ke seluruh wajah, sebaiknya hindari area sensitif seperti mata, ya.

Dan jika kita menggunakan tangan langsung, caranya adalah menuangkan beberapa tetes ke telapak tangan, lalu tepuk-tepuk lembut ke wajah.
Jangan lupa aplikasikan juga dengan area keher, agar kulit leher dan wajah nggak belang ya, hehehe


Cara memilih Toner sesuai Jenis Kulit Agar Manfaat Toner Maksimal

Di zaman sekarang, terdapat beberapa jenis toner yang beredar di pasaran, yaitu:
  • Toner dengan formula berbasis alkohol.
  • Toner dengan formula berbasis gliserin atau glikol.
  • Toner berbahan dasar air
Untuk yang punya kulit sensitif, sebaliknya pilihlah jenis toner yang berbahan dasar air tanpa alkohol, pewangi, maupun bahan semacamnya, agar mengurangi risiko iritasi.
Dan akan lebih baik lagi, jika kita memilih toner sesuai jenis kulit kita, yaitu:

manfaat-toner

1. Toner untuk jenis kulit berminyak

Semua toner sejatinya dapat membantu mengatasi minyak berlebih di wajah. Namun untuk hasil yang maksimal, bagi jenis kulit berminyak sebaiknya gunakan toner matte yang mengandung asam salisilat dan glikolat untuk pengelupasan kulit.

Dan jangan lupakan, Niacinamide adalah bahan yang baik dicoba untuk  mengecilkan pori-pori wajah akibat jenis kulit berminyak atau oily.

2. Toner untuk jenis kulit berjerawat

Untuk kulit yang rentan terhadap noda atau jerawat yang parah, sebaiknya carilah toner dengan formula yang ringan dan lembut agar manfaat toner lebih terasa.

Namun, jika yang terjadi adalah semakin mengiritasi kulit, sebaiknya hindari toner berbasis alkohol.
Cobalah toner dengan satu atau dua asam alfa hidroksi, untuk mengangkat kulit mati dan mengurangi minyak yang dapat menyumbat pori-pori.


3. Toner untuk jenis kulit kering

Untuk jenis kulit kering, sebaiknya pilih toner yang mengandung humektan, yaitu bahan yang ditemukan dalam lotion dan pembersih, yang menghidrasi kulit dengan cara menarik molekul air dengan baik.

Sebaiknya hindari toner dengan bahan keras seperti alkohol, karena dapat semakin mengeringkan kulit kita. Carilah bahan yang menenangkan dan melembabkan seperti asam hialuronat, vitamin E, dan gliserin.

4. Toner untuk jenis kulit Kombinasi

Ini kayaknya saya banget deh, memiliki kulit kombinasi, sebaiknya pilih toner dengan formula yang akan menghilangkan minyak berlebih sekaligus menjaga kulit tetap terhidrasi.
Yaitu carilah toner yang mengandung antioksidan yang bergizi dan asam lembut seperti asam hialuronat, salisilat, dan laktat.

Kesimpulan dan Penutup

Demikianlah, kalau dipelajari, toner yang dulu memang mostly mengandung alkohol yang bertujuan untuk mengangkat sisa kosmetik yang kita gunakan.

Akan tetapi, di zaman sekarang, toner sudah dimodifikasi dengan formula-formula yang menyesuaikan jenis kulit dengan ditambahkan manfaatnya selain untuk membersihkan minyak di kulit.

Karenanya, menggunakan toner pada tahapan skincare kita itu penting banget.
So, ada yang masih juga skip toner nggak?

Sumber : 
  • https://www.healthline.com/
  • Pengalaman pribadi
Gambar : canva edit by Rey

Demikian artikel tentang manfaat toner yang dapat memaksimalkan pemakaian skincare di kulit wajah, semoga bermanfaat.