Manfaat dan Cara Mindfulness untuk Kesehatan Kulit

Beauty By Rey - Punya kulit wajah dan tubuh yang sehat dan cantik adalah dambaan semua orang, khususnya para wanita. Karenanya hampir semua wanita selalu peduli akan hal tersebut.

Dan bukan hanya dari luar, kesehatan kulit juga bisa didapatkan dengan perawatan dari dalam tubuh dan pikiran, dengan cara mindfulness.

Cara mindfulness belakangan ini memang telah jadi perhatian orang-orang. 
Bersamaan dengan meningkatnya pengetahuan dan kesadaran banyak orang terhadap pentingnya kesehatan mental.

Dan mindfulness yang dimaksudkan di sini adalah, sebuah metode yang dapat membantu kita dalam mengelola stres dengan baik, sehingga kesehatan kulit ikut terjaga.


Dampak Stres untuk Kesehatan Kulit


Stres, sesungguhnya bukan hanya berdampak pada kesehatan mental dan pikiran kita, tapi juga pada kesehatan tubuh, termasuk kulit.

Dampak stres untuk Kesehatan Kulit

Pernah banget ada di posisi yang stres berat, rasanya tuh nggak enak banget.
Cemas berlebihan, over thinking, hingga memicu ketidak nyamanan dan cekcok dalam hubungan.

Bukan hanya itu, kesehatan tubuh pun menurun, dengan berbagai masalah kesehatan yang bahkan sama sekali nggak pernah saya alami.

Mulai dari bisa kena saraf terjepit, sampai ketidak teraturan siklus menstruasi saya yang sebelumnya sama sekali nggak pernah saya alami.

Bukan hanya kesehatan tubuh, kesehatan kulit pun bermasalah, ditandai dengan munculnya jerawat yang kering satu, tumbuh dua.
Ganggu banget pokoknya.

Kulit wajahpun ikutan menampilkan bagaimana stresnya saya, dengan tampil kusam dan nggak asyik banget dipandang.

Dampak stress untuk kesehatan kulit memang sangat terasa, ditandai dengan yang paling sering adalah munculnya jerawat. Hal ini disebabkan karena hormon stres yang meningkat, dan hal tersebut sangat mempengaruhi kondisi kulit yang rentan mengalami peradangan.

Yang paling menakutkan buat wanita khususnya adalah, stres juga berperan mempercepat tanda-tanda penuaan seperti munculnya garis dan kerutan. 

Terutama ketika mengalami kondisi stres yang kronis, di mana kortisol dalam tubuh akan meningkat. Dan hal ini bikin kulit kesulitan melakukan perbaikan diri secara alami. 
Juga mempengaruhi proses pembentukan kolagen dan elastisitas pada kulit, dan berbagai area kulit yang rusak.

Stres juga bisa menambah gejala buruk untuk para penderita penyakit kulit, seperti gangguan proriasis, eksim, hingga kulit berjerawat.

Dan jika hal ini terus dibiarkan, atau stres tidak bisa dikelola dengan baik, hal itu bisa memicu munculnya gejala penyakit kulit yang diderita. 
That's why pentingnya mindfulness itu sangat berpengaruh akan kesehatan kulit kita.


Manfaat Mindfulness untuk Kesehatan Kulit


Setelah mengetahui bagaimana dampak serius yang timbul akibat stres pada kulit, maka kita jadi mengerti dong, bagaimana latihan mindfulness bisa bantu meredakan kondisi stres secara efektif, agar kesehatan kulit kita bisa terjaga.

Manfaat Mindfulness untuk Kesehatan Kulit

Dimulai dengan melakukan latihan mindfulness secara konsisten atau rutin, dengan perlahan stres yang kita alami bisa mereda dan bikin kondisi kulit kian membaik. 

Peradangan pada jerawat juga berangsur mereda, kulit jadi semakin sehat, bersih dan tidak kusam atau tampak selalu lelah.
Sehingga hal tersebut bisa bikin kita tetap awet muda, karena risiko gejala penuaan pada kulit seperti garis halus, kerutan, dan flek hitam jadi berkurang.

Manfaat mindfulness untuk kesehatan kulit juga bisa bantu mempercepat penyembuhan luka, bahkan dalam beberapa hari saja. 
Ini bisa membantu memperbaiki gejala pada psoriasis, termasuk kondisi kulit autoimun, di mana kulit jadi bercak yang menyakitkan, merah, dan bersisik.

Pikiran memang seringnya jadi pusat dari segala hal di tubuh kita, jika pikiran kita bermasalah, maka akan mempengaruhi semua aspek yang ada di tubuh kita.

Dan sejujurnya, salah satu alasan terbesar saya memaksa diri move on dari stres dengan cara mindfulness adalah, agar saya tetap bisa awet muda, dengan delay keriput yang disebabkan stres berlebihan, hehehe. 

Dan dengan cara mempraktikan perhatian atau kesadaran kita dalam mengurangi tekanan stres, serta menciptakan kualitas hidup yang lebih baik. 
Secara tidak langsung, bisa membantu tingkatkan kemampuan kulit dalam melakukan perbaikan alami. Dan berbagai masalah kulit yang muncul karena stres perlahan akan mereda.


Cara Mindfulness untuk Kesehatan Kulit


Lalu, gimana sih cara untuk bisa mindfulness demi kesehatan kulit?
Ada beberapa langkah yang selalu saya lakukan, ketika mempraktikkan mindfulness untuk mengelola stres yang dialami, dan tentunya membantu tingkatkan kesehatan pada kulit, di antaranya:

Cara Mindfulness untuk Kesehatan Kulit


Take a Break


Yup, take a break bisa berupa berhenti sejenak dari segala aktivitas yang sedang kita dikerjakan.
Lalu setelahnya kita bisa mengisinya dengan tarikan napas yang dalam sebanyak 10 kali. 

Hal ini sangat membantu menenangkan pikiran kita yang sedang kalut, juga bisa mengubah perspektif pikiran jadi lebih baik, serta mengumpulkan lebih banyak energi positif. 

Hal ini juga bisa banget digunakan ketika kita sedang emosi, dan jika waktunya tidak memungkinkan, bisa dengan menarik nafas panjang sebanyak 3 kali saja.


Relax

 
Relax bisa dilakukan dengan cara melakukan sesuatu yang menyenangkan kita, dan bikin kondisi tubuh serta pikiran jadi lebih tenang. 

Seperti berjalan-jalan di luar sebentar, duduk bersantai melihat pemandangan luar atau lain dari rutinitas, atau juga bisa dengan mandi pakai air hangat. 

Atau juga bisa dengan menyegarkan pikiran dengan main game online.
Dan saran saya sih cari game yang simple, biar jadinya benar-benar tercipta relax, bukan malah makin pusing dengan game tersebut, hahaha.

Kalau saya biasanya main game kartu di solitaire.org yang banyak banget macam permainan kartu yang seru tapi simple buat otak.

Game kartu yang ada di solitaire.org ini sangat membantu membuat pikiran relax, karena selain gamenya seru namun simple, pun juga membuat kita semacam mengenang masa-masa lalu, di mana saya sering banget main game sederhana ini ketika sedang burn out dalam kerjaan.

Ada begitu banyak jenis permainan kartu di situs game online ini, namun yang paling sering saya mainkan ada 2, selain game fashion yang super simple.

Adapun permainan yang sering saya mainkan seperti Flower Garden yang simple hanya dengan menyusun kartu tapi tampilannya lucu karena penuh bunga.

Solitaire flower garden

Atau juga permainan kartu Pyramid yang menjadi game paling popular di situs solitaire.org karena mainnya simple, cukup buangin kartu dengan jumlah 13 sampai habis. 

solitaire pyramid

Dan semua hal tersebut, bukan semata dilakukan, yang pasti lakukan serta nikmati momen tersebut dengan penuh kesadaran penuh atau mindfulness.


Take a silence


Dengan bisa meluangkan waktu untuk menyendiri selama 10 – 15 menit setiap hari, entah itu sebelum tidur karena khususnya saya sebagai ibu cuman punya waktu sendiri tuh ketika anak-anak telah tidur.
Berhenti sejenak dari semua hiruk pikuk kehidupan dan menikmati waktu dalam diam, kebetulan juga kami tinggal di dekat sawah, which is banyak irama alam dari sawah di malam hari.

Hal tersebut work banget dalam menciptakan rasa hati yang lapang, berhenti dari segala rutinitas dan pikiran lama, serta dengan mudah bisa membuka pintu ke persepsi atau pola pikir baru serta solusi yang baru juga.


Demikianlah manfaat dan cara minfulness untuk kesehatan kulit yang pernah dan masih saya lakukan hingga saat ini, karena punya kulit sehat itu membahagiakan dong.

How about you, beauties?


Sumber:
  • Pengalaman pribadi
  • https://www.merdeka.com/jateng/manfaat-mindfulness-untuk-kesehatan-kulit-ketahui-cara-mempraktikkannya-kln.html
  • https://www.solitaire.org/
Gambar: canva edit by Rey dan https://www.solitaire.org/

With love,