tips awet muda wanita menjelang usia 40 tahun

Tips awet muda untuk wanita menjelang usia 40 tahun tentunya selalu menjadi hal yang dicari banyak orang ya. Khususnya untuk wanita berusia menjelang 40 tahun kayak si Rey, apa kabar kulit wajah?
Masih glowing shimering splended ter kinclong-kinclong? *halah, hahaha.

Untuk wanita di atas 30 tahun, apalagi menjelang 40 tahun, hal penting yang selalu diperhatikan khususnya menyangkut kecantikan adalah, tips awet muda.

Iya kan, semua wanita pasti menginginkan agar selalu bisa awet muda, baik pikiran apalagi wajah dan tubuh, ye kan?

Termasuk saya nih, biar kata lebih sering di rumah aja ngejogrok ama anak-anak dan seabrek deadline kerjaan, tapi saya pengen dong biar wajah selalu fresh, kek wanita-wanita yang masih muda dan bling bling gitu *halaaahh, hahaha.

Bukan sebuah ambisi beralasan sih buat saya, untuk bisa selalu awet muda, selain untuk menyenangkan diri sendiri, karena kalau ngaca dan liat wajah selalu segar kayak perawan eh salah, kayak wanita-wanita di usia produktif yang masih muda gitu loh, rasanya tuh auto mood booster banget nggak sih?

That's why, meski sok sibuk as a momblogger dan setiap saat rempong dengan anak-anak, rumah dan kerjaan, saya selalu menyempatkan diri untuk memastikan disiplin melakukan beberapa tips agar tetap awet muda, biar kata usia nggak muda lagi, hahaha.

Dan beberapa tips awet muda untuk wanita menjelang usia 40 tahun a la Rey adalah:


1. Rajin Membersihkan Wajah

Awet muda itu biasanya dilihat dari wajah dulu, setelah itu baru deh ke yang lainnya.
That's why memastikan wajah bisa awet muda itu yang pertama buat saya.

Tips awet muda rajin cuci muka

Gimana agar wajah tetap awet muda?
Yang paling simple adalah agar kulit wajah kita tuh sehat, dan cara sederhananya yaitu memastikan kulit selalu bersih, terutama ketika akan mengaplikasikan skincare maupun akan tidur di malam hari.

Sengantuk apapun saya, selalu memaksa diri untuk memastikan kegiatan tidur saya nyaman, salah satunya udah cuci muka.

Dan bukan hanya cuci muka atau wajah, pastikan juga memilih sabun cuci muka atau facial cleanser yang sesuai dengan jenis serta kebutuhan kulit kita.
Kalau saya, yang penting adalah harus sabun cuci mukanya, harus bisa melembabkan kulit.
 

2. Rajin Pakai Skincare yang Melembabkan

Kalau masih remaja atau masih muda dulu, merawat wajah dengan memakai skincare itu, tujuannya biar wajah putih kek pocong, eh salah, hahahaha.
Maksudnya pakai skincare biar wajah cerah gitu loh.

tips awet muda rajin pakai skincare

Nah sekarang, yang paling penting tuh kulit wajah saya sehat dan masih kenyal, udah deh itu tujuan utamanya, masalah cerah itu bonus.

That's why, saya selalu nggak pernah lupa mengaplikasikan skincare yang melembabkan, baik pagi maupun malam sebelum tidur.

Alhamdulillah, meski nggak jadi kayak kulitnya selebgram yang perawatan di klinik setiap bulan, tapi kulit wajah masih bisa sehat, lembab dan keriput masih bisa dikendalikan atau delay, hahaha.


3. Rajin Memakai Sunscreen di Siang Hari

Salah satu hal yang bikin wajah terlihat tua adalah, adanya flek hitam serta kulit wajah yang kusam, dikarenakan oleh paparan buruk sinar UV.

Tips awet muda rajin pakai sunscreen

Karenanya, melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari itu penting banget, khususnya buat wanita usia 30 tahunan ke atas.

Karena di usia segitu, peremajaan kulit semakin berkurang, jika terkena flek, akan susah banget dihilangkan.

So, mending menghindari, ketimbang rempong ngilangin flek hitam kan ye.
Dan apply dan re-apply sunscreen di siang hari adalah sebuah kewajiban buat saya, terutama kalau saya lagi beraktifitas di luar ruangan.


4. Rajin Membersihkan dan Merawat Tubuh dan Rambut 

Udah usia 30 tahun terlebih menjelang 40 tahun dan malas mandi serta keramas?
Duh jangan tsay!

Selain nggak nyaman banget, bikin anak-anak dan suami eneg cium aroma tubuh kita, pun juga nggak nyaman banget nggak sih kalau malas mandi itu.

Bukan hanya mandi, seminggu 2-3 kali menyempatkan diri untuk merawat tubuh dan rambut dengan seksama, seperti memakai lulur atau scrub mandi agar kulit mati di tubuh bisa rontok, serta merawat rambut agar tetap sehat dan nggak rontok.


5. Rajin Minum Air Putih

Tahu nggak sih betapa dahsyatnya manfaat air putih buat tubuh kita?
Banyak banget dong beauties.
Salah satunya bermanfaat buat kecantikan dan kesehatan kulit kita.

tips awet muda perbanyak minum air putih

Dengan mencukupi asupan air putih, maka kulit kita akan lebih terhidrasi dengan baik dari dalam, dan kulit terhidrasi itu amat sangat membantu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini.


6. Konsumsi Makanan yang Sehat

Makanan yang kurang sehat buat tubuh itu memang menggoda ya beauties, tapi ingat umur kali ya, hahaha.
Selain nggak sehat buat tubuh, juga nggak sehat buat kulit kan ye.
 
Karenanya, penting banget mulai membatasi jumlah makanan yang kurang sehat, dan menggantinya dengan makanan yang lebih sehat seperti makanan yang alami dan mengandung lebih banyak nutrisi serta serat, yang baik untuk kesehatan tubuh dan kulit.


7. Istrahat yang Cukup

I know banget deh, kalau ibu-ibu yang mengurus anak, rumah serta mengais rezeki dari rumah tuh, agak sulit deh bisa istrahat dengan cukup.

Tapi, sebenarnya bukan berarti nggak bisa, tetep bisa selama kita mau disiplin manajemen waktu serta mengutamakan prioritas terlebih dahulu.

Maka istrahat juga jadi prioritas bagi saya, karena dengan istrahat, tubuh jadi kembali fit, dan kulit juga jadi sehat dan segar.


8. Rutin Berolahraga

Buat wanita usia 30 tahun dan menjelang 40 tahun, yang kesehariannya sibuk berkutat dengan anak dan kerjaan, sepertinya memang olahraga itu adalah sebuah hal yang melampaui batas, hahaha.

Disebut demikian, karena sejatinya wanita memang diciptakan malas berolahraga, terlebih dengan banyaknya hal yang harus dikerjakan.

Tapi, bisa kok jika memang diniatkan, nggak perlu olahraga yang ekstrim.
Rutin peregangan, serta olahraga ringan seperti jalan kaki, juga sudah bisa menyegarkan tubuh dan pikiran, yang pastinya berdampak baik untuk kecantikan kita.


9. Mengurangi dan Menghindari Stres

Stress amat sangat berdampak buruk buat kecantikan dan kesehatan kulit, karenanya efeknya tuh banyak.
Mulai dari jerawatan lah, muka kusam lah, dan masih banyak lagi.

Karenanya, mengurangi atau kalau bisa menghindari stres itu penting.
Disiplin waktu agar bisa menyempatkan diri menikmati me time setiap hari adalah salah satu kunci buat saya mengurangi stres, karena menghindari sih belum bisa kalau untuk kondisi saya.

Ada beberapa cara buat saya untuk mengurangi stres, baik dengan meluangkan waktu merawat tubuh dan wajah yang jadinya malah bikin tubuh dan wajah jadi lebih terawat dan cantik serta awet muda.

Atau melakukan beberapa kegiatan lain yang merupakan hobi saya, kayak baca buku, nulis di blog kayak gini, nonton film bahkan main game online.

Ada beberapa game online yang simple dan sering saya mainkan di situs https://plays.org/
Paling sering sih game dengan kategori dress up seperti Always Fashion Dress Up Game for Girls.
 
Always Fashion Dress Up Game for Girls di plays org
Tampilan setelah di dress up sama si Rey

Game ini seru dan simple banget, karena melatih bagaimana selera fashion yang lucu-lucu, sesuka hati kita. Karena simple, jadinya nggak bikin otak tambah panas dan kerutan muncul di wajah, hahaha.



Amelia Dress Up Game for Kids Game di plays org
Seru ya main dress up :)

Game ini malah lebih simple lagi, tapi saya suka banget dong nge dress up, gonta ganti baju, bawahan, sepatu, asesoris, bahkan gaya rambut.

Selain game seru nan simple ini, masih banyak game terbaru yang ada di situs plays.org ini, beauties bisa lihat di bagian footer situs tersebut yang menampilkan berbagai macam game online terbarunya.

Demikianlah 9 tips awet muda untuk wanita menjelang usia 40 tahun, karena awet muda itu adalah hak segala wanita, *halah.


Sumber: 
  • Pengalaman pribadi
  • https://plays.org/
Gambar: website plays.org dan canva edit by Rey