Review Wardah UV Shield Active Protection Serum SPF 50 PA++++

Beauty By Rey - Hola beauties, apa kabar noda hitam atau flek di pipi?
Belum ada? syukurlah, pasti beauties rajin pakai sunscreen kan?
Apa? enggak? Duh, buruan deh rajin pake sunscreen, jangan nunggu flek hitam muncul!

Iya, saya juga termasuk yang dulunya malas pake sunscreen, sekarang mah semua sunscreen saya cobain, termasuk Wardah UV Shield Active Protection Serum SPF 50 PA ++++ ini.
 
Sebenarnya udah dari lama saya sadari, kalau pakai sunscreen itu penting banget, tapi begitulah mamak-mamak rempong kan ye, karena kerempongan itu, kadang saya skip dong pakai sunscreen.

Terlebih, di usia saya yang bentar lagi masuk ke usia life begin (Ayo tebak, usia berapa tuh? hahaha), tapi kalau ngaca sih kayaknya belum ada tanda-tanda flek hitam yang mengganggu.

Sampai akhirnya beberapa waktu lalu, saya facial treatment di sebuah klinik kecantikan, dan sebelum treatment kan saya ketemu dokter tuh, trus wajah saya diperiksa pakai alat Skin Analyzer/Alat pendeteksi Kulit wajah professional.

Lalu sesaat setelah nempelin wajah saya di alat tersebut, sang dokter sibuk ngomel,
"Duh Mbak, ini kulitnya bagus sih, kelembabannya oke, tapi kerutan udah pada muncul, smile line juga, kantung mata lebih parah, tapi masih lebih para flek yang makin banyak!"
Heh? apa? 

Kalau kerutan sih, it's okey dokey, saya mah udah belajar menerima jika kerutan muncul.
Akoh itu udah matang banget, (baca: tuwah eh senior, wakakakaka).

Jadi kalau misal udah ada kerutan, it's oke sih.
Kita semua pasti akan punya kulit berkerut, dan itu normal.

Termasuk smile line, iyaaaa  memang saya tuh suka senyum banget, makanya bahkan di awal usia 30an udah keliatan kok smile line-nya, apalagi sekarang?

Tapi, flek?
Perasaan kok saya ngaca, kulit saya masih biasa aja.
Well, emang nggak sehat-sehat amat, tapi juga belum terlalu punya masalah flek.

Lalu si dokter pun menjelaskan, kalau flek itu nggak serta merta muncul di permukaan kulit, tapi bisa bermula dari dalam kulit, yang semakin hari dia akan muncul di permukaan kulit, that's why, si flek ini sulit banget dihilangkan tanpa treatment yang khusus.

Langsung lemas dah saya.

Sepulang dari klinik itu, saya jadi auto rajin pakai sunscreen dong, bahkan sejak pagi, belum mandi pun saya udah pake sunscreen, biar kata saya di dalam rumah aja, ye kan... mencegah lebih baik daripada sedih liat flek, hahaha.

Dan saya juga jadi suka nyobain beragam sunscreen, ye kan sambil melindungi kulit, sambil jadi bahan tulisan direview, hahaha.

Salah satunya cobain si Wardah UV Shield ini, yang mana awalnya saya cuman beli karena faktor SPFnya tinggi dan ada PA++++ nya pula.

Lainnya mah nggak penting, nantilah udah lama pakai saya baru ngeh, kalau sunscreen ini tuh semacam serum, hahaha.


Tentang Wardah UV Shield Series


Wardah UV Shield Series ini terdiri dari 4 macam, kesemuanya adalah sunscreen dengan SPF 50 (dan 1 SPF 30) dan PA++++, yang membedakan hanyalah tekstur masing-masing produknya.

Wardah UV Shield Active Protection Serum SPF 50 PA++++

Btw saya jadi ingat nama UV Shield ini, sebelumnya saya pernah pakai, tapi produk Oriflame yang namanya Novage Day Shield SPF 50 UVA/PA++++.  

Dulu tuh, yang namanya SPF 50 masih jarang ada ya, apalagi dengan PA++++, setidaknya yang saya kenal cuman Oriflame saja.
Sekarang mah, udah banyak banget ya sunscreen dengan minimal SPF 50, dengan beragam inovasi pula.

Salah satunya adalah Wardah UV Shield Series ini.

Adapun ke-4 produk dari Wardah UV Shield series ini adalah:
  1. Wardah UV Shield Light Matte Sun Stick SPF 50 PA++++
  2. Wardah UV Shield Active Protection Serum SPF 50 PA++++
  3. UV Shield Aqua Fresh Essence SPF 50 PA++++
  4. UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++
Jangan tanya, mengapa saya memilih Wardah UV Shield Active Protection Serum SPF 50 PA++++, bukan yang lain?
Saya lupa sih alasannya, tapi yang jelas kayaknya sih faktor diskonan di Sociolla, hahaha.

You know lah, si Rey ini penggemar diskonan. 


Review Wardah UV Shield Active Protection Serum SPF 50 PA++++


Wardah UV Shield Active Protection Serum SPF 50 PA++++ adalah sunscreen dengan Broad Spectrum Protection yang 50x lebih optimal dalam menjaga kulit kita, dari sinar UV A / UV B serta pancaran blue light yang berlebihan. 

Dengan inovasinya yaitu, formula 0% alkohol yang tetap ringan dan tidak lengket, serta Waterproof Active terdapat di dalamnya, menjadikan sunscreen ini tidak mudah luntur meski terkena air atau keringat. 

Karenanya, sangat cocok digunakan untuk aktivitas dinamis di bawah paparan sinar matahari, seperti olahraga lari, berenang, berjemur di pantai, dll.

Bayangkan, saya mamak-mamak, keseharian di rumah aja, tapi kok milih yang ini ya? hanya karena diskonan, hahaha.

Etapi, setelah mengetahui lebih jauh tentang produk ini, saya rasa cocok aja sih dipakai ibu rumah tangga kayak saya, karena meski di rumah aja, saya juga sering berkeringat kok.


Keterangan produk


Nama produk : Wardah UV Shield Active Protection Serum SPF 50 PA++++
Produksi :  PT. Paragon Technology and Innovation (PT. PTI).
Distributor :  - 
BPOM :  (sayang banget bungkusnya udah lama saya buang, jadinya ga bisa tulis keterangan produk secara lengkap deh)
MUI :  -
PAO :  -
Isi :  35 ml
Harga :  Rp 75.000 (beli di Sociolla pas diskon jadi Rp. 51,450)
Rekomendasi untuk jenis kulit :  Semua jenis kulit.


Klaim


Wardah UV Shield Active Protection Serum SPF 50 PA++++ ini diklaim sebagai sunscreen yang:
  • Tidak mengandung Alkohol.
  • Dapat memberikan perlindungan dari UV A, UV B, dan blue light dengan Broad Spectrum Protection (SPF 50, PA++++)
  • Dapat membantu redakan kemerahan dengan Bisabol.
  • Waterproof active, sehingga tidak luntur meski terkena air dan keringat.


Ingredients


Adapun full ingredients dari Wardah UV Shield Active Protection Serum SPF 50 PA++++ ini adalah: "0% Alcohol, Broad Spectrum Protection, Waterproof Active Formula, Bisabolol. Aqua, Dibutyl Adipate, C12-15 Alkyl Benzoate, Propylheptyl Caprylate, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate, Tris-Biphenyl Triazine, Sucrose Polystearate, Ethylhexyl Triazone, Ethylhexyl Salicylate, Methylene Bis-Benzotriazolyl Tetramethylbutylphenol, Glycerin, Polyester-7, Polymethyl Methacrylate, Neopentyl Glycol Diheptanoate, Undecane, Bis-Ethylhexyloxyphenol Methoxyphenyl Triazine, Cetearyl Alcohol, Decyl Glucoside, Disodium, Cetearyl Sulfosuccinate, Cetyl Palmitate, Tridecane, Bisabolol, Phenoxyethanol, Chlorphenesin, Xanthan Gum, Propanediol, Disodium EDTA, Fragrance, Butylene Glycol, Disodium Phosphate, Propylene Glycol, Artemisia Capillaris Flower Extract."


Packaging


Wardah UV Shield Active Protection Serum SPF 50 PA++++ ini dikemas dalam sebuah botol plastik gepeng berwarna orange segar kayak jeruk.

Kemasan Wardah UV Shield Active Protection Serum SPF 50 PA++++

Karena gepeng tersebut, bikin kemasannya tuh enak banget dibawah ke mana-mana biarpun bentuknya botol, dan as we know kan ye, sunscreen itu benda wajib yang harus ikutin kita ke mana-mana, biar gampang kalau mau touch up sunscreen.

Kemasan Wardah UV Shield Active Protection Serum SPF 50 PA++++

Di mulut botolnya ada tutup berwarna putih yang dibuka dengan cara diputar sesuai ulir yang ada di mulut botol.
Mulut botolnya berbentuk kayak tube kecil gitu, wajar sih lubang tube-nya kecil, karena teksturnya memang mudah keluar dari botol.

Kemasan botol ini sebenarnya masih dikemas lagi dalam sebuah kemasan luar plastik dan kertas tebal, yang mana di kertas tersebut terdapat banyak keterangan produk, sayang udah saya buang dong, ckckck.


Tekstur dan aroma


Adapun tekstur dari Wardah UV Shield Active Protection Serum SPF 50 PA++++ ini adalah berbentuk lotion yang cair berwarna putih, kayak serum deh.
Makanya ya namanya ada serum-nya, hehehe.

tekstur dari Wardah UV Shield Active Protection Serum SPF 50 PA++++

Jujur nih, kayaknya ini pertama kalinya saya pakai sunscreen yang teksturnya cair gini, karenanya kudu hati-hati banget pas keluarin isinya, kalau enggak nanti bleber (bukan Justine Bieber ya, hahaha).

tekstur dari Wardah UV Shield Active Protection Serum SPF 50 PA++++

Saya sering dong nafsuan banget pas pencetnya, saking kadang saya gonta ganti pake sama sunscreen Carasun yang emang teksturnya lebih kental dan creamy, alhasil... keluarnya banyak dong, bikin muka blonteng hahaha.

Aromanya kayak segar tapi bau obat gitu deh, nggak tau saya jelasinnya, pokoknya kayak obat, tapi lembut dan segar, dan itupun agak samar, jadi sama sekali nggak ganggu buat saya.


Cara Pemakaian


Cara pemakaian Wardah UV Shield Active Protection Serum SPF 50 PA++++ adalah
  1. Pertama, ambil Wardah UV Shield Active Protection Serum SPF 50 secukupnya di tangan, saya biasanya pakai kira-kira, nggak pakai 2 jari, karena jari saya panjang dan biasanya bikin muka saya ketebalan sunscreen, hahaha.
  2. Lalu, oles tipis di area wajah dan leher secara merata.
  3. Sunscreen ini digunakan setiap hari sesudah menggunakan day cream
  4. Bisa juga digunakan untuk area kulit lainnya yang terpapar sinar matahari.
  5. Recomended untuk yang aktif berada di luar.


My first impression


Ketika pertama kali pakai Wardah UV Shield Active Protection Serum SPF 50 PA++++ ini, adalah setelah pakai sunscreen Carasun, jadi awalnya saya agak shock liat teksturnya yang cair banget.

Review Wardah UV Shield Active Protection Serum SPF 50 PA++++
Jangan gagal fokus sama mata ngantuk ya, hahaha

Karena saya pencetnya terlalu semangat, jadilah isinya banyak yang keluar, dan semua saya oleskan ke wajah saya yang sudah mengenakan skincare routine day di pagi hari.

Lalu, seketika muka saya jadi glowing dan cerah, iyaaaa... soalnya whitecast-nya tebal banget cyin, hahaha.

Iya, sunscreen ini meninggalkan efek whitecast di wajah, apalagi kalau kita makenya setelah skincare, dan makenya 2 jari sepanjang jarinya si Rey pula, dijamin auto putih muka, hahaha.

Akan tetapi, whitecast-nya nggak akan stay selamanya kok, perlahan namun pasti tuh whitecast menghilang, apalagi kalau saya pakai tanpa lapisan skincare lainnya ya, rasanya lebih cepat meresap, jadinya whitecast-nya nggak terlalu terlihat.

Saya sih lebih sering make tanpa bedak, karena keseharian saya di rumah aja, dan sangat jarang pakai bedak, dan yang saya rasakan sih nyaman-nyaman aja, asal makenya jangan kebanyakan, soalnya kalau kebanyakan, muka kayak oily gitu deh.

Kalau secukupnya, lotionnya bakalan cepat kering, dan kemudian rasanya nyaman, nggak kerasa panas atau tebal gitu di muka.

Saya juga pernah make untuk dilapisi make up, dan untuk ini sih juga tetap nyaman-nyaman aja, bedak juga nggak blonteng-blonteng di muka, karena saya biasanya pakai bedak tabur dulu sih, sebelum pakai compact powder

Oh ya, bukan hanya terasa nyaman-nyaman aja, tapi juga nggak ada efek buruk di kulit saya, nggak terasa panas, apalagi sampai bikin breakout, etapi karena saya rajin double cleansing ya, jadinya kulit bersih setelah pakai sunscreen.


Beli di mana?


Produk Wardah mah gampang banget nyarinya, di minimarket juga ada, dan di berbagai toko kosmetik juga biasanya ada.

Mau beli online juga adaaa di mana-mana, baik melalui website-nya, maupun e-commerce lainnya.
Kalau saya sih seringnya beli di Sociolla, maklum saya kan pecinta Sociolla.


Kelebihan Wardah UV Shield Active Protection Serum SPF 50 PA++++

  • Mudah didapatkan di mana-mana.
  • Harganya terjangkau.
  • Teksturnya cair, sehingga mudah di-blend dan nggak lengket.
  • Cocok di kulit wajah saya.
  • SPF-nya tinggi dan ada PA++++ jadi lebih aman dipakai di bawah sinar UV.
  • Klaimnya waterproof.  
  • Kemasannya super travel friendly.


Kekurangan Wardah UV Shield Active Protection Serum SPF 50 PA++++

  • Masih whitecast dong, bagi yang nggak suka ada whitecast, apalagi yang suka pakai sunscreen kudu 2 jari, kayaknya agak ganggu deh ini.
  • Kalau kebanyakan, wajah saya jadi oily.


Repurchase?


Tentu saja!
Apalagi kalau pas diskon, meskipun saya juga masih pengen coba yang varian lain, terutama yang gel atau essence, tapi untuk stock, boleh juga nih repurchase produk ini.


Kesimpulan Review Wardah UV Shield Active Protection Serum SPF 50 PA++++


Sunscreen ini udah saya pakai lumayan lama dong, saya beli tuh sekitar bulan Agustus 2021, dan baru habis sekarang, hahaha.
Kayaknya kalau PAO-nya 6 bulan, melewati batas deh saya.

Review Wardah UV Shield Active Protection Serum SPF 50 PA++++

Saya juga sih, awalnya tuh masih nggak rutin makenya, mana diselang selingi sama sunscreen lain pula, kapan habisnya jadinya.

Selama pemakaiannya, untuk klaimnya: waterproof.
Saya sih nggak tahu nih beneran nggak luntur, karena saya jarang make bedak setelah pake sunscreen ini.

Pernah make sesekali, tapi nggak sampai berkeringat, jadi saya perhatikan juga nggak luntur kok bedak saya (soalnya juga udah dikunci sama setting spray, hahaha)
Kalau di rumah, setelah saya wudhu, tentu saja saya reapply biar kata klaimnya nggak luntur.

Saya rasa sih, kalau hanya untuk berkeringat, insha Allah nggak luntur.
Tapi kalau udah dibuat wudhu mah, tetep aja di reapply, daripada sinar UV tembus di kulit, dan bikin flek dari dasar kulit, hiiii serem kan.

Demikianlah kesimpulan dari review pemakaian Wardah UV Shield Active Protection Serum SPF 50 PA++++ ini  selama berbulan-bulan, saking makenya diselang selingi dengan yang lain.

How about you, Beauties?
Ada yang pernah cobain Wardah UV Shield Active Protection Serum SPF 50 PA++++ juga?

Sumber: 
  • Pengalaman pribadi
  • https://www.wardahbeauty.com/
Gambar: dokumen pribadi

With Love,