kandungan skincare untuk mencerahkan wajah

Kandungan skincare untuk mencerahkan wajah yang kusam, selalu menjadi hal yang penting untuk para beauties di Indonesia.

Karena trend kecantikan selalu dikaitkan dengan wajah yang cerah dan tidak kusam, dan di Beauty By Rey kali ini, saya akan membagikan beberapa jenis bahan skincare yang dapat berfungsi untuk mencerahkan wajah.

Namun, sebelum beauties mencari tahu, dan memutuskan skincare dengan kandungan apa saja yan harus dipakai, yang perlu diperhatikan adalah jangan lupa untuk mengenali jenis kulit masing-masing, karena tidak semua jenis kulit, bisa bersahabat dengan semua jenis ingredients atau kandungan skincare.

Terlebih untuk bahan skincare yang mencerahkan wajah, dalam berbagai testimoni, saya sering banget menemukan kasus-kasus beberapa orang yang tidak cocok memakai ingredients tersebut, tapi telat disadarinya, sehingga alih-alih mendapatkan wajah yang cerah, malah kulit burnout yang didapat.

So, jangan lupa untuk mengetesnya dulu di bagian kulit yang tidak terlihat, seperti di belakang telinga, khususnya jika beauties punya kulit dengan jenis yang sensitif.

Dan berikut 7 kandungan skincare untuk mencerahkan wajah:


1. Niacinamide

kandungan skincare pencerah niacinamide

Niacinamide merupakan formulasi dari vitamin B3 yang punya banyak manfaat untuk perawatan kulit, khususnya dalam mencerahkan kulit. 

Kandungan Niacinamide memang paling efektif untuk mencerahkan warna kulit, dan dapat digunakan juga sebagai pelindung kulit, serta sebagai pelembap yang bantu memperbaiki pori-pori kulit yang membesar.

Selain itu, Niacinamide juga ampuh mengatasi warna kulit tidak merata, adanya hiperpigmentasi, garis-garis halus serta kerutan, dan tentunya mengatasi kulit kusam.

Dan yang paling penting, kandungan Niacinamide ini aman digunakan bersamaan dengan kandungan skincare retinol, agar mendapatkan efek anti-penuaan yang lebih, dan juga meratakan warna kulit. 

Adapun cara pemakaiannya adalah, dengan menggunakan serum retinol 1-2 kali dalam minggu, dengan dengan skincare yang mengandung niacinamide.
Dan setelahnya beauties bisa merasakan manfaatnya yang membuat wajah tampak lebih muda, cerah dan bercahaya.


2. Kojic Acid

kandungan skincare pencerah kojic acid

Kojic Acid merupakan salah satu kandungan skincare yang punya manfaat dapat menghambat produksi melanin yang menjadi salah satu penyebab utama kulit jadi kusam. 

Kandungan Kojic Acid atau asam Kojic ini biasanya digunakan sebagai salah satu ingredients skincare,  karena sifatnya yang dapat menghambat pembentukan tirosin, asam amino penghasil pigmen melanin. 

Namun, yang perlu beauties pahami, karena Kojid Acid punya sifat asam, maka selalu hati-hati dalam memilih produk skincare yang mengandung bahan ini, terutama untuk yang punya jenis kulit sensitif.
Untuk amannya, selalu usahakan untuk memilih skincare dengan kandungan asam kojid yang tidak lebih dari 1% saja, serta berlabel hypoallergenic dan non-comedogenic, agar wajah tetap aman.

Dan lebih amannya sih, jangan lupa untuk mencobanya dulu di kulit belakang telinga atau leher, untuk lebih mengetahui reaksi negatif di kulit beauties.


3. Alpha Arbutin

kandungan skincare pencerah alpha arbutin

Alpha Arbutin, merupakan salah satu ingredients skincare yang ampuh dalam mencerahkan wajah.  Hal ini dikarenakan ingredients aktif ini dapat bekerja dengan cara menghambat produksi tirosinaze (suatu enzim yang bertugas memproduksi melanin kulit).

Karenanya, Alpha Arbutin mampu menyelesaikan permasalahan kulit, seperti wajah kusam, hiperpigmentasi, serta flek atau bintik hitam di wajah.

Seperti yang kita ketahui, produksi melanin atau pigmen, merupakan aspek utama dalam menentukan tingkat kecerahan kulit seseorang. Karenanya ketika produksi melanin di tubuh terlalu banyak, maka warna kulit jadi lebih gelap, dan sebaliknya.


4. Azelaic Acid

kandungan skincare pencerah azelaic acid

Kandungan skincare lainnya yang ampuh dalam mencerahkan wajah adalah Azelaic Acid
Kandungan ini dapat kita ditemukan di dalam ekstrak biji gandum, dan dikenal kaya akan antioksidan, serta punya pH yang seimbang, karenanya sangat baik digunakan untuk kulit yang gampang memerah, warna kulit tidak merata, rosacea, hingga melasma.

Bukan hanya itu, Azelaic Acid juga punya sifat anti-bakteri, sehingga dapat mengeksfoliasi serta bantu angkat tumpukan sel kulit mati di wajah, sehingga menjadikan kulit jadi lebih bersih, cerah dan bersinar.


5. Licorice Extract

kandungan skincare pencerah Licorice extract

Licorice extract merupakan salah satu kandungan skincare yang mengandung glabridin, sehingga mampu menekan produksi enzim tirosinase yang berada di dalam sel menalosit, yang seringnya menjadi penyebab kulit menggelap ketika beraktifitas di bawah terik sinar matahari.

Licorice extract juga mengandung senyawa liquritin, yang dapat memecah kelebihan melanin di kulit, agar pigmentasi yang berlebihan di kulit wajah, menjadi sedikit berkurang.
Karenanya, kandungan ini sangat mampu melindungi wajah kita dari bahaya sinar ultraviolet.


6. Kakadu Plum

kandungan skincare pencerah kakadu plum

Kakadu plum, ternyata merupakan sumber vitamin C yang tinggi, sehingga mampu membantu meningkatkan produksi kolagen, yang membuat kulit wajah jadi tampak lebih muda.

Selain itu, skincare yang mengandung Kakadu plum juga bisa bantu memudarkan bintik hitam dan hiperpigmentasi yang menjadi penyebab utama kulit wajah menjadi kusam.


Penutup


Memiliki wajah yang cerah dan merata, adalah impian banyak wanita Indonesia, tidak salah sih, karena memang trend kecantikan di negara ini berbeda dengan negara Eropa yang lebih memilih kulit tanned sebagai tampilan terbaik. 

Tidak heran, jika di Indonesia, skincare dengan kandungan yang mencerahkan wajah selalu jadi pilihan banyak wanita.

Yang terpenting adalah, kenali dulu jenis kulitmu ya beauties, sebelum menentukan kandungan skincare untuk mencerahkan wajah yang mana yang akan dipakai.


Sidoarjo, 29 Desember 2022

Sumber:
  • https://www.popbela.com/ diakses 29 Desember 2022
  • https://www.halodoc.com/artikel/anti-kusam-ini-kandungan-skincare-yang-mampu-mencerahkan-wajah diakses 29 Desember 2022
Gambar: Canva dan berbagai sumber