jenis ingredients skincare untuk masalah kulit

"Mbak Rey, skincare apa ya yang bagus dan terjangkau?"

Pertanyaan ini paling sering saya dapatkan dari beberapa orang, baik teman dekat maupun kenalan di medsos. 

Memang sih, memilih skincare yang cocok untuk kulit serta harganya affordable itu kadang membingungkan. 

Secara, skincare merupakan produk perawatan kulit yang bersifat cocok-cocokan. Bisa cocok di saya, belum tentu cocok di orang lain.

Kalau saya, biasanya lebih prefer memilih skincare berdasarkan masalah kulit yang ada. Dengan demikian, saya bisa memilih produk skincare dengan fokus ke ingredients-nya.  

Dan untuk itu, saya harus mencari tahu terlebih dahulu, ingredients skincare apa yang cocok untuk masalah kulit saya.

Berikut beberapa jenis ingredients skincare dan manfaatnya dalam mengatasi masalah kulit. 


1. Ingredients Salicylic Acid untuk Masalah Kulit Bruntusan

Bruntusan atau comedo acne atau jerawat komedo adalah kondisi kulit yang penuh komedo, disebabkan pori-pori yang tersumbat minyak dan kotoran. 

kulit bruntusan pakai skincare apa

Ciri-ciri kulit bruntusan ditandai dengan kondisi kulit yang kasar dan tidak rata, jika diraba tekstur kulit terasa penuh bintik-bintik kecil yang menonjol dari dalam kulit.

Kondisi ini, biasanya muncul di bagian pipi, dahi, hidung maupun dagu.   

Penyebab bruntusan memang beragam, namun jika hanya disebabkan oleh jerawat dan komedo karena penumpukan kotoran di pori-pori, maka kita bisa memilih skincare dengan ingredients Salicylic Acid untuk mengatasinya.

Kandungan Salicylic Acid dalam skincare punya banyak manfaat. Salah satunya bisa meredakan jerawat dan mengeksfoliasi sel kulit mati.


2. Ingredients Hyaluronic Acid untuk Masalah Kulit Kering

Kulit kering merupakan masalah yang terjadi pada lapisan kulit paling atas (epidermis) yang tidak punya kelembapan yang cukup. 

Ciri-ciri masalah kulit ini adalah kulit yang terlihat seperti bersisik, mengelupas, hingga pecah-pecah.

Ada beberapa penyebab masalah kulit kering, di antaranya:

  • Faktor usia
  • Kurangnya asupan cairan tubuh
  • Cuaca ekstrim
  • Paparan sinar matahari
  • Mencuci muka dengan air hangat terlalu sering
  • Penggunaan sabun wajah yang tidak sesuai jenis kulit.
Pada prinsipnya, masalah kulit kering bisa terjadi pada siapa saja, dan untuk mengatasinya bisa dengan memilih skincare dengan kandungan yang melembabkan, yaitu Hyaluronic Acid.

Hyaluronic Acid atau asam hialuronat adalah senyawa polisakarida yang tersusun dari rantai panjang ikatan-ikatan molekul air dan gula. 

Senyawa ini diproduksi oleh tubuh dan kulit secara alami. Namun, seiring bertambahnya usia, produksi senyawa ini semakin menurun. Karenya dibutuhkan suplai tambahan Hyaluronic Acid dari luar tubuh, salah satunya dengan skincare yang mengandung senyawa ini.

Manfaat skincare dengan ingredients utama Hyaluronic Acid untuk kulit sangat beragam, di antaranta bisa menjaga kelembapan kulit, meredakan kemerahan pada kulit, meningkatkan elastisitas kulit, hingga bantu proses regenerasi kulit.

Jadi, jika beauties merasa punya masalah kulit yang kering, pastikan memilih skincare dengan kandungan utama Hyaluronic Acid.

Salah satu contohnya adalah Neutrogena Hydro Boost Hyaluronic Acid Serum ini.


3. Ingredients Niacinamide untuk Masalah Bekas Jerawat dan Warna Kulit Tidak Merata

Masalah kulit lain yang bikin nggak nyaman dan nggak pede adalah bekas jerawat maupun warna kulit tidak merata.

kulit kusam pakai skincare apa

Kondisi kulit seperti ini biasanya akan membuat wajah kita terlihat kusam dan tidak nyaman. 

Selain bekas jerawat, warna kulit yang tidak merata biasanya disebabkan oleh paparan sinar UV yang memang tidak terlindungi oleh sunscreen.

Karenanya, jangan pernah skip sunscreen ya beauties.

Namun, jika sudah teranjur, dan punya masalah kulit wajah yang tidak merata serta bekas jerawat, beauties bisa memilih skincare dengan ingredients utama Niacinamide.

Niacinamide merupakan salah satu bentuk dari vitamin B3 atau niacin, biasanya dipakai dalam produk perawatan kulit juga suplemen. Karenanya kandungan skincare ini merupakan antioksidan yang ampuh dalam membantu meregenerasi kulit dan sel.

Manfaat kandungan Niacinamide beragam, bisa mengatasi bekas jerawat dan warna kulit tidak merata, melembabkan kulit, mencegah tanda-tanda penuaan, hingga mengendalikan produksi minyak yang bikin kulit makin kusam.

Karenanya, jika beauties punya masalah bekas jerawat dan warna kulit yang tidak merata sehingga jadi kusam, pastikan memilih skincare dengan ingredients Niacinamide. 


4. Ingredients Retinol untuk Masalah Garis Halus di Kulit

Salah satu penyebab utama munculnya garis halus di kulit adalah usia yang bertambah, hal ini normal sih. Namun bisa juga ditunda kemunculannya, bahkan disamarkan dengan pemakaian skincare secara teratur.

Salah satu skincare yang dapat mengatasi masalah munculnya garis halus di kulit adalah yang mengandung retinol.

Retinol merupakan salah satu ingredients aktif dalam skincare, yang dapat memperbaiki tekstur, pigmentasi, serta warna kulit secara lebih baik. 

Selain itu, retinol juga bisa membantu meningkatkan produksi kolagen di kulit, sebagai antioksidan, menekan munculnya pigmentasi hingga mencegah munculnya penuaan dini di kulit.

Singkat kata, jika punya masalah kulit anti aging, skincare dengan ingredients retinol menjadi solusinya.

Akan tetapi, perlu diingat, pemakaian skincare dengan ingredients retinol harus bertahap ya, karena tidak semua kulit cocok dan kuat memakai ingredients ini.


5. Ingredients Ceramide untuk Masalah Skin Barrier

Masalah skin barrier juga banyak dialami para beauties. Masalah kulit ini biasanya ditandai dengan kulit yang kemerahan, terasa gatal, kering dan dehidrasi, sehingga muncul pigmentasi hingga iritasi yang parah.

kulit kemerahan pakai skincare apa

Jika mengalami masalah seperti ini, maka beauties bisa memilih skincare dengan ingredients utama adalah Ceramide.

Ceramide masuk ke dalam jenis asam lemak yang bernama lipid. Kandungan ini terdapat di dalam sel kulit manusia, yang membentuk 50 persen lapisan kulit terluar (epidermis).

Namun, kadang lapisan ini rusak, karena beberapa hal, sehingga butuh asupan ceramide dari luar kulit untuk mengembalikannya.

Jadi, kalau punya masalah kulit berupa skin barrier yang rusak, sebaiknya pilih skincare dengan kandungan utama Ceramide.


Kesimpulan dan Penutup 

Memilih skincare yang cocok untuk kulit kita memang kadang tak mudah. Namun, kita bisa memilih berdasarkan ingredients skincare dan masalah kulit kita.

Seperti, 

  • Salicylic acid untuk masalah kulit wajah yang bruntusan
  • Hyaluronic Acid untuk masalah kulit kering
  • Niacinamide untuk masalah bekas jerawat dan warna kulit tidak merata
  • Retinol untuk masalah garis halus di kulit
  • Ceramide untuk masalah skin barrier

Jadi, tak peduli skincare brand apa, asalkan tahu masalah kulitnya apa, pastikan memilih skincare dengan ingredients utama yang ampuh atasi masalah kulit kita. 

Semoga bermanfaat.


Surabaya, 22 April 2024

Beauty By Rey - Reyne Raea

Sumber: 

  • https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/12-bahan-skincare-yang-efektif-mengatasi-masalah-kulit-wajah diakses 22 April 2024
  • https://www.soco.id/post/beauty/654e16803d638fe8a21c96a6/hero-ingredients-dalam-skincare/ diakses 22 April2024
Gambar : canva dan dokpri