xtracare ionic skincare

Akhir-akhir ini saya sering bete saat melihat pantulan wajah di cermin, wajah kok makin kusam dan muncul beruntusan aja. Apalagi sejak harus rutin antar jemput anak-anak sekolah naik motor, paparan polusi serta perubahan iklim ternyata berpengaruh buruk pada kulit.

Kulit saya keknya butuh self healing nih dibantu Xtracare untuk memulihkan skin barrier yang rusak. 

Karena, Xtracare merupakan produk skincare dengan ionic skincare system pertama di dunia, yang memadukan teknologi Ion Balancing Minerals dengan Intercellular Lamellar Emulsion. Mampu mengembalikan kesehatan kulit secara maksimal.  


Polusi dan Perubahan Iklim, Penyebab Masalah Kulit Masyarakat Indonesia Masa Kini

Salah satu masalah yang dialami masyarakat di perkotaan seperti Surabaya adalah, terpaparnya polusi udara yang tinggi, di mana hal ini tentunya membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh maupun kulit.

Mengutip dari website www.iqair.com, terlihat bagaimana kondisi udara kota Surabaya yang selalu di atas ambang batas tidak sehat.

Bahkan, dalam semingguan ini, terdeteksi 2 hari weekend lalu di mana kondisi udara sangat buruk, di atas 100 AQI US. Tentunya hal ini sangat memperburuk kondisi orang-orang yang kondisi kesehatan tubuh dan kulitnya sensitif.

polusi kota surabaya
Source: https://www.iqair.com/id/indonesia/east-java/surabaya

Dijelaskan juga, polusi udara diperkirakan telah menyebabkan 1,400 kematian di Kota Surabaya sepanjang tahun 2024.

Selain itu, dampak dari perubahan iklim semakin menambah pengaruh buruk pada kesehatan. Terasa banget akhir-akhir ini dari curah hujan yang tak menentu, hingga cuaca yang semakin panas.

Menurut para pakar biologi molekuler dalam International Journal of Molecular Sciences, perubahan iklim dapat merusak skin barrier atau lapisan terluar kulit. Yang mana menjadi pertahanan pertama tubuh sehingga meningkatkan resiko iritasi dan infeksi kulit. 

Kenyataan ini diperkuat dengan temuan para ahli dermatologi dalam British Journal of Dermatology, bahwa paparan polusi di kota-kota besar mempercepat kerusakan skin barrier

Sementara itu, dalam Journal of the European Academy of Dermatology and Venereology, para ahlinya memaparkan bahwa suhu dan kelembapan udara yang terus berubah secara ekstrem dapat memperburuk infeksi serta peradangan kulit seperti eksim.

Secara umum, polusi dan perubahan iklim ini membawa dampak yang negatif untuk kesehatan kulit, di antaranya:

dampak polusi bagi kulit


1. Terjadinya iritasi pada kulit

Asap kendaraan, debu maupun asap rokok yang menyebabkan polusi udara, dapat menimbulkan iritasi pada kulit. Hal ini ditandai dengan kulit yang terasa gatal, bersisik, kemerahan hingga terasa perih.

Dampak iritasi ini bisa terjadi dalam kategori ringan hingga parah yang dapat mengganggu aktifitas keseharian kita. Terutama bagi orang yang memang punya kulit sensitif dan riwayat alergi pada kulit.


2. Terjadinya alergi kulit

Selain iritasi, dampak polusi juga bisa mengakibatkan terjadinya alergi pada kulit. Biasanya ditandai dengan gejala munculnya ruam hingga bentol di kulit, terasa gatal, hingga kulit kering.

Hal ini sering terjadi pada orang yang punya riwayat alergi atau eksim dan terpapar salah satu faktor pencetusnya, misal paparan polusi dan dampak perubahan iklim yang semakin ekstrim.


3. Sering berjerawat

Sebuah riset menyebutkan bahwa paparan polusi yang berlebihan juga bisa mengakibatkan kulit jadi kusam dan menghasilkan banyak sebum. 

Saat jumlah sebum meningkat, kulit wajah menjadi terlalu oily, lalu muncul komedo dan jerawat yang mengganggu.


4. Penuaan dini pada kulit

Paparan polusi berlebihan juga bisa mengakibatkan penuaan dini pada kulit. Di tambah dengan paparan sinar UV yang berlebihan, bikin kulit jadi menua dan tampak kering, keriput maupun kusam. 


5. Mengakibatkan kanker kulit

Dampak negatif polusi pada kulit juga bisa mengakibatkan meningkatkan risiko terkena kanker kulit. Hal ini dikarenakan, udara yang tercemar mengandung banyak zat berbahaya, termasuk berbagai jenis racun yang memiliki sifat karsinogenik.


Fakta Menarik Tentang Self Healing Kulit Dibantu Keajaiban Alam Dengan Calsium dan Magnesium

Tahu nggak, ternyata kulit bisa loh melakukan self healing untuk mengembalikan kondisi kulit yang sehat. Meski demikian, tentu saja membutuhkan bantuan untuk mempercepat masa penyembuhannya.

Di antaranya ada Calsium dan Magnesium, 2 hal menakjubkan dari alam, yang dapat membantu penyembuhan kulit secara aman.


Mengenal keajaiban Calsium (Ca) untuk kulit

Kalsium merupakan mikronutrien penting yang dibutuhkan tubuh agar tetap kuat dan sehat. Bukan hanya menjaga kesehatan tulang dan gigi, ternyata zat ini juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. 

Mayoritas kalsium hidup di epidermis (lapisan terluar kulit ), dan berperan terhadap perkembangan dan pergantian sel kulit yang tepat. Memperbaiki sel-sel kulit dengan cepat, sehingga bikin kulit tampak muda, kencang, dan sehat, karena sel-sel kulit mati digantikan dengan yang baru. 

Kalsium juga menjadi pelindung kulit yang melindungi dari sinar UV yang berbahaya. Tentunya hal ini membantu kurangi risiko kanker kulit, dan menjadikan kalsium sebagai hal penting dalam menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

Sayangnya, seiring bertambahnya usia, produksi alami sel-sel kulit baru ini, dan kalsium yang mendukung pembentukannya, melambat, menyebabkan kerutan dan kendur, serta penuaan kulit


Mengenal keajaiban Magnesium (Mg) untuk kulit

Magnesium merupakan mineral paling umum keempat di tubuh manusia dan berperan membuat tubuh tetap berfungsi dengan baik. Magnesium mengatur berbagai fungsi dalam tubuh, seperti fungsi otot dan saraf, kadar gula darah, tekanan darah, dan struktur protein, tulang, dan DNA.

Selain itu, magnesium juga punya manfaat bagi kulit, di antaranya:

  • Bantu kurangi iritasi kulit, sebuah penelitian menunjukkan bahwa larutan topikal magnesium 2% efektif mengurangi dermatitis popok, sehingga berpotensi mengobati jenis dermatitis lainnya. Dan digunakan dalam produk perawatan kulit untuk merawat kulit sensitif atau meradang. 
  • Memperkuat skin barrier, sebuah penelitian menyebutkan bahwa magnesium dapat meningkatkan hidrasi kulit, memperkuat skin barrier, dan mengurangi radang pada kulit kering atopik.
  • Melembabkan kulit, Magnesium terbukti efektif menghidrasi kulit, memberikan kelembapan dan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit. 


Xtracare Ionic Skincare System Pertama di Dunia Bantu Kulit Self Healing

Fakta dari poin-poin di atas, yang dikelola oleh Interbat Aesthetic, yang merupakan divisi dari Interbat yang berfokus pada perawatan dermatologis, untuk meluncurkan rangkaian produk skincare pertamanya, dengan nama XTRACARE.

ionic skincare system pertama di dunia


Blogger Gathering Bersama Xtracare dengan Tema 'Nature's Untold Story: The Science Behind Ca & Mg Ions For Skin Restoration'

nature's untold story: the science behind ca & mg ions for skin restoration

Sabtu 15 Juni 2024 lalu, saya berkesempatan menghadiri acara media dan blogger gathering bersama Xtracare di JW Marriot Hotel Surabaya.

Acara ini mengusung tema 'Nature's Untold Story: The Science Behind Ca & Mg Ions For Skin Restoration'.

media dan blogger gathering bersama xtracare

Dalam acara ini hadir 4 pembicara di antaranya:

  1. dr. Gloria Novelita, SP.DVE, FINSDV
  2. dr. Stanley Setiawan, Sp.DVE., FINSDV, FAADV
  3. Olivia Subaya, Product Manager PT. Interbat
  4. dr. Edmon Sebastian, Business Unit Head Interbat Aesthetics

Sebagai pembuka, dr. Edmon Sebastian, selaku Business Unit Head Interbat Aesthetics, memberikan sambutan penjelasan tentang latar belakang lahirnya Xtracare,

"Pertumbuhan industri kosmetika Indonesia terus meningkat secara fenomenal. Banyak sekali produk kosmetika yang ditujukan untuk fungsi mempercantik. Namun, belum banyak produsen yang secara aktif berperan dalam upaya peningkatan kesehatan kulit secara menyeluruh. Fokus kami di Interbat Aesthetic adalah kesehatan kulit, karena kami percaya bahwa kecantikan dan rasa percaya diri dapat dimulai dari kulit yang sehat. Xtracare adalah rangkaian produk skincare pertama dari Interbat Aesthetic yang pastinya sudah teruji klinis dan mampu memperbaiki skin barrier dan mengembalikan fungsi kulit yang rusak.” ungkapnya.

dr edmon sebastian

Lebih lanjut, dr. Edmon Sebastian menambahkan,

"Salah satu masalah utama kulit di Indonesia adalah paparan polusi yang tinggi. Paparan polusi ini dapat mempengaruhi keseimbangan ion kalsium dan magnesium pada kulit, sehingga kulit terlihat kusam, sensitif dan skin barriernya terganggu. Masalah dasar ini dapat diperbaiki dengan penggunaan Xtracare. Formulasi Xtracare dengan kombinasi Ion Balancing Minerals dan Intercellular Lamellar Emulsion adalah hasil kerjasama Interbat dengan dr. MyungJin Lee, Ph.D, ekspert biomedis terkemuka asal Korea yang berpengalaman lebih dari 30 tahun di bidang skincare. Kami kemudian mengadakan sejumlah riset, bekerjasama dengan Departemen Dermatologi Korea University Medical School dan Daejeon BioVenture Technopark untuk bisa menghadirkan Ionic Skincare System pertama di dunia ini. Meski teknologi yang digunakan sangat mutakhir, namun bahan-bahan aktifnya diekstraksi dari tumbuh-tumbuhan serta mineral alam, sehingga aman bahkan untuk kulit yang rentan dan sensitif."

dr. Stanley Setiawan, Sp.DVE., FINSDV, FAADV, lalu memberikan penjelasannya tentang dampak polusi dan perubahan iklim yang merusak kulit.

"Masyarakat awam juga semakin sadar bahwa polusi dan perubahan iklim dapat mempengaruhi kecantikan dan penampilan mereka." jelasnya.

dr stanley setiawan

Selanjutnya ditambahkan,

"Sisi positifnya, minat masyarakat Indonesia terhadap perawatan kulit atau skincare semakin meningkat. Tapi hal ini harus diimbangi dengan pemahaman bahwa kecantikan dan penampilan itu berawal dari kulit yang sehat." 

Menurutnya, minat masyarakat Indonesia terhadap skincare ditandai dengan tingginya demand terhadap produk serta prosedur perawatan kulit berbasis teknologi asal Korea. 

dr gloria novelita

Seiring dengan terus meningkatnya minat masyarakat terhadap budaya pop Korea serta para bintangnya, bahkan kini telah menjadi standar kecantikan di Asia. 

"Satu inovasi teknologi Korea yang saya lihat mampu menjawab kebutuhan itu adalah Ion Balancing Minerals." sambung dr. Stanley. 

"Ini terobosan baru yang sangat penting, karena sebenarnya, skin barrier di kulit manusia itu bisa melakukan self-healing ketika diberi perlakuan yang tepat." lanjutnya.

"Saat dikombinasikan dengan Intercellular Lamellar Emulsion–formulasi dengan konsentrasi ceramide, kolesterol, dan asam lemak yang sangat spesifik dan menyerupai struktur kulit manusia, sel kulit akan terangsang untuk membentuk kolagen dan memperbaiki jaringan yang rusak ataupun mengalami penuaan." jelas dr. Stanley. 

"Yang terpenting, kedua teknologi Korea ini telah teruji klinis dan hasil penelitiannya telah dipublikasikan di seluruh dunia, sehingga sebagai dermatolog, saya tidak ragu untuk merekomendasikannya sebagai perawatan paska prosedur kosmetik yang invasif, ataupun saat kulit sedang sangat rentan dan memerlukan pemulihan mendalam." tegasnya.

olivia subaya

Olivia Subaya menjelaskan tentang produk Xtracare,  

"Xtracare terdiri dari 2 rangkaian kategori yaitu Xtrabarrier dan Xtrawhite. Masing-masing kategori memiliki rangkaian produk yang lengkap seperti cleanser, booster, serum, dan lainnya. Xtracare akan segera tersedia secara terbatas di klinik-klinik dermatologi terkemuka. Kami berharap masyarakat Indonesia dapat segera merasakan manfaat dari inovasi ini."jelasnya.

"Sejak Xtracare rilis di Indonesia bulan Maret lalu, sudah ada hero product yang dijagokan oleh para konsumen. Produk unggulan pertama adalah Xtracare Ionic Rejuvenating Essence, yang dikemas dalam wadah inovatif sehingga tidak memiliki risiko produk tercemar atau terkontaminasi udara atau paparan matahari, sehingga keamanan produk dan kebersihannyapun terjamin. Kinerja kandungannya efektif menyegarkan kulit, mengembalikan kesehatan kulit dari dalam serta merangsang produksi kolagen untuk memperbaiki tekstur kulit. Produk unggulan kedua adalah Xtracare Hydrating Lotion dengan formula yang ringan, menyerap dengan cepat, namun bisa menjaga kelembaban kulit hingga 8 jam sejak pemakaian. Ideal untuk kulit yang halus, kering ataupun stress," tutup Olivia.


Keunggulan Xtracare Skincare

Ion Balancing Minerals merupakan teknologi pertama di dunia yang berhasil menggunakan ion dari mineral alam kalsium dan magnesium dalam formulasi skincare yang stabil. 

keunggulan xtracare xtrabarrier

Sementara ion adalah molekul bermuatan listrik yang terdapat di alam termasuk sel tubuh manusia. Ketidakseimbangan ion dalam sel tubuh, bisa menyebabkan berbagai permasalahan seperti meningkatnya radikal bebas hingga peradangan. 

Dengan kadar ion yang seimbang, kalsium dan magnesium akan membantu sel kulit untuk self-healing dan memperkuat skin barrier, mengunci kelembaban, dan melindungi kulit dari bakteri penyebab infeksi dan jerawat.

keunggulan xtracare xtrawhite

Xtracare mempunyai beberapa keunggulan di antaranya:

  • Telah teruji secara klinis, Xtracare merupakan rangkaian produk skincare pertama dari Interbat Aesthetic, sudah teruji klinis dan mampu memperbaiki skin barrier dan mengembalikan fungsi kulit yang rusak.
  • Diciptakan oleh expert, Xtracare adalah kombinasi Ion Balancing Minerals dan Intercellular Lamellar Emulsion yang merupakan hasil kerjasama Interbat dengan dr. MyungJin Lee, Ph.D, ekspert biomedis terkemuka asal Korea yang berpengalaman lebih dari 30 tahun di bidang skincare.
  • Menggunakan bahan alami, Xtracare menggunakan bahan-bahan aktif yang diekstraksi dari tumbuh-tumbuhan serta mineral alam, sehingga aman bahkan untuk kulit yang rentan dan sensitif.
  • Merupakan ionic skincare system pertama di dunia, yang mampu membantu self healing kulit agar kembali sehat


Review Xtracare Skincare

Xtracare hadir dalam dua rangkaian produk yaitu:


1. Xtrabarrier

Rangkaian Xtrabarrier ini diformulasikan untuk memperbaiki dan memperkuat skin barrier, mengurangi kemerahan pada kulit, cocok untuk kulit kering, sensitif, dan mudah iritasi. 

xtrabarrier

Terdiri dari :

  • Ionic Gentle Cleanser, mengandung Ion Balancing Minerals dan Jeju Centella Asiatica, berfungsi untuk membersihkan wajah secara lembut dan mengurangi kemerahan. Produk ini dikemas dalam packaging berbentuk tube yang berwarna putih dengan sentuhan biru. 
  • Ionic Regenerating Booster, mengandung Ion Balancing Minerals dan Hyaluronic Acid, berfungsi untuk melembabkan kulit secara instan dan mengurangi kemerahan. Produk ini dikemas dalam packaging berbentuk botol kaca mungil yang berwarna putih dengan sentuhan biru, dengan pipet di bagian penutupnya.
  • Ionic Nourishing Cream, mengandung Ion Balancing Minerals dan Vegan Ceramides, berfungsi untuk menambah kelembapan kulit dan mengurangi kemerahan. Produk ini dikemas dalam packaging berbentuk jar kaca yang berwarna putih dengan sentuhan biru.
  • Ionic Rejuvenating Essence, mengandung Ion Balancing Minerals dan Madecassoside, berfungsi untuk mengembalikan skin barrier dan mengurangi kemerahan. Produk ini dikemas dalam packaging berbentuk tube mungil yang berwarna putih dengan sentuhan biru, dengan sentuhan unik di bagian penutupnya sebagai tempat keluarnya produk.
  • Ionic Hydrating Lotion, mengandung Ion Balancing Minerals dan Vegan Ceramides, berfungsi untuk menambah kelembapan kulit di seluruh tubuh dan mengurangi kemerahan. Produk ini dikemas dalam packaging berbentuk tube yang berwarna putih dengan sentuhan biru. 

2. Xtrawhite

Rangkaian Xtrawhite diformulasikan untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit, cocok untuk mengatasi kulit kusam, hiperpigmentasi, dan bekas jerawat.

xtrawhite

Terdiri dari :

  • Ionic Brightening Cleanser, mengandung Ion Balancing Minerals dan Phyto-Lightening Complex, berfungsi untuk menghilangkan kotoran di wajah dan mencerahkan kulit kusam. Produk ini dikemas dalam packaging berbentuk tube yang berwarna putih dengan sentuhan abu-abu. 
  • Ionic Radiance Serum, mengandung Ion Balancing Minerals dan Phyto-Lightening Complex, berfungsi untuk merangsang dan meregenerasi kulitt wajah. Produk ini dikemas dalam packaging berbentuk botol kaca ramping yang berwarna putih dengan sentuhan abu-abu.
  • Ionic Glow Cream, mengandung Ion Balancing Minerals dan Phyto-Lightening Complex, berfungsi untuk menutrisi dan mencerahkan kulit kusam. Produk ini dikemas dalam packaging berbentuk jar kaca yang berwarna putih dengan sentuhan abu-abu.
  • Ionic Refining Toner, mengandung Ion Balancing Minerals dan Phyto-Lightening Complex, berfungsi untuk menghaluskan dan menghidrasi kulit. Produk ini dikemas dalam packaging berbentuk botol plastik yang berwarna putih dengan sentuhan abu-abu, dan ada spray di bagian atasnya.
  • Ionic Mineral Sunscreen, mengandung Ion Balancing Minerals dan Phyto-Lightening Complex, berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar UV dengan tekstur yang ringan, tidak berwarna, dan tahan air. Produk ini dikemas dalam packaging berbentuk tube yang berwarna putih dengan sentuhan abu-abu. 


Tentang Interbat

Interbat telah ada sejak tahun 1948, dan berkembang menjadi salah satu perusahaan farmasi terkemuka di Indonesia. Hingga kini, dan telah memproduksi lebih dari 270 jenis obat dan suplemen kesehatan dengan mengacu pada Good Manufacturing Practices (GMP) yang memenuhi standar lokal dan internasional. 

Dalam satu dekade terakhir, Interbat selalu berada di peringkat lima besar produsen farmasi Indonesia. Dan tentunya dan akan terus berupaya untuk menyediakan barang dan solusi yang mendukung kualitas hidup masyarakat Indonesia.

Tidak pernah berhenti berkomitmen untuk membuat perbedaan dalam kehidupan masyarakat Indonesia melalui produksi obat-obatan dengan kualitas terbaik untuk hari esok yang lebih sehat dan bahagia. Selengkapnya baca di website www.interbat.co.id

Melengkapi kesuksesannya, Interbat menciptakan Interbat Aesthetic yang berfokus pada perawatan dermatologis. Dan kali ini meluncurkan rangkaian produk skincare pertamanya, dengan brand Xtracare


Beli Xtracare Skincare di mana?

Kesemua produk dari Xtracare sudah bisa didapatkan di beberapa kota besar di Indonesia, selengkapnya klik link : https://linktr.ee/xtracare_indonesia untuk mendapatkan informasi ketersediaan produk di setiap kota.

Nah beauties, sudah siap merasakan Xperience Xtracare from Ionic System to Healthy Skin?


Surabaya, 19 Juni 2024

Sumber referensi: 

  • Pengalaman pribadi
  • Blogger Gathering Bersama Xtracare dengan Tema 'Nature's Untold Story: The Science Behind Ca & Mg Ions For Skin Restoration' 15 Mei 2024
  • Instagram : @xtracare_indonesia
  • https://www.alodokter.com/sadari-efek-polusi-bagi-kulit diakses 19 Juni 2024
  • https://www.iqair.com/id/indonesia/east-java/surabaya diakses 19 Juni 2024
  • https://curology.com/blog/what-are-the-benefits-of-magnesium-for-the-skin/  diakses 19 Juni 2024
  • https://uscriptives.com/blogs/calcium-benefits-for-skin/ diakses 19 Juni 2024

Gambar : Canva dan dokpri