Review SKINTIFIC 5x Ceramide Soothing Toner

Skin barrier rusak adalah sebuah hal yang penting untuk diperhatikan, karena skin barrier adalah garda terdepan dari kulit kita, yang menjadi pelindung dari lapisan kulit lainnya, juga berfungsi untuk melindungi kulit dari hal-hal yang buruk dari luar.

Namun jangan khawatir, ada SKINTIFIC 5x Ceramide Soothing Toner yang ampuh banget dalam mengatasi dan memperbaiki masalah skin barrier yang terlanjur rusak, atau juga melindungi skin barrier agar nggak rusak.

Toner ini tuh merupakan pasangan yang serasi banget buat SKINTIFIC 5X Ceramide Barrier Repair Moisture Gel, yang memang bertujuan untuk melindungi dan memperbaiki skin barrier.

Seperti yang saya ceritakan di postingan sebelumnya, bagaimana awal mula saya mencoba produk SKINTIFIC ini, yaitu karena penasaran banget dengan review positif para beauty enthusiast di TikTok, dan memang sih produk SKINTIFIC itu viral banget di aplikasi tersebut.

Kebetulan banget kan, saya tuh mulai merasa ada yang salah dengan kulit saya, terutama di bagian pipi, sometimes saya merasa kok kayak gatal gitu.

Akhirnya setelah saya membaca dan mempelajari tentang skin barrier, dan tanda-tanda skin barrier rusak, jadinya saya ngeh, kayaknya sih emang kulit wajah saya, terutama di bagian pipi, sedang mengalami kerusakan pada skin barrier-nya, lantaran gonta ganti skin care terooosss.

Mengenai tanda-tanda skin barrier rusak dan penyebabnya, beauties bisa cari tahu di postingan saya tentang skin barrier ya.


Cara Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak


Nah, kalau skin barrier kulit kita udah terlanjur rusak, terus gimana dong?
Ya harus diatasi dengan baik atuh, biar nggak makin rusak, dan berdampak terlalu serius.

SKINTIFIC 5x Ceramide Soothing Toner

Di postingan saya tentang skin barrier beberapa waktu lalu, sudah dijelaskan beberapa cara, yaitu:
  • Mencari tahu akar masalah dari penyebab terjadinya skin barrier rusak, kalau di masalah saya sih kayaknya ada beberapa penyebab, yaitu suka gonta ganti skincare dan terlalu sering cuci muka memakai facial wash atau sejenisnya. So, setelah mengetahui penyebabnya saya jadi tahu harus gimana biar skin barrier nggak makin rusak. 
  • Back to basic skincare, karena salah satu penyebab skin barrier rusak ya karena kebanyakan pakai skin care, dan itu si Rey banget dah, hahaha.  
  • Mengurangi atau membatasi frekuensi cuci muka, saya dapat tips dari dokter kecantikan, bahwa ternyata cuci muka pakai sabun itu, cukup 2 kali saja, biar kulitnya nggak kering dan rusak. 
  • Menghentikan eksfoliasi untuk sementara waktu, agar kulit tidak terus menerus dikikis oleh skincare yang bikin makin rusak.
  • Berhenti mencoba skincare baru, agar kulit bisa lebih bernafas dengan lega, dan dikasih gempuran skincare yang gonta ganti mulu.
  • Gunakan toner, serum dan moisturizer untuk skin barrier, nah ini kuncinya, agar skin barrier lekas membaik dan jadi lebih terlindungi, harus pakai skincare khusus yang bagus untuk skin barrier.
Nah, selain kembali ke basic skincare, hal penting yang harus kita lakukan adalah, memilih skincare yang mengandung bahan-bahan yang baik untuk memperbaiki skin barrier, seperti:
  • Ceramides, di mana kandungan ini sangat baik sebagai pembentuk skin barrier. 
  • Niacinamide, kandungan ini bermanfaat untuk mencerahkan dan menyamarkan flek hitam, juga sangat baik dalam memperkuat skin barrier, karena dapat meningkatkan kadar Ceramides pada kulit.
  • Calendula, Centella Asiatica, Aloe Vera, kandungan ini sangat baik untuk  menenangkan kulit yang sedang iritasi.
  • Hyaluronic Acid, Glycerin, Beta-glucan, yaitu kandungan yang dapat melembabkan kulit.
  • Squalane, Linoleic Acid, Shea Butter, Jojoba Oil, Sweet Almond Oil, kandungan yang menjaga agar kelembapan tidak menguap dari kulit.
Nah, pas banget deh, ketika melihat SKINTIFIC 5x Ceramide Soothing Toner, di mana kandungan utamanya tuh 5x Ceramides!


Review SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask


Keterangan Produk

  • Nama produk : SKINTIFIC 5x Ceramide Soothing Toner
  • Di formulasikan di : Canada
  • Isi :  80 ml
  • Harga :  Rp. 169.000
  • Rekomendasi untuk jenis kulit : semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif
  • Penggunaan : pagi dan malam hari 
  • Keterangan lain : No Paraben, No Alcohol, No Mineral Oil, No Colorant dan Vegan Friendly serta Cruelty Free


Klaim / Manfaat


SKINTIFIC 5x Ceramide Soothing Toner merupakan toner yang mengandung banyak Ceramide, yang telah terbukti mampu membantu memperbaiki skin barrier, karena memiliki efek menenangkan kulit. 

SKINTIFIC 5x Ceramide Soothing Toner review

Toner ini juga diperkaya dengan Probiotik dan Calendula, yang bekerja sama untuk memperkuat pelindung kulit dari lingkungan luar, serta ampuh menenangkan kulit sensitif yang memerah. Dan juga dapat menstabilkan mikrobioma kulit agar selalu sehat setiap saat.

Secara umum, manfaat dari SKINTIFIC 5x Ceramide Soothing Toner ini adalah:
  • Memperbaiki skin barrier
  • Meredakan kemerahan pada kulit
  • Menstabilkan mikrobioma kulit


Ingredients


Adapun full ingredients dari SKINTIFIC 5x Ceramide Soothing Toner ini adalah:
"Aqua, Butylene Glycol, Pentylene Glycol, Glyserine, Methyl Gluceth 20, Bifida Ferment Lysate, Hydrolyzed Sodium Hyaluronate, Centella Asiatica Extract, Dipotassium Glycyrrhizate, Ethylhexylglycerin, Ceramide Ns/ceramide Ng, Ceramide Ap, Ceramide As, Ceramide Np, Ceramide Eop, Laminaria Digitata Extract, Sodium Acetylated Hyaluronate, Sodium Hyaluronate, Sodium Hyaluronate Crosspolymer, Tremella Fuciformis Sporocarp Extract, Calendula Officinalis Extract, Inulin, Alpha- Glucan, Oligosachharide, Ectoin, Collagen, Cholesterol, 1,2 Hexanediol, Sorbitol, Cetyl-Pg Hydroxyethyl Palmitamide, Hydrogenated Lecithin, Hydroxyacetophenone
 
SKINTIFIC 5x Ceramide Soothing Toner ini mengandung  hero ingredients yaitu:
  • Diformulasikan menggunakan teknologi 5X Ceramides, di mana Ceramide dapat meniru struktur penghalang kulit, melembabkan dan memperkuat kulit secara mendalam dengan menggabungkan 5 jenis Ceramides, yaitu: Ceramide NP, Ceramide NS, Ceramide AS, Ceramide EOP, Ceramide AP.
  • Kompleks Probiotik yang membantu menstabilkan mikrobioma alami pada kulit manusia, menjaga penghalang tetap kuat, pH seimbang, sehingga terbebas dari kulit sensitif dan kering.
  • Calendula, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri alami , dan membantu menenangkan kulit yang meradang, meningkatkan produksi kolagen serta membuat kulit bersinar dan terhidrasi dengan baik.


Packaging


SKINTIFIC 5x Ceramide Soothing Toner ini dikemas dalam sebuah botol plastik tebal dan kokoh berwarna biru bening sehingga isinya terlihat jelas, seperti kemasan lainnya, botol toner SKINTIFIC ini hanya ditempelin sebuah stiker berwarna putih yang berisi tulisan keterangan nama produk, key atau hero ingredients, hingga manfaatnya. 

SKINTIFIC 5x Ceramide Soothing Toner review

Di bagian bawah botol ada tanggal expired, dan nomor LOT.
Botol ini dilengkapi dengan tutup botol berwarna biru muda yang cantik dan dibuka dengan cara diputar. Ketika tutupnya dibuka, terlihat di bagian dalam terdapat pelindung dari plastik yang menutup lubang kemasan, berfungsi agar isi produk nggak mudah tumpah.
 
SKINTIFIC 5x Ceramide Soothing Toner review

Botol biru cantiknya ini, dikemas lagi dalam sebuah dus persegi berwarna biru muda, dan di kemasan dus ini, terdapat banyak banget keterangan produk dalam bahasa Inggris dan ada tambahan kertas berbahasa Indonesia.

SKINTIFIC 5x Ceramide Soothing Toner review

Mulai dari nama produk, hero ingredients, ingredients lengkap, cara pemakaian, perhatian pemakaian, keterangan produk dan lain sebagainya.

Oh ya, kemasan dus ini begitu kokoh dan nggak mudah penyok, karena di dalamnya diberi lapisan kertas kardus tambahan, serta kardusnya pun dibungkus dengan plastik sehingga aman dan higienis.

Over all, secara penampakan sih, warnanya sama dengan kemasan SKINTIFIC 5x Ceramide Barrier Repair Gel. 


Tekstur dan Aroma


Tekstur dari SKINTIFIC 5x Ceramide Soothing Toner ini adalah cair seperti air dan berwarna bening, sehingga mudah banget menyerap di kulit dan nggak ada lengket sama sekali.


Aromanya pun sama sekali nggak kecium, jujur ini sih kayak air beneran sih, hanya saja ketika dioleskan ke wajah terasa ada sensasi menenangkan gitu di kulit.
 
 

Cara Pemakaian


Adapun cara pemakaian SKINTIFIC 5x Ceramide Soothing Toner ini simple seperti pemakaian toner umumnya, yaitu: 

Skin Barrier Rusak? Tenang, Ada SKINTIFIC 5x Ceramide Soothing Toner
  1. Tuang beberapa tetes cairan toner ke tangan yang bersih, lalu oleskan ke area wajah dan leher baik dengan menggunakan tangan maupun kapas, saya sih lebih sering pakai tangan dan ditepuk-tepuk ke wajah, dan digunakan sebagai tahap awal pemakaian skincare, sebelum mengoleskan skincare lainnya.
  2. Untuk hasil yang optimal, gunakan pada pagi dan malam hari.
  3. Untuk penggunaan siang hari, jangan lupa oleskan sunscreen atau tabir surya, pada langkah terakhir rutinitas skincare.


My First Impression


Pertama kali mencoba SKINTIFIC 5x Ceramide Soothing Toner ini, kaget sih karena teksturnya yang mirip air banget, mungkin juga karena ini pertama kali saya coba soothing toner kali ya, jadi jujur baru pertama kali saya pakai toner dengan tekstur super ringan kayak air banget.

Dan karena itu, ketika dioleskan ke wajah, seketika cairannya meresap ke dalam kulit, dan tanpa meninggalkan bekas lengket sama sekali.
Saat pertama kali dioleskan terasa banget ada sensasi calming di kulit, dan jadinya adem aja mukanya.

Meski jenisnya soothing toner, tapi efek melembabkan di kulit saya kerasa banget sih, enak aja di muka, cocok banget dipakai dengan SKINTIFIC 5x Ceramide Barrier Repair Gel, yang juga memang ringan banget di wajah.

Dan aromanya juga sama sekali nggak ada ya, pokoknya kayak air deh, tapi air yang melembabkan dan bikin kulit terasa calm aja.


Beli di mana?


Seperti yang saya tuliskan di postingan lainnya tentang produk SKINTIFIC, di mana beauties bisa membeli semua produk SKINTIFIC termasuk soothing toner  ini, melalui online shop di beberapa e-commerce, seperti di Shopee, Tokopedia, Lazada bahkan Sociolla.

Jangan lupa cek bio akun instagramnya @skintificid untuk mengetahui link lengkap pembelian produknya ya.


Kelebihan SKINTIFIC 5x Ceramide Soothing Toner

  • Cocok dan suka banget sama toner ini, di kulit saya, klaimnya bekerja dengan baik, kulit wajah saya terasa lebih adem, nyaman dan lembab, nggak kerasa gatal-gatal lagi kayak biasanya.
  • Teksturnya kayak air banget, cair dan cepat meresap tanpa ada rasa lengket sama sekali, tapi efek calmingnya kerasa banget di kulit.
  • Kemasannya praktis, untuk ukuran 80 ml ini, masih masuk travel friendly sih ya, masih muat diselipin di tas.
  • Sejak awal pemakaian, hingga hampir 3 mingguan ini, sama sekali nggak ada efek negatif di kulit saya.
  • No Paraben, No Alcohol, No Mineral Oil, No Colorant dan Vegan Friendly serta Cruelty Free,
  • sehingga aman dipakai untuk semua jenis kulit, bahkan untuk kulit sensitif sekalipun.
  • Sudah terdaftar BPOM
 

Kekurangan SKINTIFIC 5x Ceramide Soothing Toner

Sejujurnya saya belum menemukan kekurangan soothing toner ini, dengan khasiat yang saya dapatkan, rasanya toner ini favorit sih buat saya.


Repurchase?


Untuk masalah skin barrier rusak? harus banget YES dong!
Karena toner ini benar-benar melengkapi moisturizer gel maupun serumnya, untuk mendapatkan skin barrier yang kuat dan terlindungi.


Kesimpulan Review SKINTIFIC 5x Ceramide Soothing Toner


Hingga saat ini, saya sudah mencoba produk ini rutin selama hampir 3 mingguan, dan saya pakai setiap pagi dan malam hari, beserta SKINTIFIC 5x Ceramide Barrier Repair Gel.

Skin Barrier Rusak? Tenang, Ada SKINTIFIC 5x Ceramide Soothing Toner

Dan dari pemakaian, begini hasil dari klaim dan manfaat produk ini yang saya rasakan:
  • Memperbaiki skin barrier --> Yes, terasa banget dengan berkurangnya bahkan menghilangnya rasa gatal di bagian pipi saya, tekstur kulit pipi saya pun membaik, dan kulit jadi terasa nyaman, terutama ketika setelah pemakaian toner ini.
  • Meredakan kemerahan pada kulit --> belum pernah ngalamin sih, tapi merasakan efek calm-nya, saya pikir ini bisa banget meredakan kemerahan di kulit wajah.
  • Menstabilkan mikrobioma kulit --> bisa terasa dari kulit wajah yang makin sehat dan lembab.

Over all, dari pengalaman saya, bisa disimpulkan bahwa SKINTIFIC 5x Ceramide Soothing Toner ini recomended untuk dicoba, khususnya bagi beauties yang mengalami skin barrier yang rusak.

Karena tau kan bagaimana pentingnya skin barrier buat kulit?
Jangan sampai dibiarkan kerusakan terus terjadi ya beauties, dan jangan lupa juga memperkuat skin barrier agar kulit senantiasa sehat, dengan SKINTIFIC 5x Ceramide Soothing Toner.

Ada yang sudah pernah cobain?
 
Sidoarjo, 01 September 2022

Sumber: 
  • Pengalaman pribadi
  • https://skintificcanada.com/
Gambar: dokumen pribadi