Review VJATRE, Wajah Glowing dengan Skincare Ramah Lingkungan

Skincare ramah lingkungan, belakang ini ramai digandrungi para beauty enthusiast.
Senang sih ya, karena mamin banyak yang peduli akan keberlangsungan lingkungan dan mencintai alam.
Dan para produsen skincare merespon hal tersebut dengan menciptakan skincare yang nggak cuman bikin kita bisa merawat kulit agar tetap sehat, tapi juga bisa sekaligus merawat alam dengan baik.

Dan di Beauty By Rey kali ini, saya akan berbagi pengalaman dan review saya, menggunakan salah satu skincare yang nggak cuman terbuat dari bahan alami, sehingga aman dan cocok untuk semua jenis kulit.
Pun juga punya konsep gaya hidup ramah lingkungan dan berkelanjutan, yaitu Vjatre.

Ceritanya, beberapa hari lalu, saya main ke Trans Icon, mall baru yang berada di jalan Ahmad Yani Surabaya, dan sebagai skincare addict, tentu saja saya tidak melewatkan keluyuran di Female Daily Studio yang ada di mall tersebut.

Female Daily Studio Trans Icon Surabaya

Dan singkat cerita, saya ketemu deh sama skincare ini, yang unik banget, karena temanya skincare alami yang peduli lingkungan.


Tentang VJATRE

Ada yang belum kenal Vjatre?
Baiklah, saya juga barusan kenal kok, hahaha.

Beli Vjatre di Female Daily Studio Trans Icon Surabaya

Vjatre merupakan salah satu brand skincare asli Indonesia, yang baru aja hadir dengan konsepnya yang menarik yaitu 'Rawat Cantik Diri, Sembari Rawat Sehatnya Bumi'.

Vjatre hadir dengan melihat kenyataan, bahwa gaya hidup ramah lingkungan dan berkelanjutan yang bisa diterapkan dalam perawatan kecantikan. Di mana, para wanita bukan hanya mempercantik dirinya, tapi juga tetap memperdulikan kondisi lingkungan sekitarnya. 

Hal ini disebut konsep sustainable beautyyang diusung Vjatre dalam membuktikan bahwa ada banyak cara untuk menerapkan konsep sustainable beauty sebagai langkah kecil untuk bumi yang lebih sehat. Di antaranya adalah, dengan memilih menggunakan produk-produk dari merek yang ramah lingkungan.


Semakin hari kita bisa melihat apa yang terjadi akhir-akhir ini ya, musim hujan yang tak beraturan lagi seperti dulu, banyak musibah di mana-mana, banjir, tanah longsor dan semacamnya, yang mencerminkan bahwa umur bumi semakin tua dan makin banyak toksin di dalamnya. 

Karenanya, demi membantu memelihara dan mencintai Bumi, Vjatre menghadirkan produk Skincare yang ramah lingkungan. 

Dengan Natural Premium Hero Ingredient, dapat menjadi pilihan yang tepat untuk bisa digunakan sehari-hari, serta wangi rempahnya yang khas, memberikan rasa nyaman dan aman untuk dipakai dalam jangka panjang

Vjatre punya 2 jenis skincare, sebagai langkah awal, yaitu Vjatre Ultimate Moisturizer dan Vjatre Moisturizing Cleanser.


Review VJATRE Moisturizing Cleanser

Keterangan produk VJATRE Moisturizing Cleanser
  • Nama produk : VJATRE Moisturizing Cleanser
  • Produksi :  PT Nose Herbal Indo
  • Distributor : Bayaa Mandiri Internasional
  • BPOM : NA18221202229 
  • Isi : 100 ml
  • Harga :  Rp. 380.000 (saya beli di Female Daily Studio)
  • Rekomendasi untuk jenis kulit : Aman untuk semua jenis kulit, dan bisa digunakan mulai usia 12-45 tahun.
  • Penggunaan : Setiap pagi dan malam hari
  • Lainnya : Free SLS, Free Paraben, Free silicon, No Added Fragrance, Not Tested on Animals, Irritant Tested, BPOM & Halal registered, dermatology tested dan safe for Pregnancy and Breastfeeding.
harga VJATRE Moisturizing Cleanser


Klaim / Manfaat

VJATRE Moisturizing Cleanser merupakan pembersih wajah, yang mana tidak hanya membersihkan wajah dari kotoran, minyak serta debu, tapi juga sekaligus untuk merawat dan menjaga kelembapan alami kulit. 

review Vjatre moisturizing cleanser

Dengan kandungan perpaduan dari Prebiotik, Sea Salt, Lemongrass dan Coconut Oil membantu membersihkan, mencerahkan dan menjaga kelembapan alami kulit.

Secara umum, manfaat dari cleanser ini adalah, membersihkan, melembabkan dan menutrisi kulit.

Ingredients

Adapun full ingredients-nya adalah:
"Aqua, Glycerin, Cocamidopropyl Betaine, PEG-120 Methyl Glucose Dioleate, Potassium Cocoyl Glutamate, Decyl Glucoside, Glycyrrhiza Glabra Root Extract, Phenoxyethanol, Sodium Cocoyl Alaninate, Allantoin, Propylene Glycol, Potassium Chloride, Ppg-13-Decyltetradeceth-24, Butylene Glycol, Citric Acid, Fructooligosaccharides, Chamomilla Recutita Flower Extract, Beta Vulgaris Root Extract, 
Biosaccharide Gum-1, LActic Acid, Coconut Acid, Sodium Chloride, Melia Azadirachta Leaf Extract, Glabridin, Sodium Carrageenan, Melaleuca Alternifolia Flower/Leaf/Stem Extract, Potassium Lactate, Cymbopogon Citratus Leaf Oil, Disodium EDTA, Gluconolactone, Ethanol, Mentha Arvensis Leaf Extract, Tocopheryl Acetate, Polysorbate 20, Argania Spinosa Kernel Oil, Cocos Nucifera (Coconut) Oil, Beeswax, Dmdm Hydantoin, Olea Europaea (Olive) Leaf Extract, Glyceryl Laurate, Glyceryl Caprylate, Benzoid Acid, Ethylhexylglyceryn, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate, Sea Salt".
Sedangkan hero ingredients-nya ini adalah:
  • Prebiotik: yang bermanfaat untuk merangsang dan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dan dapat menjaga skin barrier
  • Chamomilla Recutita Flower Extract: berguna untuk membantu mengikat kelembaban kulit serta memperbaiki tekstur dan elastisitas kulit.
  • Cymbopogon Citratus Leaf Oil, berfungsi sebagai aromaterapi untuk membantu meredakan stres, kecemasan hingga depresi, serta dapat juga berfungsi sebagai antimikroba dan anti inflamasi.
  • Beta Vulgaris Root Extract, sebagai bahan yang kaya akan mineral dan vitamin, yang mampu meningkatkan kesehatan kulit.
  • Gluconolactone, yang berfungsi sebagai exfoliator yang lembut, yang mampu memperbaiki tekstur dan warna kulit.
  • Licorice Root Extract, berfungsi sebagai pencerah kulit dan anti infamasi.
  • Coconut Oil, yang berfungsi sebagai meningkatkan fungsi perbaikan kulit, melawan tanda penuaan dini dan menjadi pelembab yang efektif.
  • Argan Oil, yang dapat membantu peremajaan kulit yang kaya antioksidan, vitamin E dan asam lemak omega.
  • Melia Azadirachta Leaf Extract, sebagai antimokroba, anti jerawat dan anti inflamasi.
  • Glabridin, sebagai bahan alami pencerah kulit.
  • Melaleuca Alternifolia Flower/Leaf/Stem Extract, sebagai antibakteri dan anti inflamasi.
  • Sea Salt, yang berfungsi mendetoksifikasi kulit, memberikan vitamin, mineral dan nutrisi, yang dibutuhkan kulit agar tetap bersih dan sehat.
  • Olive Leaf Extract,  berfungsi untuk mencegah penuaan dini, memelihara kulit dan merangsang pertumbuhan sel-sel baru.
Baca juga : Skin Barrier, Pengertian, Fungsi dan Cara Memperbaikinya


Packaging

Cleanser ini dikemas dalam sebuah kemasan botol kaca tebal dan terlihat mewah, berwarna coklat tua, dengan sentuhan kuning garis dan tulisan putih serta kuning.

review Vjatre moisturizing cleanser

Di bagian mulut botol terdapat sebuah pump dari plastik tebal berwarna hitam, dengan mulut pump yang lumayan kecil dan sangat baik mengontrol keluarnya isi produk agar tidak terlalu kebanyakan.
Tutupnya pun unik, berwarna hitam dengan bagian mulut pump-nya terbuka, jadi sekilas kayak nggak ada tutupnya, kecuali dipencet baru ngeh, eh ada tutupnya ternyata, hehehe.

Di bagian sisi botol, terdapat beberapa tulisan keterangan produk dalam bahasa Indonesia dan Inggris, yaitu nama produk, hero ingredients, full ingredients, cara pemakaian, manfaat, tanggal expired dan semacamnya.   

Kemasan botol yang mewah dan elegan ini, dikemas lagi dalam kemasan box yang tebal banget, mewah banget sih ini, berasa kotak kado yang super cantik.
Berwarna kuning kunyit dengan corak batik dan daun di beberapa bagian, serta ada juga beberapa keterangan produk di bagian sisi kotaknya.

Harga Vjatre moisturizing cleanser

Dan suer deh, kemasan kotaknya ini keren banget, sudah pasti bakal kepake kembali ini mah, nggak perlu lagi harus dibikin prakarya dulu buat berfungsi, nggak diapa-apain aja, udah cantik banget buat reuse jadi kotak penyimpanan sesuatu, hingga kotak buat kado lagi.

Juara sih kemasannya!
Benar-benar dibuat dari bahan yang sustainable dan eco friendly.


Tekstur dan aroma

Tekstur dari produk ini berbentuk gel cleanser berwarna bening yang lumayan kental.
Ketika dikasih air, busanya cuman dikit, karena memang non SLS, jadi amat sangat aman buat jenis kulit apapun.

Manfaat Vjatre moisturizing cleanser

Yang menarik buat saya adalah, aromanya, sukaaaaaa banget, aroma rempah gitu soalnya.
Saya penyuka aroma rempah soalnya, buat saya aroma rempah itu semacam aromaterapi yang menenangkan banget.
Segar dan enak buat saya.


Cara Pemakaian

Adapun cara pemakaian produk ini mudah kok. Cukup dengan cara membasahi wajah dengan air, lalu tuangkan cleanser ke telapak tangan, busakan lalu aplikasikan ke seluruh wajah, sambil dipijat lembut. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih.

Untuk hasil yang maksimal, gunakan setiap pagi dan malam hari secara rutin, dan dilanjutkan dengan pemakaian VJATRE Ultimate Moisturizer.

Result Pemakaian

First Impression saya memakai cleanser ini adalah, suka banget sama aromanya yang segar dan alami kayak rempah-rempah gitu.

review VJATRE Moisturizing Cleanser

Juga suka dengan busanya yang minim, bikin cuci muka jadi nggak deg-degan kulit jadi kering kena SLS.

Meski busanya dikit, tapi ampuh banget loh mengangkat segala kotoran dan minyak di kulit, dan setelah cuci wajah, nggak terasa kering atau kulit ketarik sama sekali.

Hasil yang saya rasakan setelah memakai cleanser ini adalah, kulit jadi terasa bersih dan lembut, nggak ada efek negatif sama sekali di kulit saya.


Kelebihan VJATRE Moisturizing Cleanser

  • Kandungannya super aman karena terbuat dari bahan natural Indonesia, sehingga cocok buat semua jenis kulit, bahkan kulit sensitif sekalipun, dan juga aman dipakai buat ibu hamil maupun menyusui.
  • Bisa digunakan oleh remaja mulai usia 12 tahun hingga dewasa.
  • Teksturnya enak dipakai, busanya nggak banyak, nggak bikin kulit jadi kering dan ketarik.
  • Aromanya segar dan menenangkan seperti rempah-rempah.
  • Free SLS, Free Paraben, Free silicon, No Added Fragrance, Not Tested on Animals, Irritant Tested, BPOM & Halal registered, dermatology tested dan safe for Pregnancy and Breastfeeding.

Kekurangan VJATRE Moisturizing Cleanser

  • Mungkin kemasannya kali ya, karena terbuat dari botol dan tebal, jadinya kurang travel friendly deh.


Review VJATRE Ultimate Moisturizer

Keterangan produk VJATRE Ultimate Moisturizer
  • Nama produk : VJATRE Ultimate Moisturizer
  • Produksi :  PT Nose Herbal Indo
  • Distributor : Bayaa Mandiri Internasional
  • BPOM : NA18220103285 
  • Isi : 50 gr
  • Harga :  Rp. 425.000 (saya beli di Female Daily Studio)
  • Rekomendasi untuk jenis kulit : Aman untuk semua jenis kulit, dan bisa digunakan mulai usia 12 - 45 tahun.
  • Penggunaan : Setiap pagi dan malam hari
  • Lainnya : Free Paraben, Free silicon, No Added Fragrance, Not Tested on Animals, Irritant Tested, BPOM & Halal registered, dermatology, tested dan safe for Pregnancy and Breastfeeding.


Klaim / Manfaat

VJATRE Ultimate Moisturizer hadir dengan didesain, untuk kebutuhan kulit yang sehat dan bercahaya. Dilengkapi dengan kandungan formula yang unik, dari harta berharga kekayaan alam Indonesia.

Harga VJATRE Ultimate Moisturizer

Dan lalu, dikerjakan secara komprehensif untuk menutrisi, membantu detoksifikasi dan menjaga kelembapan alami kulit. 

Perpaduan manfaat dari Turmeric, Sea Salt, Probiotik, Lemongrass dan Coconut Oil, membantu kulit sehat, cerah dan bercahaya. 

Juga didukung oleh berbagai kandungan lainnya yang kaya akan antioksidan, seperti ganggang laut, ekstrak buah Kakadu, sweet almond oil, jojoba seed oil, Argan Oil, Rose Hip Oil, dan lain sebagainya. 

Semuanya, menjadikan manfaat lebih dari VJATRE Ultimate Moisturizer.
Secara umum, manfaat dari VJATRE Ultimate Moisturizer adalah, melembabkan, menutrisi dan mendetoksifikasi.


Ingredients

Adapun full ingredients dari VJATRE Ultimate Moisturizer adalah:
"Aqua, Niacinamide, Glycerin, Butylene Glycol, LACTOBACILLUS/COLLAGEN/MESEMBRYANTHEMUM CRYSTALLINUM LEAF EXTRACT FERMENT LYSATE, Isohexadecane, Saccharide Isomerate, Octyldodecanol, Acrylamide/Sodium Acryloyldimethyltaurate Copolymer, Peg-100 Stearate, Glyceryl Stearate, Diglycerin, Butyrospermum Parkii (Shea) Butter, Cetearyl Alcohol, Propylene Glycol, Allantoin, Prunus Amygdalus Dulcis Oil, Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil, Argania Spinosa Kernel Oil, Simmmondsia Chinensis (Jojoba) Seed Oil, Rosa Canina Fruit Oil, Honey Extract, Polyglutamic Acid, Laminaria Digitata Extract, Biosaccharide Gum-1, Terminalia Ferdinandiana Fruit Extract, Leptospermum Scoparium Branch/Leaf Oil, Piperningrum Fruit Extract, Magnolia Officinalis Bark Extract, Sodium Carrageenan, Sea Salt, Ceramide NP, Acetyl Hexapeptide-8, Sodium Hyaluronate, Hydrolyzed Hyaluronic Acid, Hydroxypropyltrimonium Hyaluronate, Sodium Acetylated Hyaluronate, 1,2-Hexanediol, Phonexyethanol, C13-14 Isoparaffin, Ceteareth-20, Acrylates/c10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Triethanolamine, PEG-7 Glyceryl Cocoate, Gellan Gum, BHT, Squalene, Cymbopogon Citratus Leaf Oil, Curcuma Longa (Turmeric) Root Extract, Disodium EDTA, Hydrolyzed Collagen, C11-15-Isoalkanes, Trideceth-6, Laureth-7, Ethylhexylglycerin, Caramel, CI 19140, Caprylyl Glycol, Sodium Benzoate, Potassium Sorbate, Citric Acid, Acrylic Acid, Ethyl Acetate, Sodium Citrate, Polycrylamide".  
Tekstur VJATRE Ultimate Moisturizer

Sedangkan hero ingredients dari VJATRE Ultimate Moisturizer ini adalah:
  • Prebiotik: yang bermanfaat untuk merangsang dan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dan dapat menjaga skin barrier
  • Probiotik: bermanfaat untuk memperkuat skin barrier, dan menstimulasi regenerasi sel kulit baru. 
  • Turmeric root extract, yang mengandung lebih dari 300 komponen alami, termasuk Curcumin, Beta Karoten, vitamin C, kalsium,  flavonoid, serat, besi, niasin, kalium, zinc dan zat lainnya, yang berfungsi untuk melindungi kulit dari penuaan dini dan kerutan halus, dan memberikan efek kilau cahaya pada kulit. 
  • Argan Oil, yang dapat membantu peremajaan kulit yang kaya antioksidan, vitamin E dan asam lemak omega.
  • Coconut Oil, yang berfungsi sebagai meningkatkan fungsi perbaikan kulit, melawan tanda penuaan dini dan menjadi pelembab yang efektif.
  • Brown Algae Extract, yang berfungsi untuk meremineralisasi, melindungi dan menutrisi kulit.
  • Hydrolized Collagen, yang berfungsi untuk mempertahankan kekenyalan atau elastisitas kulit.
  • Ceramide NP, yang berfungsi untuk meningkatkan fungsi perlindungan kulit.
  • Acetyl Hexapeptide-8, yang berfungsi untuk meningkatkan prpoduksi kolagen, mengurangi munculnya garis-garis halus, dan membuat kulit lebih kencang.
  • Sea Salt, yang berguna untuk detoksifikasi kulit, memberikan vitamin, mineral, dan nutrisi yang dibutuhkan kulit agar tetap bersih dan sehat.
  • Hydrolized Hyaluronic Acid, yang berfungsi meresap ke dalam sel-sel kulit dan mengikat air ke sel-sel kulit, meremajakan kulit.
  • Cymbopogon Citratus Leaf Oil, berfungsi sebagai aromaterapi untuk membantu meredakan stres, kecemasan hingga depresi, serta dapat juga berfungsi sebagai antimikroba dan anti inflamasi.
  • Kakadu Pulm Extract, sebagai sumber terkaya vitamin C yang memiliki sifat antioksidan yang memperbaiki, menghidupkan dan meremajakan kulit yang rusak.


Packaging

VJATRE Ultimate Moisturizer, di kemas dalam sebuah kemasan jar kaca tebal yang terlihat mewah, berwarna coklat tua, dengan sentuhan kuning turmeric garis dan tulisan putih serta kuning, di bagian sisi jar, tentang keterangan produk.

Kemasan VJATRE Ultimate Moisturizer

Di bagian atas jar, ada penutup berwarna hitam dengan tulisan V di bagian atasnya, berbahan plastik yang tebal dan dibuka dengan cara diputar.

Ketika di buka, di dalamnya ada tutup plastik berwarna putih yang berfungsi untuk menahan isi produk agar tidak tumpah ke luar.
Oh ya, dilengkapi juga dengan spatula kecil, yang diletakan di dalam kemasan boxnya.

Kekurangan VJATRE Ultimate Moisturizer

Kemasan jar yang mewah dan elegan ini, dikemas juga dalam kemasan box yang tebal banget, mewah banget dan sama dengan kemasan box cleansernya, cuman beda ukuran aja.

Kemasan boxnya memang didisain, benar-benar dari bahan yang sustainable dan eco friendly.


Tekstur dan aroma

Tekstur dari VJATRE Ultimate Moisturizer ini berbentuk cream kental berwarna putih kekuningan, yang kalau dioleskan ke kulit, terasa ringan dan mudah di-blend.

VJATRE Ultimate Moisturizer

Dan sama dengan cleanser-nya, moisturizer ini juga aromanya enak banget buat saya, bau rempah gitu, seger banget.


Cara Pemakaian

Adapun cara pemakaian VJATRE Ultimate Moisturizer ini adalah, dengan cara mengambil moisturizer secukupnya memakai spatula, lalu aplikasikan ke seluruh permukaan wajah yang telah dibersihkan dengan memakai cleanser.
Untuk hasil yang maksimal, gunakan setiap kali selesai membersihkan wajah.


Result Pemakaian

First Impression saya memakai VJATRE Ultimate Moisturizer ini adalah, sama dengan cleanser-nya, saya suka dengan aromanya yang segar dan alami kayak rempah-rempah.

Review VJATRE Ultimate Moisturizer

Juga suka dengan teksturnya yang meskipun kental, tapi ternyata terasa ringan di kulit, mudah di-blend, mudah meresap dan sama sekali nggak terasa lengket.

Nggak ada juga efek negatif yang saya rasakan, nggak ada rasa cekit-cekit, ataupun efek breakout.
Yang terasa setelah menggunakan VJATRE Ultimate Moisturizer ini adalah, kulit jadi berasa lembab dan kenyal, apalagi pas bangun tidur, enak banget rasanya pegang kulit wajah, terasa normal dan lembab.


Kelebihan VJATRE Ultimate Moisturizer

  • Kandungannya super aman, terbuat dari bahan natural Indonesia, sehingga cocok buat semua jenis kulit, bahkan kulit sensitif sekalipun, dan juga aman dipakai buat ibu hamil maupun menyusui.
  • Bisa digunakan oleh remaja mulai usia 12 tahun hingga dewasa.
  • Teksturnya kental tapi terasa ringan di wajah, cepat meresap, nggak lengket, dan nggak menimbulkan efek negatif di kulit saya.
  • Aromanya segar dan menenangkan seperti rempah-rempah.
  • Bikin kulit jadi terasa lembab dan bercahaya.
  • Free Paraben, Free silicon, No Added Fragrance, Not Tested on Animals, Irritant Tested, BPOM & Halal registered, dermatology tested dan safe for Pregnancy and Breastfeeding.

Kekurangan VJATRE Ultimate Moisturizer

  • Sama kayak cleanser-nya, kemasannya lumayan berat kalau dibawah traveling, karena jar kacanya lumayan tebal.



Kesimpulan Review VJATRE Skincare

Saya pikir, VJATRE merupakan salah satu terobosan luar biasa dari brand lokal yang paling pengertian.
Bukan hanya mengerti satu wanita, tapi semua wanita dalam lingkup usia yang sejak dini hingga usia matang, yaitu mulai usia 12-45 tahun.

Dan dengan kandungannya yang alami, memanfaatkan kekayaan alam negeri kita tercinta, Indonesia, mampu menghadirkan skincare yang cocok dipakai banyak wanita.
baik remaja, wanita dewasa, wanita dengan berbagai kondisi kulit, dari yang normal hingga sensitif.

Termasuk bisa digunakan oleh ibu hamil dan menyusui, nah nggak ada alasan lagi kan, hamil dan menyusui tetap glowing dan sehat karena pakai skincare yang benar-benar alami.  

Pun juga, VJATRE sangat mengerti alam, mencintai alam dengan menggunakan bahan alami, serta kemasan yang bahan yang sustainable dan eco friendly.

Di mana, dengan itu, pemakaian skincare VJATRE tidak akan merusak alam juga kesehatan tubuh dan kulit, meski dipakai dalam jangka panjang. 

Review Vjatre skincare

Lalu, mengenai klaimnya di mana:
  • VJATRE Moisturizing Cleanser adalah untuk membersihkan, melembabkan dan menutrisi kulit, di mana hasil yang saya rasakan adalah kulit wajah terasa bersih dan lembab setelah cuci wajah pakai cleanser ini.
  • VJATRE Ultimate Moisturizer adalah, untuk melembabkan, menutrisi dan mendetoksifikasi, dan hasil yang saya rasakan adalah, kulit jadi lembab dan lembut, terlebih jika dipakai di malam hari, pas bangun dan cuci wajah, terasa banget lembutnya.

Oh ya, beauties bisa membeli produk ini di Female Daily Studio ya, atau melalui online di e-commerce Tokopedia maupun Shopee.
Keterangan lengkap, beauties bisa liat di website-nya https://vjatre.com/ atau di akun instagram @vjatre

Demikianlah review pemakaian saya akan VJATRE Moisturizing Cleanser dan VJATRE Ultimate Moisturizer.
Ini mah most to try banget, khususnya buat pecinta skincare alami. 

Sidoarjo, 26 Oktober 2022

Sumber: 
  • Pengalaman pribadi
  • Website https://vjatre.com/
Gambar: dokumen pribadi dan canva

Demikian artikel tentang review pemakaian skincare yang ramah lingkungan, VJatre. Semoga bermanfaat.