review-herborist-sabun-wajah-tea-tree

Herborist sabun wajah tea tree sangat cocok digunakan untuk kulit berminyak dan kombinasi, yang sesuai klaimnya, yaitu oil control and anti acne.

Sudah lama saya beli karena dulunya tertarik sama kandungan tea tree-nya.
Jadi, dulu tuh wajah saya sering kusam dan berjerawat, pas pake produk yang mengandung tea tree, auto normal deh kulit saya.

Nggak pernah lagi tuh muncul jerawat sampai infeksi dan bengkak gede mengganggu gitu, jadi saya menyimpulkan, kalau kulit saya memang sangat bersahabat dengan tea tree, khususnya ketika sedang oily dan berjerawat.


Dan begitulah, saya langsung tertarik ketika membaca tulisan tea tree-nya yang gede di kemasannya, ditambah saya memang suka dengan produk-produk Herborist ya, sebelumnya saya juga pakai olive oil-nya dan saya suka serta cocok.

Tentang Herborist

Herborist adalah salah satu merek perawatan kulit tradisional dari Bali, yang diklaim bisa membantu bikin kulit jadi halus dan bersih dalam cara yang lebih praktis, dengan mengusung tema natural dan herbal, sehingga aman di kulit apapun.

Brand ini, berada di bawah naungan PT Victoria Care Indonesia, dan terlebih dahulu memasarkan produknya di Bali. 

Seiring perkembangan waktu, Herborist juga mulai dipasarkan di kota-kota lain termasuk di Jakarta. Pabrik Herborist pun berlokasi di Semarang, Jawa Tengah, dengan alamat kantor Herborist sekarang telah berada di Jakarta.


Review Herborist Sabun Wajah Tea Tree

Keterangan produk

Nama produk : Herborist Sabun Wajah Tea Tree
Produksi : PT Victoria Care Indonesia
Distributor : -
BPOM : NA18171207393
MUI :  Yes
PAO : -
Isi : 80 gram 
Harga :  Rp. 20-30 ribuan (saya belinya Rp. 20an ribu di minimarket dekat tempat tinggal kami)
Rekomendasi untuk jenis kulit : kulit berminyak, kombinasi dan berjerawat
Penggunaan : 2 kali sehari, setiap pagi dan malam hari sebelum tidur, atau sesuai kebutuhan
Lainnya : -


Klaim / Manfaat

Sabun Wajah ini merupakan pencuci wajah yang diperuntukan buat kulit berminyak dan kombinasi.

review Herborist sabun wajah tea tree
Adapun fungsi atau manfaatnya adalah untuk mengontrol minyak berlebih pada wajah.
Dan dengan kandungan tea tree-nya, efektif membantu menghambat pertumbuhan bakteri P. Acne di wajah yang menjadi penyebab jerawat, juga merawat kulit yang berjerawat.
Dengan kandungan brightening extract juga dapat membuat kulit jadi lebih cerah.


Ingredients

Full ingredients produk ini terdiri dari:
"Aqua, Lauric Acid, Glycerin, Sodium Laureth Sulfate, Myristic Acid, Stearic Acid, PEG-150 Pantaerythrityl Tetrastearate, Potassium Hydroxide, Cocamidopropyl Betaine, Glycol Distearate, Perfume, Lauryl Betaine, DMDM Hydantoin, Malaleuca Alternifolia Leaf Extract, Polyquaternium-10, Sodium Chloride, Methylparaben, Olive (Olea Europaea) Oil, Sodium Lactate, Disodium EDTA, Propylparaben, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Glycyrrhica Glabra Root Extract, Citrus Aurantium Dulcis Fruit Extract, Kojic Acid, CI 19140, CI 42090"
review Herborist sabun wajah tea tree

Sedangkan hero ingredients-nya  adalah:
  • Tea tree extract, yang dapat menghambat bakteri penyebab jerawat, juga dapat merawat kulit yang berjerawat. 
  • Licoric Root Extract, yang dapat melembabkan kulit, serta menangkal radikal bebas.
  • Kojic Acid, yang dapat mencerahkan kulit wajah, serta mengatasi hyperpigmentasi pada kulit.

Packaging

Herborist Sabun Wajah Tea Tree ini dikemas dalam sebuah tube plastik berwarna hijau muda dan tua, dengan berbagai tulisan keterangan produk di kemasannya.

Tutupnya berbentuk flip top yang terbuat dari plastik berwarna bening. 

review Herborist sabun wajah tea tree
Untuk kemasannya sih, nggak ada yang terlalu istimewa, sama dengan kemasan kebanyakan face wash lainnya.


Tekstur dan aroma

Adapun tekstur sabun wajah ini berbentuk cream yang nggak terlalu kental berwarna putih kehijauan, dan ketika dikasih air, langsung ada busanya, meskipun entah mengapa ya, menurut saya justru busanya nggak terlalu banyak, meski mengandung SLS.

review Herborist sabun wajah tea tree
Adapun aromanya tuh lebih tajam, mungkin karena ada kandungan parfumnya ya, wanginya sih menurut saya enak dan saya suka, cuman kalau yang nggak suka wewangian terlalu tajam atau kuat, keknya agak terganggu deh sama wewangiannya ini.


Cara Pemakaian

Cara pemakaiannya mudah kok, cukup tuangkan secukupnya cream sabun wajah di tangan, beri air dan busakan, setelah itu pijatkan perlahan dan lembut ke seluruh wajah, setelahnya bilas dengan air hingga bersih. 


Result Pemakaian

My first impression: Pertama kali memakai Herborist Sabun Wajah Tea Tree ini agak kaget dengan aromanya yang memang strong, tapi lama-lama jadi terbiasa.

Karena sebelumnya saya memakai face wash yang mengandung SLS, jadi nggak masalah dengan busanya, yang menurut saya juga nggak terlalu berlimpah sih.

Nah, setelah dibilas, kerasa banget dong minyak di wajah tuh jadi lebih berkurang, dan wajah nggak terasa ketarik ketika make pertama kalinya.

Namun setelah 2 hari saya pakai berturut-turut, mulai deh terasa kulit saya jadi kering gitu, agak ketarik pas abis cuci muka, jadinya saya putuskan untuk dipake sesekali saja, hanya ketika wajah terasa kusam, oily dan mulai tumbuh jerawat. 

Hasil pemakaian produk setelah berkali-kali

Karena kulit saya yang tergolong normal, akhirnya saya putuskan memakai face wash ini, maksimal seminggu sekali, atau 2-3 kali seminggu jika memang sedang oily.

Mungkin karena pemakaiannya nggak rutin, yang saya rasakan tuh cuman khasiatnya dalam mengurangi minyak di wajah, dan menghambat jerawat jadi infeksi.


Beli di mana?

Beauties bisa beli produk sabun wajah ini di berbagai e-commerce yang ada, seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan lain-lain.

Juga bisa dengan mudah ditemukan di berbagai toko offline, maupun swalayan terdekat.

Kelebihan Herborist sabun wajah tea tree ini

  • Harganya sangat terjangkau.
  • Cocok banget mengurangi minyak berlebih di wajah, dan meredakan jerawat.
  • Kemasannya travel friendly.
  • Nggak bikin wajah kering atau ketarik, selama makenya nggak rutin.
  • Busanya lembut.
  • Aromanya enak, meski strong.

Kekurangan Herborist sabun wajah tea tree ini

  • Nggak cocok dipakai rutin jika kulitnya bukan yang oily selalu, malah bakalan bikin kering dan ketarik.
  • Aromanya strong, jadi yang nggak suka aroma strong pasti terganggu.
  • Ada SLS dan parfum, jadi hati-hati buat yang berkulit sensitif.

Repurchase?

Kayaknya iya sih yam lumayan banget sih ini buat dipakai sesekali ketika kulit terasa tidak bersahabat, apalagi kan harganya sungguh amat sangat terjangkau begete, hehehe.
Dan produk ini bisa kita temukan di mana-mana.

Kesimpulan dan Penutup 

Herborist sabun wajah tea tree ini saya pikir cocok untuk yang punya masalah kulit oily atau berminyak, serta berjerawat.

Namun, untuk saya yang memang jenis kulitnya lebih sering normal, tidak boleh memakai face wash ini secara terus menerus, hanya sesekali saja, khususnya ketika kulit wajah terasa oily banget, dan muncul jerawat. 

Kalau dipakai terus menerus, jadinya kulit malah kering banget dong.
Secara umum, klaimnya berbanding dengan yang saya rasakan setelah memakai produk ini adalah:
  • Mengontrol minyak berlebih pada wajah? --> betul banget, hanya dengan sekali pakai, minyak di wajah saya langsung berkurang.
  • Menghambat munculnya jerawat serta merawat jerawat? --> betul banget, jerawat auto kempes kalau pas mau muncul langsung dipakein sabun wajah ini. 
  • Membuat kulit jadi lebih cerah? --> enggak tuh, selain wajah saya kebal dengan mencerahkan, pun juga saya nggak pakai secara rutin.
Demikianlah review Herborist Sabun Wajah Tea Tree berdasarkan pengalaman saya memakai face wash ini.

Ada yang pernah pakai juga?


Sidoarjo, 11 November 2022

Sumber: Pengalaman pribadi
Gambar: dokumen pribadi