beauty blogger indonesia

Blogger beauty
Indonesia tetap dibutuhkan, meski di zaman sekarang konten video dan foto di media sosial makin diminati.

Oleh karena itu, para blogger beauty, tentunya masih dibutuhkan untuk menorehkan pengalaman mereka tentang dunia kecantikan melalui tulisan.

Meski tak menampik, para blogger beauty Indonesia yang dulunya menjadi menjadi idola dan jujugan bagi yang membutuhkan tulisannya. Sekarang sudah hampir tidak pernah menyentuh blognya.

Beramai-ramai mereka lebih fokus ke media sosial, berbagi kepada followernya dalam bentuk sharing konten video atau foto saja.

Karena itulah, sebenarnya para blogger beauty yang dulunya aktif membangun blognya, rasanya tidak pas lagi disebut blogger beauty.

Baca juga : Cara Mencari Review Skincare Terpercaya


Apa itu Blogger Beauty dan Perkembangannya di Indonesia

Blogger beauty adalah seseorang yang menulis konten-konten beauty atau kecantikan di sebuah blog atau website pribadi.

Jadi, beda ya antara blogger beauty dengan vlogger beauty.

Beberapa orang terkenal sebagai beauty enthusiast, seperti Tasya Farasya, Rachel Goddard dan lainnya. Mereka-mereka bukanlah seorang blogger beauty, tapi vlogger beauty.

Beberapa vlogger beauty Indonesia saat ini memang dulunya merupakan seorang blogger beauty. Hanya saja seiring waktu hampir semua blogger beauty dulunya, berpindah media dalam berbaginya. Yang dulunya berbagi lewat tulisan di blog, sekarang lebih memilih channel video, baik YouTube maupun media sosial lainnya, seperti instagram dan TikTok.

Memang sih sekarang lebih banyak orang yang memilih konten video untuk mencari tahu tentang kecantikan. Namun bukan berarti konten tulisan tidak dibutuhkan lagi.

Kenyataannya, masih banyak kok orang-orang yang lebih suka membaca ketimbang menonton. Sehingga tulisan-tulisan tentang kecantikan, masih banyak dibutuhkan oleh pembaca.

Hal ini dikarenakan, konten tulisan lebih mudah untuk diakses, tidak butuh waktu banyak untuk mencari sesuatu tentang beauty yang kita butuhkan. Karena bisa dengan mudah skip tulisan yang tidak dibutuhkan.

Berbeda dengan konten video yang mana, mau tidak mau kita harus menonton semua tayangannya, termasuk iklannya, demi mendapatkan sesuatu informasi yang kita butuhkan

Baca juga : 6 Cara Merawat Tubuh Bagi IRT dengan Waktu Terbatas


Modal Utama Menjadi Blogger Beauty Indonesia

modal menjadi beauty blogger

Menjadi seorang blogger beauty sebenarnya tidak sulit, asalkan kita punya beberapa modal utama seperti:


1. Rajin menulis tentang tema kecantikan di blog

Salah satu modal utama menjadi seorang blogger adalah menulis. Dan untuk seorang blogger beauty harus sering menulis tentang konten-konten kecantikan yang dibutuhkan banyak orang.

Akan lebih baik lagi, jika konten tulisan tersebut merupakan pengalaman pribadi, agar lebih mudah bersaing dengan blog-blog beauty lainnya.


2. Jujur dalam menuliskan review produk kecantikan

Karena konten yang sering ditulis oleh seorang blogger beauty lebih baik merupakan pengalaman pribadi. Seperti mereview produk-produk kecantikan yang dipakai langsung.

Maka kunci dari kepercayaan pembaca akan blog beauty kita adalah, kejujuran ketika kita mereview sebuah produk.

Jangan karena mentang-mentang dibayar, maka kita mereview sebuah produk tanpa adanya kejujuran, misal produknya memang tidak cocok di kulit atau semacamnya.


3. Melatih kemampuan fotografi

Selain menulis, seorang blogger beauty wajib menguasai kemampuan fotografi, minimal untuk yang dasar saja.

Karena kebanyakan konten tulisan kecantikan hanya akan terlihat lebih nyata dan hidup, jika dilampirkan dengan foto-foto diri atau produk yang menarik.


4. Menyiapkan perlengkapan atau modal khusus pendukung profesi blogger beauty

Yang tak kalah pentingnya adalah, seorang blogger beauty harus menyiapkan beberapa perlengkapan khusus, untuk mendukung profesi sebagai blogger beauty, di antara:

  • Laptop atau semacamnya, sebagai perlengkapan untuk menulis konten di blog.
  • Properti foto yang memadai, sebagai perlengkapan untuk menghasilkan foto produk review yang lebih menarik.
  • Tempat atau ruangan khusus, untuk menyimpan berbagai perlengkapan yang mendukung profesi blogger beauty.

Berbeda dengan profesi blogger tema lainnya, blogger beauty memang membutuhkan space atau ruangan khusus untuk menjalankannya.

Hal ini dikarenakan profesi ini membutuhkan banyak pendukung serta produk-produk yang akan direview-nya.

Juga butuh space khusus sebagai tempat untuk menciptakan foto yang lebih menarik dan hidup untuk keperluan lampiran tulisan di blog.

Tidak heran, beberapa beauty enthusiast memilih untuk membangun ruangan baru, atau menyewa maupun membeli sebuah rumah atau apartemen, demi serius mendalami profesinya di bidang konten kecantikan.

Banyak juga yang berani mengeluarkan modal dengan meminjam ke bank, demi bisa memenuhi impiannya, yaitu punya ruangan khusus demi mendalami profesi blogger beauty.

Sayangnya, sejak pandemi Covid-19 ini, banyak bank yang menerapkan kebijakan dengan lebih memperketat persyaratan kredit di bank.

Dikutip dari website kemenkeu.go.id, dijelaskan bahwa dampak pandemi terhadap ekonomi di Indonesia, memaksa pemerintah untuk secepatnya menerapkan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Hal ini tentunya berdampak terhadap kredit di bank.

Tapi jangan khawatir, kita bisa kok menghitung kemampuan keuangan kita, untuk mengajukan kredit di bank, dengan menggunakan kalkulator hipotek seperti di website https://www.mortgagecalculator.uk/.

Baca juga : Skinproof Bantu Konsumen Memilih Kosmetik Sesuai Kebutuhan


Mengenal Mortgagecalculator

Mortgagecalculator merupakan sebuah website yang di dalamnya terdapat kalkulator hipotek yang bisa digunakan untuk menghitung kemampuan keuangan kita. Dengan demikian kita bisa melakukan peminjaman di bank berdasarkan keuangan yang dipunyai.

Pada mulanya, kalkulator ini memang hanya melayani pasar keuangan di Inggris. Akan tetapi perhitungan yang ada di websitenya, di mana pembayaran bulanan, bekerja sama hampir di semua negara, kecuali unit mata uang dan harga rumah.

Fitur-fitur yang ada di websitenya, sangat memungkinkan kita untuk bisa menautkan perhitungan kemampuan pinjaman, berdasarkan data yang kita isikan pada kalkulator di website tersebut.

Cara perhitungannya pun sangat mudah, cukup masukan data yang diminta, tentunya sebelumnya dikonversikan dahulu ke mata uang Inggris. Setelah menekan tombol perhitungan, maka hasil perhitungan akan muncul secara otomatis.

Selain itu, website ini punya grafik pembayaran pinjaman bersama dengan tabel amortisasi bulanan dan tahunan. Tentunya hal ini sangat bermanfaat untuk kepentingan peminjaman kredit ke bank yang dibutuhkan untuk merenovasi rumah.

Sebagai contoh yang palinh mudah dimengerti adalah, di halaman website https://www.mortgagecalculator.uk/remortgage/ . Di sini kita bisa menginput data-data keuangan yang dipunyai, termasuk pinjaman yang sedang dipunyai. Sehingga kita bisa mengetahui berapa jumlah kemampuan pembayaran pinjaman kita.

Baca juga : Manfaat Lendir Siput Untuk Wajah Serta Pro Dan Kontranya


Kesimpulan dan Penutup

Blogger beauty Indonesia dewasa ini memang mulai dikuasai blogger-blogger baru, karena para blogger lama mulai meninggalkan dunia menulis di blog dan pindah ke platform dengan konten video.

Tapi jangan khawatir, perkembangan blogger dengan tema beauty masih banyak dibutuhkan oleh pembaca. Karena tidak semua orang suka menonton konten video.

Hal ini tentunya menjadi angin segar buat penggiat blogger dengan tema beauty. Meskipun untuk menjalankan profesi tersebut, butuh modal yang salah satunya butuh space atau ruangan yang lebih luas untuk beberapa keperluan pembuatan konten beauty dalam tulisan.

Tidak heran, beberapa beauty enthusiast tertarik dan berpikir untuk membuat ruangan khusus, hingga menyewa atau membeli sebuah rumah atau apartemen. Dan di zaman sekarang, keperluan kredit di bank, bisa kita hitung dahulu kemampuan kita melalui kalkulator hipotek seperti https://www.mortgagecalculator.uk/remortgage/ 


Surabaya, 11 Juli 2023

Sumber:

  • https://pen.kemenkeu.go.id/in/post/mengapa-program-pen diakses 11 Juli 2023
  • https://www.mortgagecalculator.uk/ diakses 11 Juli 2023
  • Pengalaman pribadi

Gambar Canva edit by Rey dan dokpri

Demikian artikel tentang perkembangan dan tips penting menjadi blogger beauty Indonesia, semoga bermanfaat.