trend-fashion-2024

7 trend fashion 2024 ini pastinya sudah ditunggu banyak pecinta gaya busana di seluruh dunia, khususnya di Indonesia.

Biasanya, di awal tahun tuh, identik dengan mengecek isi lemari, melihat apakah ada barang-barang unik yang bisa dipadu padankan mengikuti trend yang akan berlangsung di sepanjang tahun ini.


Bukan hanya pakaian keseluruhan, tapi juga padu padan atau mix and match fashion dengan aksesori yang digemari.

Para stylish dunia telah memprediksi beberapa macam fashion yang akan digemari banyak orang, di antaranya:


1. Trend Fashion 2024: Mewah yang menenangkan

Hal-hal mewah memang makin digandrungi oleh banyak orang. Hampir semua orang, bahkan beberapa kalangan menengah mulai melirik produk dengan brand mewah.

fashion-mewah-menenangkan.
Source: vogue.com

Namun, di tahun ini, diprediksi bahwa trend akan mengalami sebuah pergeseran. Di mana banyak yang akan mengadopsi trend fashion mahal, tapi juga tak terlalu mahal.

Hal ini berkaitan dengan kualitas produk fashion, di mana alih-alih hanya fokus ke barang branded mahal. Banyak yang memilih produk dengan kualitas terbaik, meski bukan sebuah brand ternama yang mahal.

Hal ini juga berlaku pada aksesori, seperti tas, sepatu hingga perhiasan.


2. Jelly Fashion

Gaya busana dengan aksesori jeli akan menjadi pilihan di tahun ini. Hal ini pernah booming di tahun 90-an ini akan mulai bangkit kembali, terinspirasi dari invertebrata favorit.

mode-jelly-fashion
Source: vogue.com

Para Gen Z hingga milenial akan memilih gabungan gaya seperti topi ubur-ubur, ataupun sepatu jeli yang unik.


3. Trend Fashion 2024: Warna-warna pop

Diperkirakan trend Capsule Wardrobe akan tetap menjadi pilihan populer banyak orang di tahun ini.

trend-fashion-pop-colour
Source: goodhousekeeping.com

Karenanya, fashion dengan warna dasar yang netral akan tetap diminati. Namun mengalami sedikit revisi dalam pemilihan warna di mana yang lebih segar seperti warna-warna pop akan lebih jadi pilihan.

Mulai dari warna pink milenial, ungu lavender, kuning kenari hingga hijau pistachio dan biru laut. Tentunya hal ini akan menimbulkan kesan segar dari ujung kaki ke kepala.


4. Trend Fashion 2024: Penuh Volume dan bentuk

Bertolak belakang dengan fashion skinny jeans yang ketat di tubuh dan cropped jacket. Di tahun ini, akan lebih banyak yang menyukai pakaian dengan model bervolume, panjang serta berbentuk.

trend-fashion-penuh-volume-dan-bentuk
Source: realsimple.com

Hal ini bisa menjadi pilihan untuk para hijaber, di mana adanya gaun panjang, jaket dengan garis memanjang dan bervolume. Tak ketinggalan juga gaun atau dress dengan pinggang rendah.

Bawahan dengan bahan yang lebih ‘jatuh’, seperti cupro, gaberdine, hingga saten yang lebih berkilau. Bisa dipadu padankan dengan blazer yang serasi.


5. Trend Fashion 2024: Rapi tapi Santai

Perpaduan gaya ala-ala kantoran yang rapi dan elegan, namun tetap dipadu padankan dengan tampilan yang santai. Gaya seperti ini akan lebih digandrungi di tahun ini.

trend-fashion-rapi-tapi-santai
Source: tenuedeattire.com

Hal ini dipengaruhi oleh gaya kasual santai yang diadopsi selama masa pandemi. Namun gaya tersebut dinilai terlalu santai untuk dipakai keluar rumah.

Seorang stylish atau penata gaya yang sudah berpengalaman selama 15 tahun dari USA, menyarankan untuk mengadopsi gaya tersebut menjadi lebih rapi.

Misal, tampil dengan setelan tebal dibarengi warna-warna statement, hingga padu padan dengan kaos Polo yang santai namun kasual.


6. Trend Fashion 2024: SuperFeminim

Sepertinya, banyak yang masih belum bisa move on dari film Barbie yang mengusung fashion feminim.

trend fashion super feminim
Source: elle.com

Di tahun ini, para stylish memprediksi bahwa fashion yang ekstra girly dan penuh estetika akan banyak digemari wanita.

Hal-hal yang berbau pink, coquette core ambience, ballet dan cottage. Di mana kesemuanya hadir dengan detail pink, berenda, juga pita, sentuhan warna pastel hingga motif bunga.


7. Trend Fashion 2024: Sustainability

Kabar baiknya, di tahun 2024 ini, fashion dengan konsep sustainability akan semakin digemari.

Hal ini dikarenakan oleh sisi buruk fast fashion yang kian marak beberapa tahun belakangan. Beruntung, seiring dengan hal tersebut, minat konsumen terhadap barang-barang atau pakaian bekas ikut meningkat.

Bukan hanya itu, semakin banyak pula brand yang mengemukakan fashion dengan konsep ramah lingkungan. Misal, dengan menggunakan bahan-bahan yang aman untuk lingkungan.

Hal ini juga dipengaruhi dengan makin gencarnya kampanye tentang fashion ramah lingkungan. Di mana banyak yang mulai melirik bahan-bahan non polyester, seperti bambu, rumput laut, hingga wol, linen, rami dan serat tumbuhan maupun hewan lainnya.


Kesimpulan dan Penutup

Apapun trend fashion 2024 yang nantinya bakal kita pilih untuk menjadi fashion signature diri, akan lebih bijak jika tetap memikirkan kebaikan untuk lingkungan.

Agar tercapai tujuan terlihat trendy dan tetap nyaman, namun tetap mencintai keberlangsungan lingkungan untuk anak cucu kita. Salah satunya, mengurangi limbah pakaian yang kian marak dengan adanya fast fashion.

Kalau beauties, udah punya incaran bakal ikutan trend fashion yang mana nih?

  

Sumber:  

  • https://www.realsimple.com/2024-fashion-trends-8419531 diakses 02 Januari 2024
  • https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20231228193104-277-1042856/9-tren-fashion-yang-bakal-hits-di-tahun-2024-makin-marak-thrifting diakses 02 Januari 2024

Gambar : berbagai sumber dan canva edit by ReyBlogger