capsule-wardrobe

Capsule wardrobe merupakan istilah fashion yang saat ini sedang happening banget, khususnya di media sosial TikTok.

Banyak orang membicarakan dan sharing tips ala masing-masing, tentang bagaimana menerapkan cara untuk tetap keren meski hanya punya sedikit pakaian di lemari.

Cara ini disambut positif oleh banyak orang, karena dinilai lebih menguntungkan alam, dengan lebih hemat dalam membeli dan menggunakan pakaian, yang memang saat ini sedang disorot dunia akibat dampak buruk fast fashion oleh beberapa brand fashion terkenal.

Baca juga : Jumper outfit, Rekomendasi Mix & Match Keren


Capsule Wardrobe Adalah

Capsule wardrobe adalah sebuah kondisi di mana dalam lemari ada jenis pakaian yang bisa digunakan secara saling terhubung satu sama lainnya. Untuk itu, biasanya dalam lemari terisi pakaian jenis klasik atau timeless sehingga tak pernah pudar ditelan waktu. Juga terdiri dari warna-warna netral sehingga mudah dipadu padankan.

Dalam bahasa awamnya, lebih kreatif dalam memadu padankan pakaian yang ada di lemari, sehingga tercipta outfit yang keren dan menarik.

Capsule wardrobe biasa juga disebut dengan lemari kapsul, yang di dalamnya bisa terdapat lebihi sedikit pakaian. Juga dengan beberapa jenis yang semuanya bisa saling dipadu padankan.

Terdiri dari jenis atasan dengan model yang simple, bawahan, outerwear, dress, sepatu hingga asesoris yang saling berhubungan baik model maupun warnanya.


Manfaat Capsule Wardrobe

Menerapkan capsule wardrobe di rumah tentunya punya banyak manfaat di antaranya:


1. Dapat menjalankan hidup sustainable

Dengan lemari kapsul, kita bisa lebih hemat dalam penggunaan pakaian, karena bisa cukup hanya dengan beberapa jenis pakaian saja, tak perlu harus selalu beli yang baru.

Hal ini tentunya akan mengurangi sampah akibat dari fast fashion yang saat ini sedang menjadi PR terbesar para pecinta fashion. Dengan terciptanya sustainable oleh pakaian timeless yang kita miliki, tentunya menguntungkan bagi lingkungan hidup.


2. Dapat menghemat waktu memilah pakaian yang akan digunakan

Sudah menjadi sebuah kebiasaan bagi wanita khususnya, yang sering menghabiskan lebih banyak waktu, hanya untuk memilah dan memilih pakaian yang akan dikenakan.

Semakin banyak pakaian yang dimiliki, semakin sulit memilih pakaian mana yang bisa dipakai dan sesuai mood.

Bukan hanya itu, kita juga bisa lebih hemat waktu dalam membeli pakaian, tak perlu menghabiskan banyak waktu dalam memilih pakaian mana yang harus dibeli lagi.


3. Bisa lebih menghemat biaya

Bukan hanya bisa menghemat waktu, kita juga bisa menghemat biaya yang harus dikeluarkan untuk keperluan membeli pakaian.

Karena di dalam lemari kapsul, kita punya beberapa jenis pakaian yang bisa dipadu padankan dan menghasilkan look outfit yang baru setiap saat.

Baca juga : Rekomendasi Barang-Barang Branded Kekinian


Cara Membuat Capsule Wardrobe

Sudah tahu kan bagaimana makna dan fungsi dari capsule wardrobe?. Berikutnya Beauties mungkin masih bingung, bagaimana sih cara menerapkan atau membuat lemari kapsul tersebut.

Karena meski sekilas terlihat simple, tapi menentukan beberapa pakaian timeless yang bikin kita nyaman, kadang juga tidak se-simple itu.

Namun tak perlu khawatir, begini tips untuk membuat capsule wardrobe:


1. Pahami jenis pakaian yang sering kita pakai

Setiap orang punya karakter pakaian yang berbeda satu sama lainnya. Untuk itu, kita harus bisa memahami seperti apa sih jenis pakaian yang paling sering kita gunakan?

Entah itu modelnya, hingga warnanya.

Cobalah untuk memperhatikan pakaian apa yang sering kita gunakan, lalu pisahkan dari pakaian lainnya, setiap kali kita sudah memakainya.

Dengan demikian, kita bisa mengetahui, jenis pakaian serta warna apa saja yang paling sesuai dengan kenyamanan kita.


2. Kenali gaya fashion kita

Setelah mengetahui jenis pakaian dan warnanya, yang sering kita gunakan. Langkah berikut adalah memahami gaya fashion kita.

Apakah kita penyuka fashion simple yang netral, atau mungkin kita penyuka fashion full colour dengan corak tertentu.

Dikutik pada website parapuan, Dacy Gillespie, seorang penata busana serta pendiri Mindful Closet, menjelaskan bahwa, lemari kapsul tidak harus selalu berisi pakaian klasik, sederhana, dan minimalis.

Yang terpenting adalah kemampuan memadu padankan beberapa jenis pakaian yang sesuai dengan gaya kita, tanpa harus mengkoleksi lebih banyak pakaian.


3. Menetapkan parameter jenis pakaian sesuai diri sendiri

Tidak perlu sama dengan yang lainnya, fokus saja ke parameter fashion yang membuat kita nyaman dan percaya diri.

Misal, kita adalah pecinta outwear unik, maka tidaklah salah jika kita mengkurasi jenis pakaian lain, selain outwear tersebut. Pastikan juga item pakaian lain yang tersisa di lemari, bisa dipadu padankan dengan beberapa outwear yang kita sukai.


4. Kurasi isi lemari sesuai kebutuhan keseharian kita

Setelah menentukan karakter pakaian, jenis serta parameter fashion kita. Maka langkah berikutnya adalah, kurasi isi lemari untuk menentukan item pakaian mana yang akan mengisi lemari kapsul, dan mana yang bisa dihilangkan.

Jangan lupakan untuk menyimpan jenis pakaian yang sering kita gunakan, lebih banyak dari pakaian yang jarang digunakan.

Misal, kita butuh baju untuk ke kantor setiap harinya, maka akan lebih baik jika kita mengatur porsi pakaian yang pantas dipadu padankan untuk ke kantor, lebih banyak dari pakaian lainnya.


5. Konsisten dengan gaya hidup capsule wardrobe

Langkah terakhir adalah, selalu konsisten dengan gaya hidup lemari kapsul ini. Hal ini penting untuk menghindari godaan untuk kembali mengkoleksi pakaian tambahan yang sebenarnya belum terlalu dibutuhkan.

Karena konsep capsule wardrobe adalah sustainable, di mana pakaian yang kita gunakan seharusnya timeless atau dipakai untuk jangka yang lama. Yang tentunya akan sangat membantu mengurangi limbah fashion yang merusak alam.

Baca juga : Mix & Match Kerudung Warna Terang


Ide Jenis Pakaian yang Harus Dimiliki Pada Capsule Wardrobe Hijaber

Berikut adalah beberapa ide yang bisa ditiru, untuk menentukan jenis pakaian apa yang harus dimiliki untuk mengisi capsule wardrobe kita, di antaranya:


1. Blazer

Merupakan sebuah fashion item yang hijab friendly. Blazer memang sangat mudah dipadu padan dengan jenis pakaian lain, sehingga kita bisa menggunakannya berkali-kali, dan tetap tidak akan membosankan.

capsule-wardrobe-untuk-blazer-hijab
Source: lemon8

Jenis pakaian ini, biasanya digunakan untuk acara formal, namun tetap keren untuk digunakan dalam kegiatan santai. Sehingga blazer merupakan jenis pakaian timeless yang tidak akan pernah hilang dari trend fashion.

Sebagai tips, pastikan blazer koleksi kita punya kualitas bahan yang lebih baik, agar bisa digunakan dalam waktu lama.


2. Blouse dan Kemeja

Jenis pakaian ini memang paling cocok digunakan dengan bawahan apapun. Kemeja pun bisa juga digunakan sebagai atasan maupun outer. Tidak heran jika blouse dan kemeja selalu jadi andalan bagi yang menyukai tampilan kasual.


3. Tank top dan Kaos

Kedua jenis pakaian ini juga paling mudah di mix and match dengan jenis pakaian apapun. Kita bisa memadukan dengan blazer, jeans, atau digunakan sebagai atasan pun, tetap bikin look dengan jenis pakaian ini terlihat keren.

capsule-wardrobe-untuk-tank-top-hijab
Source: IDN Times

Kita bisa memilih tank top dan blouse dengan warna netral, agar bisa dipadukan dengan banyak jenis pakaian. Atau bisa juga memilih dengan warna yang sesuai karakter fashion kita.


4. Pakaian dari bahan denim

Semua pakaian yang terbuat dari bahan denim juga merupakan jenis pakaian yang bisa dipadu padankan dengan berbagai jenis pakaian lainnya.

capsule-wardrobe-untuk-denim-hijab
Source: Pinterest

Misal, rok, celana ataupun jaket denim, akan tetap terlihat keren dipadu padankan dengan jenis kaos ataupun kemeja. Pun juga pakaian dengan bahan denim ini, bisa menyesuaikan di segala cuaca.


5. Dress

Dress dengan model sederhana merupakan pilihan yang pas untuk digunakan berulang kali. Bisa dipasangkan dengan blazer, jaket denim atau kemeja sebagai outer yang keren.

capsule-wardrobe-dress-hijab
Source: lemon8

Karenanya, dress bisa jadi jenis pakaian wajib dalam capsule wardrobe. Kita bisa menambahkan asesoris seperti kalung, belt dan lainnya, secara bergantian agar tercipta look fashion anti bosan.

Baca juga : Rekomendasi 5 Model Baju untuk Perut Buncit


Kesimpulan dan Penutup

Capsule wardrobe merupakan istilah yang sedang happening saat ini. Disebut juga lemari kapsul, di mana pakaian yang ada di lemari tidak perlu berlimpah, karena bisa dipadu padankan dan dengan kualitas serta model yang timeless.

Dengan demikian, kita bisa lebih sustainable yang tentunya akan membantu terjaganya lingkungan hidup, yang saat ini tengah digempur oleh limbah fast fashion.


Sumber:  

  • https://highend-magazine.okezone.com/read/mengenal-capsule-wardrobe-dan-langkah-langkah-membuatnya-j33N3a diakses 18 Oktober 2023
  • https://www.parapuan.co/read/533437523/mengenal-capsule-wardrobe-solusi-untuk-mengurangi-pakaian-menumpuk-di-lemari diakses 18 Oktober 2023

Gambar : berbagai sumber dan canva edit by ReyBlogger

Demikianlah artikel tentang Capsule Wardrobe, sebuah solusi bisa tampil tetap keren meski dengan sedikit pakaian, semoga bermanfaat.