Review SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask

SKINTIFIC Mugwort anti pores & acne clay mask ini menjadi salah satu face mask jenis clay favorit saya akhir-akhir ini, karena seampuh itu bikin kulit wajah saya terasa lebih bersih dan sehat.
 
Yup, setelah mencoba beberapa produk SKINTIFIC, seperti SKINTIFIC 5x Ceramide Barrier Repair Gel dan SKINTIFIC Barrier Booster Facial Oil, ternyata saya jadi makin ketagihan dengan berbagai produk lainnya, salah satunya clay mask yang mempunyai kandungan utama, Mugwort.

Dan di Beauty By Rey kali ini, saya akan membagikan pengalaman saya menggunakan masker yang bagus banget buat menghilangkan jerawat serta minyak berlebih di wajah.

Secara ya, kulit saya tuh akhir-akhir ini udah sering jadi kombinasi, oily di T Zone.
Dan hal itu memicu jerawat dan beruntusan yang bikin wajah jadi kusam.


Alasan Mencoba SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask


Selain memang lagi suka banget cobain beberapa produk SKINTIFIC, ada beberapa alasan lain yang bikin saya tertarik mencoba clay mask ini.

Yang pertama, saya memang suka banget pakai masker wajah jenis clay.
Terlebih sejak kulit saya yang awalnya normal, lama-lama jadi kering, terus jadi kombinasi kayak sekarang.

Nggak jelas banget emang kulit saya ini, hahaha.
Makanya, meski saya punya beberapa sheet mask, saya lebih suka memilih pakai clay mask

Yang kedua, karena penasaran dengan kandungan utama dari SKINTIFIC Mugwort anti pores & acne clay mask ini.

SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask

FYI, Mugwort merupakan tumbuhan gulma berbunga, yang banyak ditemukan di belahan bumi bagian utara. Tanaman ini  telah digunakan sejak dulu kala, untuk berbagai keperluan.
Mulai dari dijadikan sebagai masakan, sebagai herbal, sebagai obat-obatan tradisional, hingga sebagai jimat untuk mengusir roh jahat.

Di Korea bahkan telah lama memasukan tanaman Mugwort ini ke dalam produk perawatan kulit mereka, yang kebanyakan dirancang untuk menenangkan kulit sensitif, merawat kulit kering, dan juga mengatasi jerawat di wajah.

Saking multifungsinya manfaat Mugwort, khususnya untuk beberapa jenis dan masalah kulit. Hingga banyak dokter kulit yang merekomendasikannya untuk pengobatan eksim, psoriasis, dan anti aging.
Hingga untuk mengatasi dan mengobati jerawat.


Review SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask


Keterangan Produk

  • Nama produk : SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask
  • Di formulasikan di : Canada
  • Isi :  55 gram
  • Harga :  Rp. 139.000
  • Rekomendasi untuk jenis kulit : semua jenis kulit, terutama untuk kulit berminyak dan berjerawat
  • Penggunaan : 2-3 kali seminggu
  • Keterangan lain : No Paraben, No Alcohol, No Mineral Oil, No Colorant dan Vegan Friendly serta Cruelty Free


Klaim / Manfaat


SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask merupakan clay mask yang mengandung ekstrak Mugwort berkualitas tinggi yang ampuh dalam melawan jerawat, dan membuat kulit jadi lebih bersih dan sehat. 

Kandungan Pure Mugwort sangat membantu mengangkat sel kulit mati, dan seperti magnet untuk membersihkan pori-pori, dan menghidrasi serta menenangkan dan menyegarkan kulit. 

Mengandung juga bahan yang kaya mineral bersama dengan niacinamide dan ceramide, sehingga mampu membantu menghaluskan dan mencerahkan kulit secara instan, sekaligus melindungi kulit.

Adapun manfaat dari SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask adalah:
  • Mampu menenangkan jerawat
  • Menenangkan bruntusan
  • Membersihkan wajah secara mendalam
  • Mengurangi kemerahan di wajah
  • Membersihkan pori-pori wajah
  • Menghaluskan dan meratakan warna kulit wajah
  • Memperbaiki skin barrier
  • Melembabkan kulit serta sebagai oil control
  • Mengecilkan tampilan pori-pori

Ingredients


Adapun full ingredients dari SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask ini adalah:
"Aqua, Montmorillonite, Glycerin, Artemisia Vulgaris (Mugwort) Extract, Cetearyl Alcohol, Oryza Sativa (Rice) Bran Oil, Methylpropanediol, Ethylhexyl Palmitate, Ci 77891, Magnesium Aluminometasilicate, Glyceryl Stearate, Volcanic Soil, Peg-100 Stearate, 1, 2-Hexanediol, Hydroxyacetophenone, Xanthan Gum, Cetearyl Glucoside, Allantoin, Chlorphenesin, Niacinamide, Centella Asiatica Extract, Ceramide As, Ceramide Eop, Ceramide Ap, Sodium Hyaluronate, Alchemilla Vulgaris Extract,Bisabolol, Silica, Ethylhexylglycerin, Disodium Edta, Pentylene Glycol,Sophora Flavescens Root Extract, Trehalose, Opuntia Ficus-Indica Stem Extract, Ophiopogon Japonicus Root Extract, Hydrogenated Lecithin, Butylene Glycol, Glucose, Lactobacillus Ferment, Parfum, Ceramide Np, Zingiber Officinale (Ginger) Root Extract, Propylene Glycol, Salicylic Acid, Gentiana Scabra Extract,Amylopectin, Dextrin, Fomes Officinalis (Mushroom) Extract,Phenoxyethanolbark Extract, Ceramide Ns/Ceramide Ng,Propylparaben, Glycyrrhiza Inflata Root Extract, Royal Jelly Extract, Ci 77492
 
SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask ini mengandung  hero ingredients yaitu:
  • Mugwort: sebagai hero ingredients utama yang merupakan tanaman yang dapat memberikan penyembuhan alami karena memiliki sifat menenangkan. Tanaman ini berkhasiat sebagai antibakterial, anti-fungal, anti-inflamasi, anti-aging, serta mampu melindungi skin barrier. Selain itu, mugwort juga mampu membersihkan racun, menstimulasi pembaruan kulit, serta mencerahkan kulit kusam. Dan kandungan ini sangat cocok untuk digunakan pada kulit kering dan iritasi, karena mampu memberikan sensasi menenangkan pada kulit yang sedang rusak.
  • Niacinamide (vitamin B3): yang merupakan kandungan aktif yang cerdas serta multi-fungsi, yang mampu menembus lapisan luar kulit, untuk bantu perbaiki warna kulit yang tidak merata, menyamarkan noda hitam, mengatasi kulit kendur serta pori-pori besar, juga dapat mengurangi kusam, dan melindungi kulit dari paparan sinar UV, sehingga kulit jadi tampak lebih halus dan awet muda.
  • Salicylic acid: yaitu sebuah kandungan yang dapat menembus ke dalam kulit untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori kulit di wajah, yang seringnya menyebabkan jerawat. Kandungan ini juga mampu mengeringkan sebum atau minyak yang berlebihan di dalam pori-pori, sehingga mampu mencegah terjadinya breakout.
  • Centella Asiatica: yang ampuh dalam menenangkan kulit.
  • Montmorillonite: yang biasa juga disebut bentonite, yang mampu menyerap kotoran dan sebum dari permukaan kulit dengan baik, juga memiliki sifat antiradang, sehingga sangat baik digunakan untuk mengatasi kulit berminyak dan berjerawat.


Packaging


SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask ini dikemas dalam sebuah jar akrilik tebal anti pecah berukuran 55 gr, berwarna bening sehingga isi mask-nya terlihat dari luar.

Review SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask

Di samping jar ada stiker berwarna putih yang berisi tulisan nama produk beserta hero inggredients produknya, dan juga manfaat produk.

Di bagian bawa jar, ada tulisan timbul SKINTIFIC dan  nomor LOT serta tanggal expired (suka sih yang gini, jadi expired-nya susah dipalsukan).

Review SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask

Tutupnya juga terbuat dari plastik berwarna putih yang bisa dibuka tutup dengan cara diputar, di bagian atas tutupnya juga ada tulisan timbul SKINTIFIC.
Ketika tutupnya dibuka, di bagian dalam inner lid atau tutup dalam berwarna putih, tidak ada spatula di dalamnya, karena spatulanya agak panjang, jadi diletakan di bagian kardus.

Review SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask

Kemasan jar ini, juga dikemas lagi dalam sebuah kardus persegi yang berwarna hijau , dan di kardus ini terdapat tulisan keterangan produk yang lumayan lengkap, serta kesemuanya berbahasa Inggris.

Mulai dari nama produk, hero ingredients dan keterangannya, full ingredients, manfaat dan kelebihan produk, dan lain semacamnya.


Tekstur dan Aroma


Tekstur dari SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask ini berbentuk cream yang kental dan padat, berwarna hijau mint.
Namun jangan khawatir, meski lumayan creamy padat, tapi masih mudah di-blend ketika pemakaian di wajah kok.

Review SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask

Untuk aromanya, meski saya melihat ada kandungan parfum di ingredients-nya, tapi jujur saya hampir nggak mencium aroma yang tegas, bahkan nyaris nggak kecium kecuali diendus di jar-nya.
Baru deh kecium ada aroma samar yang segar dan lembut, mungkin aroma ingredients-nya si Mugwort kali ya.
 
 

Cara Pemakaian


Adapun cara pemakaian SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask ini simple, yaitu:
  1.  Ambil mask secukupnya dengan menggunakan spatula, lalu oleskan mask secara tipis pada kulit wajah yang bersih, jangan lupa hindari area mata.
  2. Setelah merata ke seluruh permukaan wajah, tunggu hingga 10 - 15 menit (jangan kelamaan ya, karena bisa bikin kulit jadi kering), lalu bilas sampai bersih dengan air hangat.
  3. Untuk mendapatkan hasil terbaik, sebaiknya gunakan clay mask ini sebanyak 2-3 kali seminggu.

 

My First Impression


Excited banget ketika pertama kali mencoba SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask ini, karena udah coba 2 produk SKINTIFIC sebelumnya, dan kesemuanya cocok dan saya suka.

SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask

Dan pertama kali mencoba, udah suka duluan liat kemasan dan tekstur sama warnanya yang cantik, apalagi ketika mengoleskan clay mask ini ke wajah, teksturnya terasa lembut banget, kayak es krim dah, hahaha.

Ketika dioleskan, terasa sensasi cooling di kulit, bikin wajah jadi adem dan nyaman, apalagi teksturnya memang mudah banget dioleskan dengan spatula yang disediakan.
Mask-nya menempel dengan baik, dan menutup semua permukaan wajah dengan baik, nyaris nggak ada bolong-bolong kayak clay mask biasanya. 

Mungkin juga karena teksturnya yang super creamy dan lembut, jadinya hingga 15-20 menit berlalu, clay mask yang nempel di muka itu masih terasa lembab, meskipun udah nggak lengket, dan iyes... saya masih bisa tertawa dong make masker ini, nggak bikin kulit wajah saya jadi kayak ketarik-tarik.

Setelah clay mask di wajah dibasuh dengan air hangat, kulit wajah saya terasa auto lembut dan tetap lembab tanpa ada efek ketarik sama sekali.

Over all, i like this!


Beli di mana?


Seperti biasa, beauties bisa membeli semua produk SKINTIFIC termasuk clay mask mugwort ini, melalui online shop di beberapa e-commerce, seperti di Shopee, Tokopedia, Lazada bahkan Sociolla.
Beauties bisa liat link lengkap pembeliannya di bio akun instagram @skintificid


Kelebihan SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask

  • Cocok di kulit saya, klaimnya untuk bikin kulit bersih dan sehat terasa banget, terutama dalam mengurangi produksi sebum di area T Zone wajah saya.
  • Teksturnya enak banget buat diaplikasikan ke wajah, meski creamy dan kental tapi mudah diaplikasikan, dan menempel dengan baik, tanpa bikin kulit jadi terasa kaku dan ketarik-tarik.
  • Kemasannya praktis, namun memang tidak boleh dipisahkan dari kardusnya, karena spatulanya nggak muat di kemasan jar-nya.
  • Nggak ada efek negatif di kulit saya sama sekali.
  • No Paraben, No Alcohol, No Mineral Oil, No Colorant dan Vegan Friendly serta Cruelty Free,
  • karenanya aman bahkan untuk kulit sensitif sekalipun.
  • Terdaftar BPOM
 

Kekurangan SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask

Sejujurnya saya belum menemukan kekurangan clay mask ini, selain kemasannya yang agak kurang praktis menempatkan spatulanya. 
Selain itu semuanya saya suka.


Repurchase?


Off course YES!
Karena saya memang suka clay mask, dan kulit saya butuh SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask ini.


Kesimpulan Review SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask


Hingga saat ini, saya sudah mencoba produk ini sekitar 4-5 kali, saya pakai 3 kali seminggu, paling kalau lagi malas ya 2 kali saja.

Tapi berhubung memang kulit saya agak sedikit oily di T Zone dan bikin sering jerawatan, saya jadi rajin dong pakai SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask ini.

Review SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask
Yang terlihat ketika awal pemakaian, adalah kulit lebih bersih (warna kulit dipengaruhi cahaya,)

Dan pemakaian, begini hasil dari klaim dan manfaat produk ini yang saya rasakan:
  • Mampu menenangkan jerawat -> Yes, jerawat jadi jarang muncul, kalaupun muncul nggak sampai infeksi.
  • Menenangkan bruntusan -> Yes, biasanya dari beruntusan trus jadi jerawat, tapi sekarang jarang berjerawat.
  • Membersihkan wajah secara mendalam -> Yes, terbukti dari setelah pemakaian, kulit saya terasa lebih lembut dan bersih.
  • Mengurangi kemerahan di wajah -> Belum pernah ada masalah kemerahan sih.
  • Membersihkan pori-pori wajah -> Yes, terlihat dari kulit yang terasa lebih lembut dan bersih, serta jarang terjadi komedo dan jerawat.
  • Menghaluskan dan meratakan warna kulit wajah -> Yes, meski yang terasa cuman menghaluskan
  • Memperbaiki skin barrier -> belum terlihat nyata sih, karena nggak punya masalah skin barrier rusak parah. 
  • Melembabkan kulit serta sebagai oil control -> Yes banget!, kulit wajah saya jadi nggak terasa berminyak, meski di area T Zone.
  • Mengecilkan tampilan pori-pori -> belum terlihat signifikan sih.

Over all, dari pengalaman saya, bisa disimpulkan bahwa SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask ini high recomended banget untuk dicoba, khususnya bagi yang punya masalah kulit berminyak, beruntusan hingga jerawat yang mengganggu.

Ada yang sudah pernah cobain?
 
Sidoarjo, 25 Agustus 2022

Sumber: 
  • Pengalaman pribadi
  • https://skintificcanada.com/
Gambar: dokumen pribadi