7 cara mencegah kulit keriput

Kulit wajah keriput adalah salah satu momok menakutkan buat wanita, khususnya, termasuk saya sih ya. Meskipun bukan berarti saya tidak berusaha menerima kodrat yang akan dialami semua manusia tersebut.

Tapi, tetap juga saya berusaha untuk menerapkan beberapa cara mencegah kulit keriput di wajah, demi delay keriput dan terlihat tetap segar (mau bilang awet muda aja kok malu ya, hahaha).

Sebenarnya, kita semua tahu, kunci awet muda dan delay keriput di kulit wajah itu cuman 2, yaitu fisik dan mental yang sehat.

Di mana, untuk mendapatkan fisik dan mental yang sehat itu, tentu saja kita harus menerapkan pola hidup yang juga sehat.

Sayangnya, pola hidup sehat itu, seringnya sulit banget diterapkan, terlebih dengan berbagai tantangan yang harus kita, para wanita hadapi di masa kini.

Namun, bukan berarti, kita jadi abai untuk menerapkan beberapa cara sehat tersebut, meskipun mungkin tidak bisa kesemuanya kita terapkan dengan baik.

Dan beberapa cara yang bisa kita lakukan demi mencegah kulit keriput di wajah adalah:


1. Selalu Menggunakan Sunscreen


Sunscreen adalah koentji awet muda!
Karena sunscreen akan melindungi kulit wajah dari sengatan sinar matahari yang merusak kulit wajah kita.

mencegah kulit keriput

Sayang banget sih saya agak telat menyadari hal ini, meski demikian bersyukur kerusakan kulit wajah akibat sinar matahari, salah satunya adalah munculnya flek hitam di wajah dan tentu saja potensi munculnya kerutan lebih cepat.

Hal ini dikarenakan, sinar matahari yang mengandung gelombang UVA dan UVB, di mana keduanya dapat merusak sel kulit kita, bukan hanya masalah keriput, tapi juga rentan mengalami kanker kulit hingga penuaan dini. 

Karenanya, jangan lupa selalu sunscreen dengan SPF minimal 30 atau 50 setiap harinya ya beauties!. 


2. Penuhi Kebutuhan Tidur yang Cukup


Tidur adalah sebuah aktifitas penting buat tubuh kita, yang mana dengan tidur, kita bisa mengistirahatkan semua tubuh bahkan pikiran kita.
Tidak heran, tidur yang cukup juga merupakan salah satu cara untuk mencegah keriput di wajah.

Dengan tidur yang cukup dan berkualitas, maka akan membantu proses perbaikan jaringan kulit kita bisa berjalan optimal, dan hal itu membuat kulit jadi lebih sehat kembali. 

Beberapa penelitian juga menunjukan, tidur malam yang cukup dan berkualitas bermanfaat untuk memperlambat atau mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit, seperti terjadinya keriput di kulit wajah.


3. Penuhi Kebutuhan Air Minum


Selain tidur yang cukup, memenuhi kebutuhan air minum setiap harinya adalah salah satu cara untuk mencegah terjadinya keriput di wajah.

Hal ini disebabkan karena, air putih yang cukup di tubuh, akan membuat nutrisi penting bisa tersalurkan dengan baik ke sel-sel kulit kita, dan tentunya akan meningkatkan elastisitas kulit. 

Sudah bukan rahasia lagi ya, salah satu manfaat air putih untuk kulit adalah membantu mengembalikan elastisitas kulit yang sangat berpengaruh terhadap mencegah keriput di kulit.

Juga dengan terpenuhinya kebutuhan air minum, akan mencegahnya kulit jadi kendur dan mengencangkannya kulit di area yang rentan kendur, seperti pinggang, lengan atas, paha, hingga rahang.


4. Rutin Gunakan Skincare yang Menghidrasi


Selain cara-cara mencegah kulit keriput dari dalam, jangan lupa juga untuk mencegah kulit keriput dari luar, salah satunya dengan rutin menggunakan skincare yang bisa menghidrasi kulit dengan baik.
Jika kulit terhidrasi, maka keriput akan bisa dicegah, karena kulit akan lebih kenyal dan lembab. 

Jadi, jika di waktu muda beauties sering mager menggunakan skincare, pastikan jangan skip skincare lagi ya, terutama jika usia tidak muda lagi.


5. Hindari Fast Food, Ganti dengan Healthy Food


Banyaknya fast food yang menggoda iman di mana-mana juga menyumbang penyebab kulit keriput, khususnya di wajah.

cara mencegah kulit keriput

Makanan fast food memang enak, tapi sejujurnya tidak memiliki banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh serta kulit.

Sebaliknya, gantilah dengan memperbanyak konsumsi healthy food yang kaya nutrisi, seperti: teh hijau, bawang-bawangan, minyak zaitun, ikan salmon dan tuna, kacang-kacangan, ubi, buah delima, buah alpukat, hingga berbagai sayuran hijau, berbagai buah berry, serta buah maupun sayuran yang kaya akan vitamin C.


6. Kurangi Konsumsi Gula dan Garam 


Dalam gula atau makanan maupun minuman manis, terdapat glukosa dan fruktosa yang dapat merusak protein kolagen dan elastin kulit, juga bisa memicu produksi AGE (Advanced Glycation End Products) yang bikin kolagen dan elastin tidak bisa berfungsi sebagai regenerasi sel.

Karenanya kurangi, bahkan hindari konsumsi makanan atau minuman manis, termasuk makanan asin.
Mengonsumsi makanan yang mengandung terlalu banyak garam bisa mempercepat proses penuaan kulit. 

Di mana sebuah penelitian mengungkapkan bahwa natrium pada garam,bisa meningkatkan penuaan sel yang dapat memicu garis halus hingga terjadinya kerutan di kulit. 


7. Hindari Merokok


Rokok, bukan hanya merusak tubuh, tapi juga sangat berpengaruh pada kulit, karena dapat memicu terbentuknya produksi melanin di kulit.

Hal ini akan menimbulkan hiperpigmentasi atau bintik-bintik hitam di kulit, terutama pada wajah. 
Dan tentu saja akan berpengaruh dengan penuaan dini dengan kulit jadi mudah keriput.


Penutup 


Mencegah kulit keriput di wajah itu penting, karena berhubungan dengan kulit sehat yang tentunya akan mempengaruhi mental dan fisik yang sehat.

Dan yang pasti, dengan mencegah kulit keriput di wajah, akan membuat kita jadi awet muda, meskipun mungkin usia tidak tergolong muda lagi.


Sidoarjo, 22 Desember 2022