ciri-ciri-kulit-wajah-sensitif

Ciri-ciri kulit wajah sensitif kadang kurang dipahami banyak orang, sehingga yang terjadi kurang memahami kondisi kulitnya, lalu dengan mudahnya melakukan hal-hal yang sebenarnya tidak boleh dilakukan untuk kulit sensitif.

Salah satunya, mencoba skincare yang bukan khusus diperuntukan jenis kulit sensitif, sehingga yang terjadi kemudian, kulit menjadi breakout, lalu menyalahkan skincare-nya.

Padahal, yang namanya perawatan kulit sensitif itu, amat sangat berbeda dengan perawatan kulit lainnya, apalagi disamakan dengan jenis kulit normal.



Apa itu Kulit Sensitif


Kulit sensitif adalah istilah untuk kondisi kulit yang rentan mengalami iritasi, dan berakibat adanya reaksi yang berlebih, terutama setelah terpapar berbagai faktor, misal, zat tertentu produk kosmetik, atau terpapar sinar matahari, maupun udara kotor. 

ciri-ciri-kulit-wajah-sensitif

Biasanya, gejala yang terjadi setelah pemaparan, hampir tidak terdeteksi, selain si pemilik kulit sensitif akan merasakan sensasi gatal, perih, dan kering di wajah, terutama ketika saat reaksinya kambuh. 


Ciri-Ciri Kulit Sensitif


Ini penting banget untuk diketahui oleh semua orang, terutama yang memiliki jenis kulit sensitif, di mana ciri-ciri kulit sensitif adalah:

ciri-ciri-kulit-wajah-sensitif

1. Kulit yang sangat reaktif 


Ciri utama kulit wajah sensitif adalah, kulit yang sangat reaktif sebagai responsnya untuk berbagai pemicu tertentu. 

Adapun pemicunya adalah seringnya dari sabun, deterjen, parfum, maupun produk perawatan kulit, bahkan produk rumah tangga. 

Bukan hanya itu, seringnya cuaca yang tidak bersahabat, akan memicu reaksi berlebih pada kulit wajah yang sensitif. 


2. Kulit sering mengalami ruam 


Salah satu ciri yang terlihat, sebagai reaksi kulit sensitif terhadap pemicunya adalah terjadinya ruam pada kulit. Kulit ruam ini ditandai dengan tekstur yang bersisik dan memerah.
Jika tidak ditangani dengan benar, maka ruam akan menjadi makin parah dan menjadi infeksi.

Biasanya, hal ini terjadi di kulit wajah sensitif, ketika mencoba produk baru kosmetik, misal skincare atau sunscreen, yang mengandung ingredients yang memicu reaksi kulit sensitif.



3. Kulit jadi breakout 


Ciri kulit sensitif di wajah lainnya adalah mengalami kondisi breakout, di mana kondisi ini berupa kulit yang mengalami seperti jerawat dengan benjolan merah dan pustula

Hal ini biasanya terjadi dan berlangsung cukup lama, sampai akhirnya benar-benar sembuh, setelah dirawat dengan benar. 


4. Kulit menjadi kering 


Kondisi kulit yang tiba-tiba terasa kering juga merupakan salah satu ciri-ciri kulit wajah sensitif loh, meskipun pada umumnya pemilik kulit sensitif punya strugle dengan masalah jerawat, di mana seringnya kulit berjerawat itu, identik dengan kulit oily atau berminyak.

Ciri-ciri kulit wajah sensitif yang terasa pada kulit kering ini, biasanya disebabkan oleh reaksi berlebih ketika menggunakan produk perawatan kulit yang tidak benar.


5. Kulit jadi terkelupas 


Ketika reaksi kulit sensitif menjadikan kulit wajah kering, yang biasanya juga disebabkan oleh kondisi skin barrier kulit yang lebih tipis dibandingkan tipe kulit lainnya. 

Sehingga yang terjadi kemudian adalah, kulit jadi lebih mudah terkelupas, hingga akhirnya menjadi terasa perih ketika mengaplikasikan produk perawatan kulit biasanya.


6. Kulit terasa gatal 


Kulit wajah yang terasa gatal hingga jadi ingin menggaruknya, juga termasuk salah satu ciri-ciri kulit wajah sensitif.

Biasanya hal ini terjadi setelah menggunakan produk perawatan kulit tertentu yang ternyata memicu reaksi kulit wajah yang sensitif.
Kulit yang gatal ini, biasanya disertai ruam maupun hingga kulit terkelupas karena digaruk, lalu akhirnya terasa perih.


7. Kulit Terasa Perih 


Seringnya, kulit wajah sensitif juga akan terasa perih dan terbakar, terutama setelah beraktivitas terlalu lama di bawah sinar matahari yang terik. 

Hal ini dikarenakan dampak buruk dari sinar UV matahari yang mampu membuat fotosensitivitas kulit meningkat, dan juga mengakibatkan penuaan dini.


8. Kulit jadi mudah berjerawat 


Kulit yang mudah berjerawat juga seringnya menjadi ciri-ciri kulit wajah sensitif, yang seperti dibahas di atas, bahwa kulit sensitif juga dikarenakan skin barrier yang tipis sehingga menjadikan kulit jadi kering dan mudah berjerawat.



9. Fotosensitivitas Tinggi 


Kulit wajah sensitif juga akan lebih mudah bereaksi terhadap sinar UV matahari, dan akan menjadi seprti terbakar, yang biasa disebut fotosensitivitas yang lebih tinggi.
Ketika sudah terjadi hal itu, kulit akan terasa gatal, kemerahan, hingga perih, lalu muncul jerawat.


10. Produk Skincare jadi sulit terserap di kulit 


Karena kondisi kulit sensitif yang menjadi kering hingga terkelupas akibat sensitivitas yang tinggi, sehingga mengakibatkan skincare atau produk perawatan kulit yang digunakan, akan sulit terserap dengan baik.

Karenanya, wajib untuk menggunakan produk yang tepat untuk kulit wajah sensitif, agar produk tersebut bisa terserap dan melembabkan wajah dengan baik.


Tips Merawat Kulit Sensitif


Mempuyai kulit wajah sensitif, membuat pemilik kulitnya harus mau lebih ekstra peduli dalam merawat kulit wajah dengan baik dan tepat.

ciri-ciri-kulit-wajah-sensitif

Adapun tips penting dan mudah, yang bisa diterapkan dalam merawat kulit sensitif, adalah:


1. Wajib memilih produk perawatan kulit yang ramah dan cocok untuk kulit sensitif


Memiliki kulit wajah sensitif, membuat pemilik kulit tersebut harus lebih ekstra berhati-hati dalam memilih produk perawatan kulitnya. 

Pilihlah dan gunakan produk perawatan khusus, yang diperuntukan buat kulit sensitif.
Biasanya produk demikian, hanya mengandung sedikit sekali bahan kimia, dengan tekstur yang mild atau lembut di kulit, dan pastinya tanpa adanya wewangian atau fragrance

Produk-produk perawatan kulit seperti ini, biasanya ditandai dengan labe "hypoallergenic”.


2. Hindari memakai produk dengan bahan iritatif


Kulit wajah sensitif sangat rentan mengalami reaksi yang berlebih, sehingga wajib untuk menghindari pemakaian produk [erawatan kulit, khususnya yang mengandung bahan iritatif, seperti antibakteri, deterjen, benzoil peroksida, sulfur (belerang), glycolic acid, alkohol, hingga retinoid.

3. Jangan skip pakai pelembap wajah


Karena kulit wajah sensitif sangat rentan menjadi kering dan pecah-pecah, karenanya jangan pernah skip atau lupa menggunakan pelembab, khususnya setelah mandi atau membersihkan wajah.

Pilihlah pelembap yang aman, yang umumnya mengandung petrolatum, minyak mineral, asam linoleat, ceramide, dimethicone, atau gliserin aman untuk kulit sensitif.

4. Hindari terpapar sinar matahari dengan wajib memakai tabir surya


Bagi pemilik kulit wajah sensitif, paparan sinar matahari akan sangat menimbulkan reaksi berlebih pada kulit, karenanya jangan pernah lupa atau skip menggunakan tabir surya atau sunscreen, terutama ketika beraktifitas di luar rumah.


Beauties bisa menggunakan tabir surya atau sunscreen khusus untuk kulit sensitif, dengan minimal SPF 30 atau lebih, agar lebih aman beraktivitas di luar ruangan.

Juga, bisa gunakan juga alat bantu seperti topi yang lebar serta kacamata hitam, ketika harus beraktifitas di bawah sinar matahari yang terik.

Pilihlah juga pakaian yang nyaman dan berbahan katun, agar bisa menyerap keringat, sehingga biang keringat tidak menjadi pemicu kulit sensitif juga.


5. Jangan mandi terlalu lama

Mandi yang lama memang kadang menyenangkan, terutama jika cuaca sedang gerah, namun hal ini dapat mengakibatkan kulit jadi mudah rusak, loh

Terutama pemilik kulit sensitif, sangat perlu untuk membatasi waktu mandi, tidak boleh terlalu lama, maksimal 10 -15 menit saja. 

Juga gunakan air dengan suhu yang pas hangatnya, jangan terlalu panas atau terlalu dingin, agar tidak memicu reaksi kulit sensitif.


Penutup


Punya kulit wajah sensitif memang sedikit merepotkan, bahkan butuh effort lebih untuk merawatnya, yang terpenting adalah kita harus mengenali dulu, seperti apa sih ciri-ciri kulit wajah sensitif itu?

Sehingga kita bisa memastikan bagaimana cara merawat kulit sensitif tersebut dengan benar dan mudah, agar kulit tetap sehat, dan terhindar dari reaksi berlebih yang menyiksa.


Sumber:
  • https://www.halodoc.com/artikel/ketahui-ciri-ciri-kulit-sensitif-dan-cara-mengatasinya diakses 14 Januari 2023
  • https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/kulit-sensitif/  diakses 14 Januari 2023
Gambar : Canva edit by Rey

Demikianlah artikel tentang ciri-ciri kulit wajah sensitif yang bisa kita ketahui, dan bagaimana cara mudah untuk merawatnya agar selalu sehat, semoga bermanfaat.