basic-skincare-untuk-pemula

Basic skincare untuk pemula sangat cocok digunakan untuk siapapun yang baru mengenal perawatan kulit, khususnya para remaja. 

Karena punya kulit glowing itu, bukan hanya impian wanita dewasa dong ya, para remaja tentu saja ingin memiliki kulit yang lebih sehat dan glowing.

Biasanya, remaja mulai dapat mengenal skincare, di rentang usia 12-17 tahun. Namun, pastikan pemilihan jenis perawatan kulit sesuai kulit remaja ya.

Dan sebenarnya nih, merawat kulit sejak dini itu penting, karena kulit juga butuh nutrisi melalui berbagai produk perawatan kulit, sama seperti tubuh kita.

Nah, untuk para pemula, jangan asal cobain produk perawatan yang beredar di pasaran ya, sebaiknya awali dengan pemakaian basic skincare. Sebagai pengenalan kulit terhadap perawatan kulit yang paling dasar.

Baca juga : Review Dear Me Beauty Skin Barrier Water Cream


Apa itu Basic Skincare untuk Pemula

Basic skincare adalah sebuah rangkaian pemakaian produk perawatan kulit yang paling dasar. Terdiri dari tahapan membersihkan kulit wajah, melembabkan kulit dan melindungi dari pengaruh buruh sinar matahari.

basic-skincare-untuk-pemula

Jadi, pada tahapan dasar ini, pemula tidak perlu atau jangan langsung memakai beragam produk perawatan yang berlapis-lapis.  Cukup beberapa produk dengan fungsi seperti yang disebutkan di atas. 

Baca juga : Perbedaan Skincare Hydrating dan Moisturizing


Apa Manfaat Basic Skincare untuk Pemula

Adapun manfaat dari penggunaan skincare dasar untuk pemula adalah, untuk merawat kulit sejak dini. Agar kulit tetap sehat dan glowing.

Dan jika dilakukan secara rutin, kulit wajah akan selalu sehat, garis-garis halus pun bisa lebih terkontrol. Demikian juga dengan kerutan, bintik hitam, serta berbagai kerusakan kulit akibat pengaruh buruk sinar matahari.

Baca juga : Chemical VS Physical Sunscreen, Bagusan Mana?


Apa Saja yang Penting Dalam Basic Skincare untuk Pemula

Beberapa hal yang penting dalam skincare dasar untuk pemula adalah, terdiri dari 3 langkah penting. 

basic-skincare-untuk-pemula

Yaitu:

  1. Cleansing (membersihkan).
  2. Moisturizing (melembabkan).
  3. Protecting (melindungi). 

Dari 3 langkah tersebut, perlu banget menggunakan produk yang sesuai dengan kebutuhan serta jenis kulit. Agar hasil yang didapatkan bisa lebih maksimal.

Baca juga : Cara Menggunakan Skincare dengan Benar Agar Hasil Maksimal


Urutan Pemakaian Basic Skincare untuk Pemula

Setelah mengetahui langkah penting dalam pemakaian skincare dasar untuk pemula. Maka yang perlu diketahui selanjutnya adalah, bagaimana urutan pemakaiannya, yaitu:   

basic-skincare-untuk-pemula

1. Basic skincare untuk pemula dengan menggunakan pembersih wajah

Untuk urutan pertama dalam pemakaian basic skincare, adalah membersihkan wajah.

Urutan atau tahapan ini sangat penting, karena berfungsi untuk membersihkan wajah dari segala macam kotoran yang menempel di kulit wajah.

Jangan lupa gunakan double cleansing, untuk hasil wajah yang lebih bersih. Karena facial wash saja seringnya tidak bisa mengangkat semua kotoran yang menempel. Apalagi jika mulai mengenal riasan wajah.

Baca juga : Manfaat dan Cara Double Cleansing yang Benar

Urutan pembersihan wajah ini bermanfaat untuk mencegah munculnya komedo maupun jerawat, serta mengontol produksi minyak di wajah. Pun juga dapat membuat wajah terlihat lebih segar.

Yang paling penting adalah, pilihlah produk facial wash yang sesuai jenis kulit, dan punya tekstur lembut. Sebaiknya, hindari pemakaian facial wash yang punya kandungan alkohol, parfum dan paraben, untuk mencegah iritasi di kulit wajah.


2. Menggunakan pelembab

Setelah wajah dibersihkan, pemula bisa meneruskan ke urutan kedua dalam pemakaianbasic skincare. Dalam hal ini adalah menggunakan pelembap. 

Pelembap dapat bermanfaat untuk membuat kulit jadi lembab, juga bisa mengontrol produksi minyak, menguatkan lapisan kulit serta membuat tekstur tekstur kulit jadi lebih halus.

Pilihlah pelembab dengan bahan natural, seperti centella asiatica, ekstrak lidah buaya, ekstrak bunga chamomile dan semacamnya. Sebaiknya hindari dulu pelembab dengan kandungan bahan aktif yang tinggi.

Gunakan pelembab tersebut, ketika pagi dan malam hari secara rutin, untuk hasil yang lebih optimal.


3. Menggunakan tabir surya atau sunscreen 

Selanjutnya, adalah tahapan atau urutan terakhir dalam basic skincare, yaitu memakai tabir surya atau sunscreen

Pemakaian tabir surya sebaiknya digunakan pada pagi dan siang hari, aplikasikan setelah memakai pelembap wajah.

Tabir surya berfungsi untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari, juga bisa untuk mencegah terjadinya hiperpigmentasi kulit.

Selain itu, dapay melindungi lapisan kulit dari radikal bebas, mencerahkan serta cegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

Agar lebih aman, pilih tabir surya dengan minimal SPF 30 PA+++.  Dan aplikasikan 30 menit sebelum menggunakan riasan wajah, atau sebelum keluar rumah. 

Ulangi kembali pemakaian tabir surya tersebut, setiap 4 jam sekali, agar wajah lebih terlindungi secara maksimal.

Baca juga : Review Ryoona Skin Fortifying Cleansing 


Kesimpulan dan Penutup

Basic skincare untuk pemula, khususnya untuk remaja, seharusnya memang dimulai dengan tahapan yang paling dasar.

Dari 3 fungsi dan 3 produk yang diaplikasikan ke wajah, dan jangan lupa pilih produk yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit. Serta pilihlah produk yang mengandung bahan alami, agar meminimalisir terjadinya iritasi di kulit. 


Sumber referensi:

  • Pengalaman pribadi
  • https://www.kompas.com/tren/read/2022/08/18/073000865/mengenal-basic-skincare-dan-urutan-pemakaiannya-agar-kulit-sehat diakses 23 Februari 2023
  • https://www.detik.com/bali/berita/d-6534272/5-tahapan-basic-skincare-untuk-pemula-agar-tampil-glowing diakses 23 Februari 2023
Gambar: Canva edit by Rey

Demikian artikel tentang basic skincare untuk pemula dan urutan pemakaiannya, semoga bermanfaat. Baca artikel kecantikan dan review skincare di Google News ya!