memilih skincare lokal

Memilih skincare produk lokal
itu penting banget buat saya, ya meskipun ada sebuah perjalanan panjang yang akhirnya membuat saya mantap dan cocok memakai produk buatan anak bangsa sendiri itu.

Karena kenyataannya, saat ini dunia per skincare an, masih didominasi oleh produk import, salah satunya yang merajai adalah skincare dari Korea.


Hadir sepaket dengan bertemankan drakor dan para idola dari Korea yang memang booming dan digilai banyak orang Indonesia. Sukses bikin banyak orang berpaling kepada jenis skincare yang iklannya tuh dipakai aktor aktris Korea yang kulitnya bak pualam itu.

Siapa yang tidak tergoda, coba?

Baca juga : Camellique Aqua Spa Sleeping Mask Review


Cerita Perjalanan Memilih Produk Skincare Lokal yang Cocok Ala Rey

Meskipun tidak masuk ke dalam golongan orang-orang yang menggilai drakor dan K-Pop, tapi jujur saya juga pernah kepincut dengan skincare Korea.

cerita pilih skincare lokal

Apalagi alasannya, kalau bukan karena penasaran dengan kulit orang-orang di sana yang kayaknya kok sehat-sehat semua.

Ditambah dulu sering banget baca review beberapa influencer maupun blogger, yang mengatakan betapa kerennya produk skincare dari Korea itu. Jadilah saya ikutan mencoba dengan niat awal ‘hanya penasaran‘ aja.

Meski harganya yang lumayan bikin dompet saya menjerit, tapi tetap saja dibeli. Dan terlebih ketika pakai, eh ternyata emang secocok itu di kulit saya.

Berikutnya, makin banyak jenis skincare Korea yang saya cobain, hanya karena alasan penasaran. Dan kenyataannya, seringnya cocok dan bikin kulit saya jadi lebih sehat.

Sampai akhirnya lama-lama kerasa juga dong efek sampingnya, yaitu dompet saya protes keras saking isinya melayang mulu untuk alokasi dana buat beli skincare Korea.

Dari situlah saya mulai melirik produk-produk yang lebih terjangkau harganya. Dan baru tersadar ternyata banyak loh produk skincare lokal yang harganya lebih terjangkau, tapi kualitasnya nggak kalah dari skincare produk dari Korea.

Baca juga : Camellique Aqua Spa Sleeping Mask Review


Permasalahan sulitnya mencari sunscreen yang cocok dan harganya terjangkau

Ngomongin cerita perjalanan saya memilih skincare produk lokal itu, bermula dari masalah sunscreen.

Sejujurnya, butuh waktu lama buat saya untuk bisa menemukan produk yang melindungi kulit dari paparan buruk sinar UV seperti sunscreen.

As you know, Alhamdulillah masalah kulit saya tuh nggak terlalu banyak karena jenis kulit saya juga normal saja. Namun saya concern banget sama yang namanya produk yang bisa melindungi kulit dari pengaruh buruk paparan sinar UV atau yang biasa disebut sunscreen.

Awalnya, saya sudah menemukan dan cocok dengan salah satu produk sunscreen dari Korea, tapi kok harganya lumayan menguras rekening juga. Dan lama-kelamaan juga kurang suka dengan teksturnya yang bikin kulit saya jadi lebih oily.

Saya lalu berpaling mencoba beberapa produk lokal yang memang lebih terjangkau, dan akhirnya ketemu, suka dan cocok banget pakai sunscreen produk lokal dari brand ERHA.


Review ERHA Perfect Shield SPF 30 PA++ For Oily Skin

Sebenarnya saya udah pernah membahas tentang produk sunscreen hero saya ini di postingan saya terdahulu.

Baca juga : Sunscreen ERHA Perfect Shield SPF 30 PA++ For Oily Skin

produk skincare lokal

Bermula dari resep dokter ketika treatment di ERHA, eh pas dicoba ternyata sesuka itu dong sama sunscreen ini.

ERHA Perfect Shield Sunscreen Oily Skin SPF 30 PA ++ merupakan sunscreen yang bermanfaat untuk memberikan perlindungan ganda terhadap sinar UVA dan UVB. Formulanya juga mudah menyerap dan nyaman digunakan sehari-hari.

Dengan beberapa hero ingredients di dalamnya, seperti: Aloe Vera, yang berguna untuk menenangkan sekaligus menghidrasi kulit wajah. Ada juga Vitamin E, yang bermanfaat untuk mengurangi kemerahan akibat paparan sinar matahari. Serta D-Panthenol, yang bikin kulit jadi terasa lebih lembab dan kenyal.

Selain kandungannya yang mantul, hal penting yang saya sukai dari produk ini adalah, teksturnya yang super ringan dan nyaman di kulit.

Tau sendiri kan, permasalahan memilih sunscreen itu selalu ada di tekstur yang seringnya terasa berat dan menyebabkan kulit oily.

Berbeda dengan tekstur dari ERHA Perfect Shield SPF 30 PA++ For Oily Skin. Berbentuk cream to lotion yang agak cair, bikin cepat banget menyerapnya dan nggak meninggalkan rasa lengket serta nggak ada whitecast sama sekali.

Tekstur nyamannya juga bertahan meski sudah beraktifitas dan berkeringat, nggak bikin wajah gerah kepanasan.

Dan pastinya, meski teksturnya ringan, tapi lumayan ampuh loh melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari. Asalkan jangan lupa reapply sih ya.

Baca juga : Manfaat Sunscreen BIOAQUA SPF 50


Alasan Memilih Skincare Produk Lokal

Setelah beberapa lama berkecimpung mencoba beberapa skincare produk import khususnya Korea, dan akhirnya bangga memilih pakai skincare produk lokal. Tentunya ada beberapa alasan yang menyertainya, di antaranya:

alasan pilih skincare lokal

1. Harganya lebih terjangkau

Nggak tahu ya kalau orang lain, tapi buat mamak-mamak kayak saya, memilih produk yang lebih terjangkau itu penting banget.

Ye kan, kalau bisa berhemat di skincare, duitnya kan bisa dipakai buat yang lain. Entah ditabung, atau dipakai membeli kebutuhan anak-anak yang belum tercukupi.

Nah, skincare produk lokal itu, kebanyakan harganya lebih terjangkau, jadinya pas banget deh dengan apa yang saya butuhkan.


2. Bahannya sesuai dengan kebutuhan kulit orang Indonesia

Karena skincare produk lokal itu, kebanyakan dibuat di Indonesia, otomatis menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitarnya. Dan tentunya diracik dengan menyesuaikan kebutuhan kulit konsumennya, yaitu orang Indonesia.

Berbeda dengan skincare produk luar, yang biasanya hanya bisa menyesuaikan dalam kebutuhan secara global yaitu Asia misalnya. Padahal, kondisi lingkungan dan geografi negara di Asia itu tidak semuanya sama.


3. Memilih skincare produk lokal untuk mendukung produk anak bangsa

Kalau bukan kita yang mendukung produk lokal, siapa lagi?

Dengan menggunakan skincare produk lokal, sama dengan ikut meng-support ekonomi negara sendiri. Juga ikut mendukung kemajuan produk anak bangsa.


4. Kualitasnya tidak kalah dengan produk import

Yang paling menarik adalah, kebanyakan skincare produk lokal itu, harganya lebih terjangkau, tapi kualitasnya nggak kalah dengan skincare Korea.

Saya sudah membuktikan beberapa skincare lokal yang khasiatnya juga sama dengan skincare Korea.


5. Lebih terpercaya dengan BPOM, Halal MUI dan Skinproof

Memilih skincare produk lokal tentunya lebih nyaman dan tenang, dengan adanya klaim terpercaya dari badan-badan yang kompeten menjamin kualitas produk tersebut.

Ada BPOM yang menjamin bahwa produk skincare tersebut aman digunakan sesuai manfaatnya. Ada halal MUI yang menjamin kehalalan sebuah produk sehingga bikin para muslim, yang memang mayoritas penduduk Indonesia jadi merasa aman menggunakannya.

Dan juga ada Skinproof, yang menjamin bahwa produk skincare tersebut sesuai dengan klaimnya.

Baca juga : Skinproof Bantu Konsumen Memilih Kosmetik Sesuai Kebutuhan


Tentang Skinproof

Skinproof merupakan anak perusahaan Arya Noble, yang fokus dalam segi evaluasi produk kosmetik dan riset konsumen. Telah ada sejak tahun 2017 dan telah dipercaya oleh berbagai perusahaan kosmetik ternama, khususnya dalam hal consumer insight, cosmetic claim support, sensory research hingga konsultasi dan layanan regulasi.

head of skinproof

Seperti kutipan narasumber pada press release, Theresia Sinandang S. Farm sebagai Head of Skinproof,

"Kami membantu pelaku usaha kosmetik mulai dari proses product development, cost reduction, identifikasi keunikan produk, benchmarking dengan produk sejenis atau kompetitor, hingga respon konsumen, untuk mengembangkan produk terbaik yang aman dan sesuai regulasi,"

Theresia juga menjelaskan, bahwa saat ini konsumen semakin paham akan kandungan dan keamanan produk kosmetik. Tentunya hal ini akan mendorong produsen kosmetik untuk terus berinovasi dalam mengembangkan produk yang layak dan sesuai dengan regulasi konsumen.

Karena dalam keseluruhan, besarnya animo masyarakat terhadap merek kosmetik lokal di Indonesia terus meningkat, dikarenakan masyarakat semakin menghargai kualitas, inovasi, dan identitas kebangsaan yang ditawarkan oleh para brand tersebut.

Dengan tingginya animo tersebut, tentunya menjadikan sebuah peluang besar bagi produk merek-merek lokal untuk terus berkembang dan bersaing sehat di pasar kecantikan. Yang mana konsumen semakin kritis dalam pemilihan produk kosmetik. Bukan hanya dari segi klaim dan harga produk, tetapi juga keamanan produk yang telah teruji secara klinis.

Untuk itulah Skinproof hadir melengkapi dan menjembatani kebutuhan masyarakat akan produk kosmetik, khususnya skincare produk lokal, apakah sesuai dengan kebutuhan mereka.


Penutup dan Kesimpulan Memilih Skincare Produk Lokal

Dengan perkembangan industri kecantikan di Indonesia, berbagai kosmetik khususnya skincare brand lokal mulai bermunculan, melengkapi animo masyarakat.

Saya sendiri juga mulai memilih dan menggunakan skincare produk lokal, karena ternyata memang harganya lebih terjangkau, tapi kualitasnya nggak kalah dengan produk luar seperti Korea.

Terlebih, dengan adanya support dari Skinproof, yang menjamin kualitas produk lokal sesuai dengan klaimnya, serta sangat memenuhi kebutuhan kulit masyarakat Indonesia.

Salah satunya saya memilih pakai ERHA Perfect Shield SPF 30 PA++ For Oily Skin yang merupakan salah satu produk skincare by Skinproof.

Informasi/Product Knowledge SKINPROOF bisa cek di:


Sumber:

  • Pengalaman pribadi
  • Website : https://skinproof.co.id/ diakses 30 Agustus 2023

Gambar : Skinproof, canva edit by Rey

Demikianlah artikel tentang alasan dan cerita saya memilih skincare produk lokal,semga bermanfaat.