metode-sandwich-skincare

Metode sandwich skincare dalam perawatan kulit tuh banyak dilakukan para beauty enthusiast masa kini, yang awalnya lebih banyak digunakan untuk lebih memaksimalkan kelembaban kulit.

Namun sering juga dipakai, sebagai salah satu metode atau skincare hack pada kulit sensitif, untuk memakai beberapa skincare dengan inggredients yang dibutuhkan, tapi punya reaksi berat di kulit sensitif.
Tehnik sandwich skincare atau moisture sandwich ini, pertama kali saya liat di konten seorang dokter kulit di instagram, sayang saya lupa nama dokternya, karena udah lama liatnya, hahaha.

Waktu itu, sang dokter menjelaskan tentang pemakaian retinol buat kulit sensitif atau beginner retinol.
As we know kan ye, kalau retinol itu beneran lagi disukai banyak wanita zaman now, termasuk saya dong.


Lucky me, kulit saya tuh tahan banting, meski ada sedikit reaksi saat pertama kali pemakaian, tapi not to much kayak wanita yang kulitnya sensitif banget lainnya.

Nah karenanya, si dokter mengajarkan tentang metode sandwich skincare ini dalam pemakaian retinol, di mana kala itu si dokter menyarankan pemakaian retinol dengan di'bungkus' oleh moisturizer cream.

Gara-gara itu, saya jadi penasaran ama hack skincare tersebut, terlebih saat salah satu bestie @diahalsa bertanya tentang pemakaian toner yang di'bungkus' moisturizer.

Saya yang merasa itu aneh, karena toh menurut saya, toner itu paling bagus kalau berhubungan langsung dengan kulit, karena dia yang mengunci atau mempersiapkan kulit dalam menerima serum dan pelembab skincare berikutnya, jadinya penasaran dan mencari tahu, sebenarnya tehnik sandwich skincare yang benar itu kayak gimana sih?

Apa Itu Metode Sandwich Skincare atau Moisture Sandwich

Seperti namanya, sandwich yang berarti makanan berlapis-lapis, namun yang ini sih metodenya skincare, bukan makanan ya, hahaha.

sandwich moiture pakai toner

Metode sandwich skincare adalah, sebuah metode pemakaian skincare yang berlapis-lapis dan beberapa macam di antaranya dipakai secara berulang.

Misal, jika dalam urutan pemakaian skincare yang umumnya adalah, facial wash, toner, essence, serum, moisturizer. Maka dalam metode skincare, ada satu jenis yang dipakai berulang, 'menyelimuti' salah satu skincare yang ingin dimaksimalkan, atau mengisi tiap layer dari tahapan skincare yang kita pakai


Manfaat Metode Sandwich Skincare atau Moisture Sandwich

Adapun manfaat dari metode ini ada bermacam-macam, yaitu:

metode sandwich skincare pakai serum retinol

Metode Sandwich Skincare untuk lebih memaksimalkan kelembaban kulit (moisture sandwich)

Kalau baca dari berbagai sumber, sepertinya metode ini bermula dari yang namanya moisture sandwich, di mana metode ini bertujuan untuk lebih memaksimalkan kelembaban kulit wajah dengan pemakaian skincare yang kita pilih.

Moisture sandwich ini adalah tentang bagaimana melapisi produk skincare, dengan cara mengunci hidrasi, menjebak air di dalam kulit, dan mengurangi kehilangan air transepidermal, agar kulit tetap terhidrasi lebih lama.

Dalam teknik atau metode ini, pelembap menjadi produk andalannya, dan biasanya memakai produk skincare yang mengandung bahan seperti, glycerin, hyaluronic acid, atau urea

Ingredients tersebut memang punya tugas khusus, untuk menarik molekul air yang ada di udara, untuk kemudian mengisi lapisan epidermis kulit. 

Sayangnya, ingredients tersebut malah bereaksi menyerap kelembapan kulit, jika kita berada di daerah dengan kelembapan rendah.
Karenanya, kulit kita bakal kehilangan air dengan cepat dan menjadi kering.

Untuk mencegah hal tersebut, maka dipakailah metode moisture sandwich ini.
Dengan menggunakan toner atau face mist dalam setiap lapisan tahapan skincare, untuk mencegah 
ingredients-nya bereaksi sebaliknya.

Metode Sandwich Skincare untuk mencegah iritasi akibat pemakaian skincare tertentu

Nah kalau untuk metode ini, seperti yang pertama saya liat di IG seorang dokter, yang memakai metode sandwich skincare khusus bertujuan untuk meminimalisir efek samping di kulit sensitif, ketika pemakaian skincare dengan ingredients yang 'keras' seperti retinol. 


Dalam metode ini digunakan lapisan yang lebih simple ketimbang sandwich moisture, karena tujuannya, hanya untuk 'menyelimuti' retinol atau semacamnya, agar hasilnya tetap maksimal, tapi efek sampingnya lebih sedikit bisa ditekan, khususnya untuk kulit sensitif.

Cara Pemakaian Metode Sandwich Skincare atau Moisture Sandwich

Adapun cara pemakaian metode ini, tergantung dari manfaat dan jenis skincare yang akan digunakan sebagai bahan utama dari metode ini, yaitu:
metode sandwich skincare pakai serum retinol

Untuk moisture sandwich atau melembabkan

Pada metode moisture sandwich atau untuk mengunci kelembaban kulit secara sempurna ini, jenis skincare yang biasa digunakan adalah face mist atau toner. 

Face mist atau toner inilah yang berfungsi mengunci manfaat dari skincare yang kita gunakan, agar meski kita berada di lingkungan dengan kelembaban rendah. Dan manfaat skincare tetap bekerja sempurna, bukan malah sebaliknya, berkat metode sandwich skincare.

Adapun cara pemakaian moisture sandwich adalah:

Facial wash - toner/face mist - essence - toner/face mist - serum - toner/face mist - cream malam/siang - toner/face mist
Bisa dilihat, bahwa skincare yang paling berperan adalah toner atau face mist, yang memang punya manfaat mengunci skincare yang kita pakai.

Dan oh ya, jangan lupa saat mengaplikasikan urutan tersebut, pastikan setiap lapisan sudah menyerap sempurna, baru mulai lapisan lainnya, agar manfaatnya lebih terasa, dengan metode sandwich skincare ini.

Untuk mencegah iritasi pada kulit sensitif

Metode sandwich skincare untuk manfaat mencegah iritasi dalam pemakaian skincare dengan ingredients tertentu, contohnya retinol, maka pusat metode sandwich-nya berada pada serum retinol yang dibungkus atau diselimuti essence atau moisturizer.

Adapun cara pemakaian skincare dengan metode sandwich skincare untuk minim iritasi adalah:

Facial wash - toner - essence/moisturizer - serum retinol - essence/moisturizer - cream malam/siang 
Dibandingkan dengan cara pemakaian sandwich moisture di atas, cara kedua ini memang lebih simple, dan gunanya hanya sekadar menyelimuti retinol. Agar efek sampingnya untuk kulit sensitif lebih di minimalisir.

Adapun cara pemakaiannya juga sama, pastikan setiap lapisan skincare telah meresap sempurna, sebelum melanjutkan lapisan skincare lainnya.

Cara Pemakaian Metode Sandwich Skincare atau Moisture Sandwich

Selain bermanfaat untuk lebih mengunci kelembaban kulit dan memaksimalkan kelembabannya, serta meminimalisir efek samping skincare tertentu seperti retinol di kulit sensitif, metode sandwich skincare ini juga bertujuan untuk membuat kulit wajah jadi lebih sehat.


Setidaknya itu yang saya rasakan, ketika iseng cobain metode sandwich skincare tersebut dalam beberapa hari.

Mengapa saya sebut iseng, karena sejujurnya saya nggak punya masalah yang lebih membutuhkan metode ini, makanya iseng aja cobain, hahaha.

Selama 7 harian pakai metode ini, memang kulit wajah saya jadi lebih 'normal' (iya, jadi normal, soalnya akhir-akhir ini kulit saya nggak jelas banget, kadang kering, kadang kek kilang minyak, hahaha). 

Sayangnya, saya nggak nerusin lagi metode ini, karena selain butuh waktu lebih banyak dan itu tantangan terbesar buat mamak-mamak kayak saya, pun juga saya lagi kehabisan face mist dan toner dengan bahan yang lebih aman, seperti yang mengandung green tea, yang cocok buat kulit saya.

Adanya cuman toner retinol dan AHA BHA which is lebih terbatas pemakaiannya, karena nggak bisa dicampur dengan sembarang ingredients.


Untungnya sih, kulit saya masih bisa lebih bersahabat, meskipun tanpa metode sandwich skincare ini.
Buat beauties yang punya masalah dalam kelembaban kulit, atau pengen mencoba retinol sebagai beginner dan punya kulit sensitif, bisa deh coba metode ini.

Namun, jika memang kulitnya super sensitif, mending konsultasikan pada dokter kulitnya ya.

Oh ya, urutan skincare dan jenis skincare yang dipakai juga beragam ya, tergantung cocoknya gimana.
Kalau saya cocoknya memang kayak urutan di atas untuk metode sandwich skincare.

Sumber:
  • pengalaman pribadi
  • https://blog.avoskinbeauty.com/moisture-sandwich/
  • https://www.thecodemag.com/beauty/what-is-the-moisture-sandwich/
  • channel YouTube Sheri Approved
Gambar: dokumen pribadi dan canva

Demikian artikel tentang metode sandwich skincare yang berfungsi untuk meminimalisir efek negatif dari pemakaian skincare tertentu di kulit wajah. Semoga bermanfaat.