skincare routine

A day in my life
edisi skincare, kali ini lebih bertitik berat pada skincare routine saya. Karena beberapa waktu lalu ada seorang teman di IG yang menanyakan,

"Mbak Rey pakai skincare apa sekarang?"

Sudah dijawab, kalau saya pakai skincare apa aja yang kebetulan ada di tempat skincare saya. Tapi tetep minta dijabarkan satu persatu.

Ya sudahlah, sekalian biar berbagi kebiasaan kali ya. Siapa tahu ada yang butuh, minimal butuh semangat buat rajin skincare-an. Apalagi kalau usia udah banyak-banyaknya kek saya kan ye.

Btw, salam kenal buat yang baru berkunjung di blog ini. Saya Rey, seorang blogger berusia 40 tahunan. Dan ini adalah salah satu blog saya bertema kecantikan.

Baca juga: Memilih Skincare Produk Lokal, Ini Alasannya!


Pentingnya Skincare Dalam Rutinitas A Day In My Life Wanita Usia 40 Tahunan

Di usia yang sudah sangat senior begini, sebijaknya seorang wanita khususnya, wajib banget rajin skincare-an secara rutin.

Karena udah pasti tuh, makin banyak kerutan, dan otot-otot di wajah khususnya, makin kendor sehingga jadinya terlihat melorot ke bawah.

Tapi, itu normal kok.

Begitulah adanya tubuh kita diciptakan Tuhan, ada batas expired dalam kekencangannya *eh. Namun bukan berarti kita tidak bisa menunda proses penuaan tersebut. Karena punya kulit yang sehat dan awet muda lebih lama itu, mood booster juga nggak sih?

Selain lebih ketat mengatur pola hidup sehat, mengontrol apa saja yang masuk ke tubuh kita. Karena bukan saja berpengaruh menunda penuaan pada kulit, tapi juga bisa lebih lama menciptakan tubuh yang sehat dan fit.

Dalam kata lain, nggak jompo sebelum waktunya.

Rutin membersihkan kulit, serta menggunakan skincare adalah salah satu cara untuk mendapatkan impian bisa menunda penuaan kulit lebih cepat.

Beberapa orang mungkin bertanya-tanya, khususnya buat generasi yang menganggap kalau skincare hanyalah taktik marketing para produsen dan marketer skincare.

"Bener nggak sih, skincare se work ini?"

Meski saya sendiri agak telat untuk rajin dan rutin skincare-an, tapi sangat bisa memberikan testimoni, bahwa skincare emang sengaruh itu sih.

Terutama di usia yang senior ini.

Jangankan dalam jangka panjang ya, bahkan dalam jangka pendek, terlihat jelas, bagaimana wajah saya yang kusam, kendor, ketambahan emang kantung mata saya serem banget sejak lahir kan ye.

Skincare itu ngaruh banget

Semua penampakan tersebut akan seketika berubah, ketika saya segera mengoleskan skincare ke wajah.

Seketika wajah jadi lebih sedikit terlihat kencang, dan lebih segar. Di luar kantung matanya ya, kalau itu mah emang udah nggak bisa dikondisikan lagi, kecuali pakai angle yang tepat, hahaha.

Jadi, saya lupakan dulu teori pentingnya skincare, saya hanya akan membahas pengalaman saya. Betapa tampilan before after sebelum menggunakan skincare dengan sesudah menggunakan skincare itu, sungguh berbeda.

Bahkan, bukan hanya penampilannya, tapi juga perasaannya. Ketika belum mengenakan skincare tuh, rasanya kulit nggak nyaman, belum juga ngaca, udah ngerasa tua banget nggak sih, hahaha.

Karenanya, yup.

Di usia sekarang, buat saya, skincare routine itu adalah wajib, hukumnya.

Baca juga: Skincare Routine By Rey at August 2021


A Day In My Life Edisi Skincare Routine, step by step

Lalu, di usia sekarang, saya pakai skincare apa? Ada skincare khusus nggak untuk menunda keriput atau aging?

Jujur, saya nggak terlalu yang mewajibkan, cuman mau pakai skincare anti aging. Tapi lebih ke pakai skincare yang memang melembabkan, dan yang lebih penting adalah ngabisin skincare yang ada di laci saya.

Karena beberapa waktu lalu, saya masih dikasih kesempatan untuk mereview beberapa skincare. Jadinya masih ada sisa dari skincare yang dikirimin tersebut.

Lucky me, dikasih kulit yang normal dan anti badai sama Tuhan, di mana nggak ada pantangan mau pakai skincare khusus yang gimana. Karena kulit saya emang cenderung dikatakan normal.

Dan urutan a day in my life edisi skincare rutin saya adalah:


A Day in My Life Edisi Skincare Routine Pagi Hari

morning routine skincare

Rutinitas skincare dalam a day in my life pagi adalah dimulai ketika waktu mandi pagi tiba. Biasanya, saya mandi di sekitar pukul 7-8 pagi karena akan mengantar si Adik ke sekolahnya.

Sebelum mandi, saya biasanya bersihin wajah dulu pakai micellar water dan kapas. Cuman emang saat ini urutan ini sedang di-skip, lantaran micellar water-nya habis, hehehe.

Baca juga: Manfaat Dan Cara Double Cleansing Yang Benar Pada Wajah

Setelah itu, saya mandi lalu cuci muka pakai facial wash Pond’s Bright Beauty Serum Facial Wash, di urutan terakhir mandi.

Setelah itu, saya olesin es batu ke kulit sekitar mata biar kantung matanya nggak makin parah. Demikian juga dengan kulit pipi dan lainnya, biar segar.

Kelar olesin es batu, wajah dikeringkan pakai tisue, setelahnya mulai diolesin toner yang saat ini saya pakai toner dari Whitelab Brightening Toner. Biasanya, saya pakai toner tuh cuman ditepuk-tepukan ke wajah, tapi karena lagi skip double cleansing. Jadinya pakai tonernya diolesin ke wajah pakai kapas, biar sekaligus membersihkan sisa kotoran yang ada.

Setelah kering, lanjut pakai pelembab bibir yang saat ini saya pakai Tender Care (eh setiap saat sih pakai tender care, hehehe). Juga pakai eye cream-nya Skintific Crystal Massager Lifting Eye Cream.

Lanjut pakai serum Trueve Anti Aging Serum yang setelah kering, ditimpa dengan pelembab Trueve Advanced Brightening Gel.

Terakhir, tidak lupa pakai sunscreen, yaitu Implora Perfect Shield Sunscreen SPF 40 PA++++.

Dan begitulah, rutinitas skincare-an pagi hari sudah selesai.


Tambahan make up

Di usia sekarang, saya mulai jarang banget pakai make up, bahkan bedak. Jadi sehari-hari kalau antar si Adik, saya cuman pakai skincare diakhiri dengan sunscreen. Lalu dilengkapi lipstik Liptint YOU Cloud Touch Fixing Tint biar nggak pucat.

Selain itu, dilengkapi dengan sisir alis pakai maskara bekas dari Oriflame. Dan that’s it! Untungnya sih kulit saya nggak terlalu banyak bekas jerawat, jadinya pede-pede aja meski nggak pakai bedak.

Baca juga: Liptint YOU Cloud Touch Fixing Tint Review


A Day in My Life Edisi Skincare Routine Malam Hari

Di malam hari, skincare rutin saya di mulai ketika hendak tidur. Etapi kadang juga nggak pas yang udah mau tidur.

Cuman, sepengalaman saya, memang lebih baik sih dipakai setelahnya langsung tidur, biar skincare-nya lebih meresap dengan baik.

Hanya kadang-kadang saya malah kembali menghadap laptop buat kerja, jangan ditiru deh beauties!

night routine skincare

Dimulai dengan saya cuci muka, lagi-lagi skip double cleansing, kecuali pas abis make-up an. Saya sempatin bersihin dulu pakai Sari Ayu Martha Tilaar Kenanga Cleansing Milk dan Tonernya, tapi jarang sih, soalnya saya jarang make up an.

Setelah itu cuci muka pakai facial wash Pond’s Bright Beauty Serum Facial Wash, pastinya setelah sikat gigi ya.

Setelah itu, wajah dikeringkan, dan memulai skincare pakai toner Whitelab Brightening Toner. Lanjut pakai Tender Care buat lembapin bibir, serta Skintific Crystal Massager Lifting Eye Cream untuk memperlambat kantung mata semakin parah.

Lalu, lanjut memakai serum Hanasui Vitamin C + Collagen Serum, dan ditutup dengan pelembab Vjatre Ultimate Moisturizer.

Baca juga: Review VJATRE, Glowing dan Cinta Lingkungan

Kenapa serum dan pelembabnya beda dengan yang dipakai siang hari?. Nggak ada alasan khusus sih, cuman biar pelembab Vjatre-nya cepat abis, dan harus dipasangkan dengan serum Hanasui ini karena tekstur si pelembab Vjatre ini agak kental dan berat, pas banget sama serumnya yang punya tekstur sangat ringan.

Dan karena si Vjatre ini memang mengandung bahan alami, jadinya aman dicampur sama serum Hanasui yang mengandung vitamin C dan kolagen.

Btw, semua skincare yang saya gunakan ini beragam asalnya. Ada yang memang produk kiriman buat direview. Ada juga yang saya beli sendiri.


Kesimpulan dan Penutup

Di usia 40 tahunan, kayaknya udah nggak zaman kalau mau malas-malasan pakai skincare. Karena plis lah itu penuaan semakin cepat terjadinya.

Iya sih, mengingkari tumbuh tua itu salah, tapi menunda penuaan itu nggak salah kok, malah bikin mood jadi selalu baik.

Salah satu caranya dengan rutin memakai skincare, dan kalau saya selalu memasukan hal wajib untuk skincare di a day in my life-nya keseharian saya.

Di antaranya, mulai dari facial wash, toner, eye cream, lip cream, serum dan moisturizer atau pelembab. Tidak lupa mengakhiri dengan skincare di siang hari.

Baca juga: Perbedaan Skincare Hydrating dan Moisturizer


Surabaya, 12 September 2023

Sumber dan referensi: Pengalaman pribadi

Gambar: Canva edit by Rey dan dokpri

Demikian artikel tentang skincare rutin saya dalam a day in my life, edisi pakai skincare setiap saat, semoga menginspirasi.