wajah terlihat tua

Wajah terlihat tua selalu menjadi momok bagi hampir semua wanita, bahkan pria sih. Tapi anehnya, masih banyak juga orang yang hanya peduli dengan wajah awet muda. Namun tak peduli bagaimana menjaga kulit selalu sehat.

Sesukanya menjalani gaya hidup yang sebenarnya tidak sehat, bahkan menjadi penyebab mengapa wajah menjadi menua dengan cepat, atau mengalami penuaan dini.

Entah karena kurangnya pengetahuan akan hal-hal yang membuat wajah cepat tua. Atau memang masih sulit menjalankan gaya hidup sehat.

Karena hidup sehat itu, bukan semata badan saja yang akan menikmati sehatnya. Kulitpun jadi otomatis lebih sehat dan glowing.


Tanda-Tanda Wajah Terlihat Tua

Banyak orang yang selalu merasa paling cantik ketika sedang mematut diri di cermin. Tapi heran, ketika bertemu orang, banyak yang memanggilnya dengan sebutan Ibu/Bapak.

Meski panggilan tersebut tidak melulu menandakan bahwa wajah lebih tua, namun kebanyakan memang panggilan tersebut ditujukan untuk orang-orang yang sudah tampak matang atau senior dalam usia.

Karenanya, banyak yang keberatan disebut ibu/bapak, meski kadang juga mereka kurang memahami, bahwa wajahnyalah yang bikin banyak orang memanggilnya dengan sebutan tersebut.

tanda-tanda wajah terlihat tua

Biar lebih jelas dan mengerti, simak deh tanda-tanda wajah terlihat tua, bahkan melebihi usianya. Di antaranya:


1. Wajah mulai terdapat garis-garis halus atau kerutan

Salah satu tanda wajah terlihat tua yang paling tampak adalah, ketika mulai adanya garis-garis halus atau kerutan di beberapa bagian muka. Biasanya di mulai dari bagian sekitar mata, dahi, hingga smile line atau garis senyum.

Kerutan di wajah terjadi karena berkurangnya serat elastin dan kolagen dari kulit. Hal ini juga menyebabkan kelonggaran kulit yang mengakibatkan munculnya kerutan di tampilan luar kulit.


2. Kulit kusam menjadikan wajah terlihat tua

Seiring bertambahnya usia, kulit akan kehilangan cahayanya, dan membuat tampilan kulit jadi terlihat kusam. Meski hal ini alami, tapi penyebabnya adalah berkurangnya tingkat kelembapan pada lapisan kulit.

Selain itu, kulit yang mengalami kelambatan dalam beregenerasi karena faktor usia, menjadi salah satu faktor kulit kusam dan wajahpun terlihat tua.


3. Warna kulit tidak merata

Wajah terlihat tua juga dikarenakan oleh warna kulit yang tidak merata. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh adanya bagian kulit yang mengandung lebih banyak melanin dari bagian lainnya.

Hormonal wanita juga sering menjadi penyebab masalah ini, dan membuat kulit wajah tampak lebih tua.


4. Kulit jadi kering

Selain kusam, kulit yang kekurangan cairan juga menyebabkan tampilan dan kondisi kulit wajah jadi kering.

Kulit kering semakin memperparah muka jadi lebih tua, karena kehilangan cahaya dan kesegarannya.


5. Terdapat noda dan bintik-bintik penuaan

Seiring bertambahnya usia, kulit akan mengalami penipisan. Lalu menyebabkan visibilitas pembuluh darah jadi meningkat, dan tampil seperti bintik-bintik berwarna kemerahan atau coklat di kulit wajah.

Ditambah paparan sinar UV yang berlebihan, bintik tersebutpun menjadi semakin jelas, dan membuat wajah mengalami penuaan dini.


6. Tekstur kulit kasar

Kulit yang kasar juga bikin wajah jadi terlihat tua, hal ini biasanya disebabkan oleh permukaan kulit yang dipenuhi oleh lapisan sel-sel kulit mati serta sel kulit jadi lambat pergantiannya.


7. Pori-pori kulit membesar

Hilangnya elastisitas kulit juga menyebabkan pori-pori kulit jadi membesar dan terlihat jelas. Hal ini disebabkan oleh kulit yang kehilangan elastisitasnya, sehingga jadi ‘turun’ oleh gravitasi.


Penyebab Wajah Terlihat Tua

Faktor usia, selalu menjadi penyebab utama mengapa wajah jadi terlihat tua. Semakin tuw eh senior usianya, semakin tua juga wajahnya.

Sebenarnya ini alami sih ya. Dan semua manusia pasti akan mengalaminya, seperti apapun cara dia mencegahnya.

penyebab wajah terlihat tua

Namun, dengan mencegahnya, penuaan yang terjadi pada kulit akan bisa diperlambat. Dan untuk itu, kita perlu mengetahui penyebab wajah jadi menua, di antaranya:


1. Malas pakai sunscreen

Jika ingin terlihat awet muda, lupakan hanya fokus ke skincare anti aging, jika tetap skip sunscreen.

Sunscreen adalah the most important things to be awet muda. Karena melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar UV yang menjadi penyebab utama penuaan pada kulit wajah.

Karenanya, pastikan untuk selalu rajin mengoleskan sunscreen ke wajah, dan di re-apply sesering mungkin, agar kulit selalu aman dari paparan berlebihan sinar UV.


2. Suka mengkonsumsi minuman tinggi gula

Gula memang bermanfaat untuk energi manusia, tapi jika dikonsumsi secara berlebihan bisa mengakibatkan rusaknya pertumbuhan kolagen dan elastin pada kulit.

Dalam halaman Eminence Organics dijelaskan bagaimana gula yang dapat membuat kolagen dan elastin menjadi kering, sehingga kehilangan kemampuannya dalam membantu kulit kencang dan elastis, akibat proses glycation.


3. kurang asupan air putih

Kulit kering bisa mengakibatkan wajah terlihat lebih tua, yang mana hal ini disebabkan oleh kurangnya asupan air putih pada tubuh manusia.

Karenanya, selalu penuhi kebutuhan minum air putih setiap hari, karena banyak manfaatnya, termasuk untuk kulit yang lebih awet muda.


4. Kurang istrahat bikin wajah terlihat tua

Kurang istrahat atau tidur juga dapat membuat kulit terlihat tua. Hal ini dikarenakan muncul perubahan tampilan wajah, di mana mata dan kelopak akan terlihat bengkak dan muncul area hitam bawah mata.

Bukan hanya itu, kurang istrahat akan membuat wajah jadi terlihat pucat, kusam hingga kering dan dehidrasi.


5. Perokok dan minum alkohol memperparah wajah terlihat tua

Rokok dan mengkonsumsi alkohol, bukan hanya berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, namun juga sangat mempengaruhi kulit kita.

Hal tersebut dikarenakan zat buruk dari rokok dan alkoho bikin produksi kolagen jadi berkurang. Padahal kolagen sangat berperan dalam menjaga kekencangan kulit dan membuat jadi awet muda.


6. Kurang olahraga

Berolahraga, selain bikin tubuh jadi sehat dan bugar, pun juga penting peranannya dalam menjaga kulit tetap awet muda.

Salah satunya, dikarenakan ketika berolahraga, produksi keringat oleh kelenjarnya akan meningkat. Sehingga mendorong sel kulit mati dan kotoran yang mungkin terkunci di pori-pori. Jika pori-pori bersih, maka wajah akan bersih dan terlihat sehat serta glowing.


7. Stressful

Stress yang berlebihan juga sangat mempengaruhi kesehatan kulit. Karena ketika stress, produksi hormon kortisol pada tubuh akan meningkat, yang mana hal ini akan menyebabkan produksi minyak pada kulit ikut meningkat.

Kulit berminyak, tentunya beresiko mudahnya muncul jerawat dan wajahpun terlihat kusam dan lebih tua.


Mengatasi Wajah Terlihat Tua

Jika sudah mengetahui apa sih penyebab wajah terlihat tua bahkan melebihi usia yang dipunyai?. Misal, masih berusia 25 tahun, tapi dari wajahnya sudah menunjukan bagai berusia 35 tahun. Maka cara mengatasi wajah yang terlihat lebih tua juga lebih mudah.

mengatasi wajah terlihat tua

Salah satunya adalah, dengan menghindari semua hal yang menjadi penyebab kulit mengalami penuaan dini.

Di antaranya:

  • Rajin menggunakan sunscreen, bahkan setiap saat lebih banyak berkegiatan di dalam rumah sekalipun. Karena pengaruh buruk sinar UV, bisa menembus kaca.
  • Kurangi konsumsi semua makanan atau minuman yang mengandung gula berlebihan. Beberapa orang bahkan memutuskan diet atau puasa gula, dan menunjukan betapa pengaruh di kulit wajah terlihat signifikan hanya dalam semingguan.
  • Selalu memenuhi asupan air putih untuk tubuh, agar bukan hanya tubuh yang selalu fit, kulitpun terjaga kelembapannya.
  • Istrahat yang cukup, setidaknya penuhi kebutuhan tidur minimal 6-7 jam, khusus bagi orang yang produktif.
  • Jauhi rokok dan alkohol, selain sangat merusak kesehatan tubuh, pun juga bikin kulit wajah terlihat jauh lebih tua.
  • Rutin berolahraga akan membuat badan jadi lebih fit dan sehat, demikian juga dengan kesehatan kulit yang lebih terjamin, dan bikin awet muda.
  • Jauhi stress yang berlebihan, belajar manajemen stress agar kesehatan mental lebih terjaga, dan kulit lebih sehat.

Kesimpulan dan Penutup

Semua manusia pasti menginginkan wajah yang selalu terlihat awet muda. Setidaknya tampilan wajahnya tidak lebih tua dari usianya.

Karenanya, penting banget mengenali tanda-tanda wajah terlihat tua, serta mengetahui apa saja penyebab yang bikin wajah kita jadi terlihat lebih tua atau mengalami penuaan dini.

Di antaranya, karena kebiasaan buruk yang malas pakai sunscreen, suka merokok dan minum alkohol, suka mengkonsumsi gula berlebihan. Malas berolahraga serta mengalami stress yang berlebihan juga menjadi salah satu penyebab wajah terlihat tua.

Karenanya, wajib dihindari ya, beauties.


Surabaya, 30 November 2023

Sumber:

  • Pengalaman pribadi
  • https://www.liputan6.com/hot/read/3959820/10-tanda-wajah-menua-lebih-cepat-cek-sebelum-terlambat diakses 30 November 2023
  • https://www.fimela.com/beauty/read/4720512/7-penyebab-wajah-terlihat-tua-dan-tips-awet-muda diakses 30 November 2023

Gambar: canva edit by Rey